Versi-Produksi TVS Akula 310 Akan Hadir Bulan Oktober 2016

Versi-Produksi TVS Akula 310 Akan Hadir Bulan Oktober 2016

JAKARTA: Setelah menyelesaikan debut dunianya yang baru saja diselenggarakan di ajang Delhi Auto Expo 2016, TVS Motors akhirnya mengkonfirmasi rencana mereka untuk meluncurkan versi produksi TVS Akula 310 pada kwartal-4 tahun 2016. Konsep balap TVS tersebut dikembangkan oleh TVS Racing untuk merayakan sejarah balap TVS Motors ke-33. Sambutan hangat pun telah diterima oleh konsep balap TVS, dan merek ini juga telah memutuskan untuk memproduksinya, dan dikatakan akan dimulai pada bulan Oktober 2016.

 Akula 310 Side Images

Rancangan konsep balap TVS diakui terinspirasi oleh pengendara balap pabrik TVS. Spesifikasi Akula 310 ditengarai akan menyematkan mesin 310cc silinder-tunggal berpendingin-cair DOHC, yang dipadukan bersama girboks enam-percepatan. Mesin tersebut dipinjam dari BMW G310R namun telah mengalami penyetelan-ulang demi mendongkrak performanya agar laik guna dalam trek-balap. TVS memang belum mengungkapkan angka kekuatan dan torsinya, namun motor ini diperkirakan akan menjejali dirinya dengan kekuatan yang lebih mumpuni dibandingkan mesin BMW G310R yang menyemburkan kekuatan 34 bhp pada 9.500 rpm, dan torsi sebesar 28 Nm pada 7.500 rpm. Raksasa motor India tersebut juga mengakui bahwa Akula 310 konsep dibekali dengan mesin berperforma-tinggi yang melesat melalui tekanan udara terkompresi yang mampu memberikan mesin kemampuan tertinggi.

Akula 310 Rear Images

Konsep motor mumpuni ini menggunakan bodi serat karbon, sub kerangka terali aluminium, garpu terbalik, asupan udara RAM, ventilasi insang untuk efisiensi panas yang lbih baik, suspensi belakang spek-terbaik, bantuan kamera giro, sistem reduksi seret aerodinamis serta komponen aluminium berbobot ringan. Memang masih merupakan misteri seberapa banyak atribut-atribut yang bakal melengkapi motor untuk versi produksi tersebut. Meskipun demikian, dapat dikonfirmasikan bahwa motor tersebut akan menyematkan mesin yang sama dengan mesin BMW G310R yang baru saja diluncurkan.

Pabrik TVS India memang telah mengatasi keraguan dalam meluncurkan produksi Akula 310 konsep dalam rentang beberapa bulan. Apabila segalanya berjalan mulus, motor ini diharapkan dapat dijual pada awal tahun 2017. Belum ada konfirmasi mengenai harga Akula 310, namun motor ini diperkirakan akan membandrol harga Rs 2.000.000 atau sekitar Rp 40 juta. Motor ini dapat dipastikan akan melenggang di Indonesia, namun kapan tepatnya, masih belum dikonfirmasikan. Motor mumpuni baru ini juga diyakini bakal menjadi awal menakjubkan untuk segmen 300cc di Indonesia dan akan menjadi pesaing berarti bagi pemimpin pasar saat ini – Kawasaki Ninja 300. Selain dengan Ninja 300, motor ini juga akan disandingkan melawan KTM RC390 dan Yamaha R3.

Baca Juga: Dua Versi Baru TVS Apache Dilihat di Indonesia

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store