Digital Marketing Daihatsu Buahkan 404 Pemesanan, Mobil Keluarga Paling Diburu

Digital Marketing Daihatsu Buahkan 404 Pemesanan, Mobil Keluarga Paling Diburu

Di tengah kelesuan pasar dan pandemi COVID-19, perusahaan mensiasati penjualan. Sebelumnya Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) melakukan riset. Saat wabah, 66 persen responden lebih suka menggunakan mobil pribadi dibanding kendaraan umum. Lantas digelarlah acara Virtual Daihatsu Festival pada 27 Juni 2020. Jurus marketing daring ini menghasilkan SPK 404 dalam satu jam. Rerata kendaraan tujuh penumpang paling diminati.

Cara ini memudahkan calon kustomer dalam memesan mobil Daihatsu secara online dengan berbagai penawaran menarik. Kegiatan diikuti lebih dari 1.800 viewer, melibatkan outlet dan jaringan diler yang tersebar di penjuru Tanah Air. Mereka order kendaraan secara virtual namun tetap dilayani diler terdekat dari tempat tinggal pemesan.

Sejumlah tipe kendaraan dengan konfigurasi tiga baris tempat duduk paling digemari. Amsal dari segmen Low MPV, LCGC MPV dan Low SUV menjadi mobil yang paling banyak dipesan. Kontribusinya sebesar 46 persen. Di posisi kedua diikuti kendaraan jenis komersial sebanyak 43 persen. Lanjut segmen city car dengan capaian 11 persen.

Nah kalau dibedah lebih perinci. Dilihat dari kontribusi model, lima mobil paling banyak diburu ialah Gran Max Pick Up sebanyak 38 persen. Lalu Astra Daihatsu Sigra 27 persen, Xenia di tempat ketiga dengan kontribusi sebesar 12 persen. Disusul hatchback macam Ayla 10 persen plus Terios hanya 7 persen. Namun sayang, mereka tidak memberi perincian lebih datail tiap unit terpesan.

recall gran max

“Astra Daihatsu mengerti kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk bertemu kustomer secara langsung. Virtual Daihatsu Festival menjadi solusi untuk berinteraksi dengan customer di tengah merebaknya pandemi COVID-19,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam rilis.

Baca Juga: Gran Max Garapan Daihatsu Indonesia Dijual di Jepang, Harga Termurah Rp 237 Juta!

Tak hanya ajang jualan semata. Selama satu jam pengunjung Acara Virtual Daihatsu Festival dihibur dengan stand-up comedy dan talkshow interaktif. Jadi mereka tidak bosan. Selain itu, tersedia penawaran penjualan dengan berbagai hadiah menarik. Kalau Anda beli secara kredit, gratis biaya admin. Lalu bebas Daihatsu Genuine Oil (DGO) guna penggantian oli mesin selama satu tahun bagi 500 pemesan pertama.

Virtual Daihatsu Festival jadi terobosan baru melakukan penjualan. Kemungkinan besar, kelak mereka tak selalu mengandalkan pemasaran offline. Paradigma industri otomotif terlihat berubah menyesuaikan kondisi. “Di sisi lain, kami juga menyediakan layanan One Stop Solution yang didukung oleh Value Chain Astra. Sehingga proses pembelian virtual pun menjadi mudah dan cepat. Keamanan dan kenyamanan sahabat ialah hal utama bagi kami,” pungkas Hendrayadi Lastiyoso.

Pabrik Beroperasi, Genjot Pemenuhan Permintaan

Penjualan harus terus berjalan, begitu pula produksi. Mulai Juli 2020, ADM berencana membuka jalur produksi dua shift. Meski pemerintah DKI Jakarta memperpanjang transisi PSBB (pembatasan sosial berskala besar) sampai pertengahan bulan, ADM meningkatkan aktivitas pabrik. Hal ini dilakukan untuk menggenjot produksi dan memenuhi permintaan. Baik domestik dan ekspor. 

Juni kemarin Daihatsu telah membuka fasilitas produksinya di Sunter, Jakarta. Namun, aktivitasnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Walau begitu, produksi tetap berlangsung. Bahkan bakal dikejar pada Juli, tak hanya untuk pasar luar negeri, tapi juga domestik. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan dari dalam negeri.

Namun, volume produksi ADM selama Juni masih dalam jumlah terbatas. Karena seluruh kegiatan harus memenuhi protokol Covid-19 dan aturan PSBB. Prosedur seperti pengecekan tubuh saat masuk area kerja bagi siapapun, menjaga jarak antar karyawan minimal satu meter dan penggunaan masker.

Rencananya Daihatsu bakal menerapkan jam kerja dua shift. Implementasinya sendiri ditargetkan pada Agustus. Untuk bulan ini merek asal Jepang yang menciptakan Xenia dan Sigra, menerapkan pelatihan untuk dua jalur produksi lebih dulu. (Alx/Odi)

Baca Juga: Daihatsu Gencar Dagang Online, Pikat Konsumen dengan Tawari Promo

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store