• Wishlist

GIIAS 2017: Audi A3 Sportback, Varian Termurah Dengan Mesin Mungil

GIIAS 2017: Audi A3 Sportback, Varian Termurah Dengan Mesin Mungil

Terakhir kali Audi Indonesia memasarkan A3 Sportback pada 2011 silam. Sejak saat itu, terjadi kekosongan model entry level yang memiliki harga lebih terjangkau untuk konsumen kalangan atas. Padahal generasi terakhir atau ketiga, sudah beredar sejak 2012 dan PT Garuda Mataram Motor selaku APM Audi di Indonesia, tidak menjualnya. Sampai akhirnya, di GIIAS 2017, Audi A3 Sportback dijual bersamaan dengan generasi terbaru Audi Q5. Dengan harga jual Rp 550 juta (off-the-road), inilah lineup Audi termurah.


Lebih tepatnya varian Audi A3 Sportback 1.2 TFSI. Model ini masih masuk dalam generasi ketiga yang baru saja mengalami facelift untuk model tahun 2017. Nama Sportback mengindikasikan model hatchback 5-pintu dan 1.2 TFSI berarti menggunakan mesin 4-silinder 1,2-liter. Ya, kapasitas mesin yang sangat kecil, setara Suzuki Ignis atau Toyota Agya, apalagi untuk ukuran mobil premium Eropa. Mesin ini memang varian terkecil dalam keluarga Volkswagen Group. Tidak hanya ada di A3, Volkswagen Polo 1.2 TSI juga menggunakannya.


Audi termurah dengan mesin paling kecil


Adopsi mesin mungil merupakan penerapan engine downsizing yang semakin mewabah di pabrikan-pabrikan Jerman. Efisiensi bahan bakar menjadi prioritas utama, selain emisi gas buang dan pajak yang lebih ringan. Namun, bukan berarti tidak melupakan performa. Induksi turbocharger adalah kunci untuk mendapatkan kompromi terbaik antara performa dan efisiensi.


Contohnya mesin 1.2 TFSI ini. Berkat suntikan turbo, mesin dengan kapasitas 1.197 cc mampu memiliki tenaga puncak hingga 110 hp dan torsi maksimum 175 Nm. Versi dipasarkan disini merupakan penggerak roda depan (FWD) yang disalurkan oleh transmisi S-Tronic 7-kecepatan. Klaim akselerasi 0-100 km/jam dalam 9,9 detik dengan kecepatan puncak 198 km/jam. Klaim konsumsi BBM-nya mampu mencapai 17,5 km/liter di perkotaan.


interior A3 sportback


Sebagai entry level, tentu ada penyesuaian spesifikasi antara versi yang dipasarkan di Jerman dan untuk pasar Indonesia. Pengurangan itu terjadi dari sektor sistem informasi dan hiburan. Multi Media Interface (MMI) milik Audi yang tersemat, merupakan jenis MMI Radio Plus bukan MMI Navigation Plus. Sehingga belum memiliki koneksi Apple CarPlay dan tidak tersedia sistem navigasi. Tapi MMI Radio Plus tetap memiliki fitur menarik yang dapat dimonitor melalu layar sentuh berukuran 8,3-inci. Sudah ada Bluetooth interface untuk menghubungkan ponsel Anda dengan sistem audio. Dan bagian paling gres dari Audi A3, sudah mengaplikasi teknologi LED terbaru untuk lampu depan dan belakang, yang disebut Audi Matrix LED.


Audi A3 Sportback sudah menggunakan platform MQB yang merupakan sasis pengembangan terbaru Volkswagen Group. Dirancang untuk rigiditas dan bobot lebih ringan, sebagi penopang suspensi MacPherson strut di depan dan multi-link di belakang untuk menghasilkan pengendaraan sporty. Jangan pernah meragukan sistem keselamatan dari Audi. Laju mobil selalu dijaga sistem canggih seperti Electronic Stability Control (ESC), Electronic Differential Lock (EDL), Automatic slip control differential dan Audi hill-hold assist.


Baca Juga: Detail Spesifikasi Audi Q5