Peugeot P2X Café Racer, Pesaing Honda CB150 Exmotion Asal Prancis

Peugeot P2X Café Racer, Pesaing Honda CB150 Exmotion Asal Prancis

Selain jajaran motor siap jual, ajang Intermot (International Motorcycle Fair) 2018 juga jadi ajang unjuk gigi motor konsep. Salah satu yang menarik, Peugeot P2X. Kuda besi ini mengusung tema kekinian, neo klasik. Ya, pendekatan ini sukses diadopsi Honda CB150 Exmotion.

Peugeot P2X ditampilkan dalam dua format, Café Racer (300 cc) dan Roadster (125 cc). Keduanya dibangun dari basis rangka, kaki-kaki hingga perangkat lain yang sama persis, kecuali mesin. Tentunya demi menyajikan format berbeda, pendekatan desain juga tak sama.

P2X bermesin 300 cc, disajikan dalam format Café Racer. Daya angkut 2 penumpang pun ditonjolkan, jok panjang buntung yang menyatu dengan sepatbor. Bagian jok penumpang belakang nampak ditutup cover, namun daya angkut berdua terlihat dari adanya footstep belakang.

Warnanya mendukung format Café Racer, dengan nomor tanpa arti, grafis sederhana dalam balutan kelir putih. Uniknya, meski habitatnya di jalan aspal, namun ia memakai engine guard. Ya, peranti yang kerap digunakan motor adventure.

Versi Roadster tampil lebih klasik. Sayang mesinnya terbilang mungil, 125 cc, nampak bertolak belakang dengan tampilannya yang kekar dan bertenaga. Kelir biru dominan menyapu badannya, jok kulit warna coklat yang bisa menopang dua penumpang.

Tak nampak perbedaan signifikan dari dua motor konsep ini. Seperti disebut, hampir semua komponen sama. Fork depan yang besar dengan suspensi upside down berkelir emas, cakram depan besar, suspensi belakang bertabung hingga knalpot besar dua lubang.

Penunjang modernitas ada pada layar TFT 5 inci penuh warna. Bukan sekadar informasi pengendaraan seperti putaran mesin, kecepatan, atau posisi gigi yang ada di layar itu. GPS hingga konektivitas Bluetooth juga ada pada motor ini.

Sektor mesin mungkin cukup berbeda di kubikasi. Namun konfigurasi umumnya sama, DOHC, 1-silinder dan pendingin cairan. Bahkan radiatornya pun sangat besar, seolah jadi bagian desain motor.

Ketimbang konsep, kami sepakat jika motor ini disebut sebagai prototipe produksi. Anda bisa lihat sendiri di gambar. Betapa detail perangkat yang disematkan, tak satupun yang menunjukkan komponen masih dalam tahap pengembangan.

Lantas, apakah motor ini sudah siap produksi?

"Kami memberi perhatian besar pada proporsi sepeda kota ini, mempelajari setiap milimeter permukaannya. P2X, sepeda motor Peugeot baru. Berpartisipasi dalam kembalinya Peugeot ke dunia sepeda motor menyuntikkan lebih banyak emosi ke dalam misi desain yang dipercayakan kepada saya oleh perusahaan Prancis berusia 120 tahun ini," kata Damien Basset, Kepala Desain di Peugeot Motorcycles.

Ya, nampaknya Peugeot memang sudah sangat siap memproduksinya. Cuma tinggal menyiapkan wilayah distribusi, hingga harga yang cocok untuk membalut motor neo klasik ini.

Hadir di Indonesia? Kami rasa kecil kemungkinannya. Peugeot saat ini diedarkan di tanah air oleh Garansindo. Grup otomotif ini belakangan terlihat tidak terlalu aktif. (Van/Odi)

Sumber: Motorcyclenews

Baca Juga: Scooter Listrik Ford OjO Hadir di Indonesia, Harga Mulai Rp 30 Jutaan

Model Motor Peugeot

  • Peugeot Django 150
    Peugeot Django 150
  • Peugeot Citystar 200i
    Peugeot Citystar 200i
  • Peugeot Metropolis 400i
    Peugeot Metropolis 400i
Motor Peugeot

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Peugeot Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Peugeot