Triumph Rilis Video Penggoda Tiger 1200 MY 2020

Triumph Rilis Video Penggoda Tiger 1200 MY 2020

Triumph Motorcycles merilis video teaser Tiger 1200 model year 2020. Meski masih dibungkus dengan livery kamuflase, ubahan pada motor tualang kelas atas ini cukup signifikan. Dimensi bodinya lebih ramping dan mesin tampak kompak. Desainnya meminjam isyarat dari New Tiger 900 sambil menampilkan beberapa ciri unik.

Tiger 1200 baru sebelumnya terlihat saat pengujian. Namun ketika itu tidak dibalut dengan stiker kamuflase. Dari situ penampakan asli motor tampak jelas. Walau belum ada kabar mengenai detail spesifikasi lengkap, kedatangannya bakal berhadapan langsung dengan Ducati Multistrada V4, KTM 1290 Super Adventure, Honda CRF1100L Africa Twin dan juga sang penguasa, BMW R1250GS.

Ia boleh dibilang hadir belakangan dibanding kompetitornya. Namun menurut pabrikan Hinckley itu sebuah keuntungan. Transformasi yang dilakukan bisa jadi mengungguli lawan-lawannya. Banyak yang berharap kalau dirinya hadir dengan sistem elektronik terkini dan lebih canggih. Selain itu juga mendapatkan pembaruan dari segi handling motor.

Dari gambar yang tersiar, ia gunakan shaft drive system atau sistem penggerak poros baru. Pakai lengan ayun dua sisi untuk menggantikan unit satu sisi yang terlihat pada Tiger 1200 lama. Selain itu, teralis baja tubular didesain ulang dan radiator dipindahkan dari posisi biasanya, memungkinkan jarak sumbu roda yang lebih pendek. Knalpot ramping kini juga lebih tinggi, selaras dengan profil model baru yang tampak kompak.

Baca juga: Triumph Rilis Foto Tiger Sport 660, Calon Penantang Sport-Tourer Menengah

Jantung pacunya, kemungkinan menggendong mesin 1.215 cc tiga seilinder segaris atau serupa dengan Speed Triple 1200 RS 2021. Itu berati ia bisa menghasilkan tenaga 139 Hp pada 9.300 rpm dan torsi 122 Nm di 7.600 rpm. Tapi banyak yang berspekulasi kalau powernya bisa lebih besar.

Seperti yang pernah diutarakan oleh pabrikan, semua lini kelas atas bakal dibekali poros engkol T-Plane. Konfigurasi itu sudah diterapkan pada Tiger 900. Harapannya Tiger 1200 baru juga mendapat jatah serupa. Penggunaan komponen itu membuat suara lebih halus, respons dan traktabilitas meningkat, membuat para pengendaranya mendapat pengalaman luar biasa.

2022 Triumph Tiger 1200

Meski kemampuan tur Tiger 1200 anyar bakal menjadi pusat perhatian, pabrikan yang berbasis di Hinckley menekankan bahwa mereka meningkatkan kemampuan off-roadnya. Sebab kuda besi ini dikembangkan oleh teknisi spesialis off-road yang dimiliki perusahaan.

Spekulasi tambahan adalah bahwa berat kosong dari Tiger 1200 2022 berada di bawah 250 kg. Hasil itu tentunya didukung dari mesin kompak dan dimensi motor yang lebih ramping. Jika informasi ini akurat, penghematan bobot itu mungkin bisa menjadi perubahan yang disambut baik oleh penggemar Triumph Tiger 1200.

Seperti biasa, varian Triumph Tiger dirancang untuk bisa melintasi trek on-road maupan off-road sesuai kemauan pengendara. Maka peredam kejut boleh jadi pakai unit upside down dengan pengaturan elektronik. Roda dengan unit spoke wheel alias jari jari menjadi andalannya. Sesuai dengan tampilan sepeda motor tualang, pilihan paling tepat yakni 21 inci di depan dan 18 inci belakang. Meski tidak ada informasi mengenai ban yang digunakan, setidaknya ada dua opsi kulit bundar yang mumpuni untuk Tiger baru. Yaitu Michelin Anakee dan Metzler Tourance.

2022 Triumph Tiger 1200

Berbagai alat bantu pengendara elektronik juga siap menemani Tiger 1200, termasuk cornering ABS, kontrol traksi lean-angle-sensitive, dan cruise control. Di bagian kokpit terdapat kaca depan yang dapat diatur ketinggiannya dan panel instrumen TFT berwarna. Di situ mampu menghubungkan Bluetooth ke smartphone pengendara dan dibekali dengan navigasi di layar.

Meski belum ada kabar kapan dirilis, Triumph Tiger 1200 2022 ini direncanakan bakal meluncur dalam waktu dekat. Setidaknya pada pertengahan November 2021, tidak lama sebelum acara EICMA. (Bgx/Tom)

sumber: ADV Pulse

Baca juga: Triumph Motorcycles Umumkan 8 Model Edisi Gold Line, Pakai Skema Cat Khusus

Model Motor Triumph

  • Triumph Bonneville Bobber
    Triumph Bonneville Bobber
  • Triumph Speed Twin
    Triumph Speed Twin
  • Triumph Tiger 900
    Triumph Tiger 900
  • Triumph Scrambler 1200
    Triumph Scrambler 1200
  • Triumph Street Twin
    Triumph Street Twin
  • Triumph Bonneville T100
    Triumph Bonneville T100
  • Triumph Street Triple
    Triumph Street Triple
  • Triumph Street Scrambler
    Triumph Street Scrambler
  • Triumph Bonneville Speedmaster
    Triumph Bonneville Speedmaster
  • Triumph Trident 660
    Triumph Trident 660
  • Triumph Speed Triple 1200 RS
    Triumph Speed Triple 1200 RS
  • Triumph Rocket 3
    Triumph Rocket 3
  • Triumph Bonneville T120
    Triumph Bonneville T120
Motor Triumph

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Triumph Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Triumph