Galau, Jeep Tarik Spesifikasi Mesin 2,0 liter

Galau, Jeep Tarik Spesifikasi Mesin 2,0 liter

Entah apa yang ada di benak petinggi prinsipal Jeep, Fiat Chrysler Automobile (FCA). Mereka nampak galau, tiba-tiba menarik informasi yang sudah diberikan pada NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) tentang besaran tenaga mesin baru, 2,0 liternya. Mesin paling kompak dan sangat bertenaga ini, semula hendak dibenamkan di Jeep Wrangler 2018 (JL).

Mesin 2,0 liter, sempat kami beritakan jadi salah satu pilihan di model Jeep ikonik generasi terbaru. Namun pemberitaan yang viral, lantas mereka menarik informasi itu. Entah apa alasannya. Namun unit 4-silinder berimbuh turbo bertenaga 368 dk itu, memang paling fenomenal sepanjang sejarah Wrangler.

Seperti dilansir Autonews, kini pada data yang disajikan NHTSA, nominal tenaga itu dilenyapkan. Jeep pun memilih figur yang ditampilkan hanya NR (Not Rated). Tak ada keterangan resmi terkait hal ini. Namun diprediksi, FCA masih meracik dengan matang konfigurasi mesinnya. Maklum, ruang bakar kompak dengan jumlah piston hanya 4 buah memang berpotensi membuat kontroversi di kalangan mania Jeep.

Tampak belakang JEEP 2018

Mobil tangguh asal Amerika Serikat ini, terkenal dengan karakter mesin yang responsif dengan torsi besar. Ketika mereka menyusutkan kapasitas mesin Pentastar V6 dari 3,6 liter ke 3,0 liter saja, ragam respons tertuai. Sebagian mengritiknya, sebagian lain mencintai potensi kehematannya.

Mesin 2,0 liter bertenaga 368 dk, akhirnya jadi sebuah kejutan. Kapasitasnya yang mungil, berbanding terbalik dengan output tenaganya. Seolah jadi impian banyak pengguna. Tapi ternyata kontroversi berlanjut. Pasalnya, nilai tenaganya sangatlah besar untuk mesin sekompak itu.

Pabrikan lain masih susah payah mengekstrak tenaga dari kubikasi 2.000 cc. Satu-satunya pabrikan mobil yang bisa menyaingi mesin Jeep 2,0 liter, hanyalah Mercedes-Benz dengan 375 dk.

Bisa jadi ini alasan Jeep menyimpan kembali figur outputnya. Mereka tak mau mesin ini jadi fenomena yang berpotensi baik atau buruk, sebelum mobilnya meluncur. Kabarnya, Jeep Wrangler JL mulai diproduksi November tahun ini. Seperti biasa, pusat perakitan FCA di Toledo, Ohio, Amerika Serikat jadi wahananya.

Di Indonesia, Jeep Wrangler yang beredar masih seri JK. Tersedia dalam pilihan dua atau empat pintu, serta ragam varian. Namun mesin dan transmisi yang disajikan hanya satu, 3,0 silinder V6 berpadu girboks otomatis 5-percepatan. Harganya mulai RP 869 juta-1,1 milyar (off the road).

Baca Juga: Jeep Wrangler 2018 Tertangkap Tanpa Banyak Kamuflase

Sumber: Autonews, Carscoops

Model Mobil Jeep

  • Jeep Wrangler
    Jeep Wrangler
  • Jeep Cherokee
    Jeep Cherokee
  • Jeep Gladiator
    Jeep Gladiator
  • Jeep Compass
    Jeep Compass
Mobil Jeep

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Jeep Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Jeep