GIIAS 2017: BMW i3 Baru Untuk Dipamerkan Saja

GIIAS 2017: BMW i3 Baru Untuk Dipamerkan Saja

Satu lagi mobil listrik tampil di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Namanya BMW i3. City car 4-penumpang bermesin listrik ini dipamerkan oleh BMW Indonesia, Kamis (10/8).

"Kesuksesan BMW i8 yang kami luncurkan di GIIAS tahun lalu menunjukkan posisi BMW dalam hal inovasi dan teknologi masa depan. Tahun ini, BMW Indonesia hadirkan BMW i3 untuk menunjukkan komitmen kami tentang solusi mobilitas elektrik bagi Indonesia," ujar Karen Lim, President Director, BMW Group Indonesia.

GIIAS-2017-BMW (4)-008

Menurutnya lagi, BMW i3 sejalan dengan semangat GIIAS tahun ini, Rise of The Future Mobility. BMW i3 adalah mobil bertenaga listrik dengan desain revolusioner, konektivitas yang inovatif dan karakter premium yang berorientasi masa depan. Mobil ini adalah hasil riset mendalam project BMW i.

GIIAS 2017 BMW i3 (16)

"Tak cuma menggunakan mesin listrik, tapi proses dan bahan yang digunakan dalam produksi mobil ini berorientasi pada konsep keberlanjutan dan masa depan," lanjutnya.

GIIAS 2017 BMW i3 (2)

Seluruh tenaga listrik yang digunakan untuk memproduksi BMW i di pabrik Leipzig, Jerman, menggunaan terpaan angin. Pabrik ini adalah pabrik mobil pertama yang pertama menggunakan turbin angin untuk menggerakkan seluruh proses produksi. Begitupun dengan pabrik oembuatan carbon fibre di fasilitas produksi Moses Lake yang menggunakan pembangkit listrik tenaga air yang bebas emisi.

Ya, BMW i3 dibangun di atas konstruksi rangka yang terbuat dari material carbon fibre reinforced plastic (CFRP). Penggunaan bahan CFRP yang ringan namun kuat di kompartemen penumpang membuat mobil ini bisa tak memiliki pilar B (pilar antara bagian pengemudi dengan penumpang belakang).

GIIAS-2017-BMW (5)-009

Mobil ini memiliki dimensi yang cukup ringkas dengan panjang 3.999 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.578 mm. Proporsinya juga unik. Apalagi mekanisme buka-tutup pintu yang mengingatkan kita pada mobil Mazda RX-8.

Sumber tenaga BMW i3 adalah motor listrik bertenaga 170 hp dengan torsi puncak 250 Nm. Mobil ini mampu melaju dari posisi diam sampai 100 kpj dalam waktu 7,2 detik. BMw i3 yang hadir di GIIAS dilengkapi dengan mesin bensin ringkas (Range Extender) sebagai penambah jarak tempuh. Mobil ini belum dipasarkan dan hanya sebatas dipamerkan saja selama GIIAS 2017.

Baca juga: GIIAS 2017: BMW Seri-5 Bermesin Diesel Dijual Rp 1,099 Miliar

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store