Volkswagen Gandeng Tata Motors Untuk Ciptakan Mobil Murah di India

Volkswagen Gandeng Tata Motors Untuk Ciptakan Mobil Murah di India

Beragam cara dilakukan pabrikan mobil untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya, menjalin kerja sama dengan produsen lain. Inilah yang dilakukan Volkswagen AG, Skoda juga Tata Motors. Kedua pabrikan itu, menandatatangani kerja sama di sela pameran Geneva Motor Show 2017 yang tengah berlangsung saat ini.

Kerja sama ini, guna menghadirkan produk dengan harga yang relatif murah. Lewat joint venture antar-perusahaan ini, memungkinkan kedua pihak berbagi informasi, teknologi dan desain.

"MOU ini mempersilakan kami melakukan pembicaraan lebih jauh dan luas serta bertukar informasi dan data yang dimiliki. Hal ini untuk saling memahami strategi antara kedua perusahaan demi kemajuan," papar seorang sumber saat diwawancara oleh Autocar India.

Diperkirakan, hasil kerjasama ini, bakal lahir produk yang nantinya dipasarkan di India. Belum tahu platform mana yang digunakan produk itu, apakah milik Volkswagen yakni MQB-A dan telah digunakan oleh produk-produk terbaru milik pabrikan asal Jerman ini. Namun bila digunakan platofrm MQB-A tentu terbentur harga yang tinggi karena penggunaan platform itu menggunakan ongkos yang tinggi.

Sementara platfrom Tata Motors, Advanced Modular Platform (AMP) kemungkinan bisa digunakan. Platform ini sudah dikembangkan dan akan digunakan pada produk masa depan Tata Motors. Lantas, nantinya Volkswagen bisa berkontribusi pada bagian mesin serta teknologi sehingga bisa menghasilkan kendaraan dengan harga yang kompetitif.

Sementara dilansir dari Paultan, di tahap awal dari kerja sama yang ditandatangni oleh Matthias Müller, CEO Grup Volkswagen dan Guenter Butschek, Managing Director Tata Motors ini, penggunaan teknologi baterai listrik pada produk-produk terbaru Tata Motors yang diproduksi menggunakan platform AMP.

Beberapa kalangan menganggap, bila kerja sama yang dilakukan Volkswagen dengan Tata Motors, merupakan langkah tepat. Sebab Volkswagen yang tahun lalu meraih gelar produsen mobil terlaris di dunia, ingin mencoba peruntungan di pasar negara berkembang seperti India yang merupakan negara kedua dengan populasi terbanyak di dunia, di bawah China.

Namun, langkah Volkswagen dalam mengembangkan produk untuk pasar berkembang, sebelumnya pernah mengalami kegagalan. Volkswagen pernah menjalin kerja sama dengan Suzuki Motor Corp untuk menciptakan small-car. Tapi kerjasama keduanya harus terputus akibat perselisihan yang terjadi.

Baca Juga: Tata Akan Luncurkan Sportscar

Sumber: Autocar India, Paultan

Model Mobil Tata

  • Tata Xenon
    Tata Xenon
  • Tata Super Ace
    Tata Super Ace
Mobil Tata

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Tata Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Tata