• Wishlist

Kalau Pajak Sedan turun, Mungkinkah Daihatsu Jual Sedan?

Kalau Pajak Sedan turun, Mungkinkah Daihatsu Jual Sedan?

Pemerintah tengah berencana merevisi peraturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di industri otomotif. Perubahan pajak jual mobil sedan menjadi fokus revisi. Nantinya, harga sedan lebih terjangkau dan pajaknya disamakan dengan produk MPV ataupun SUV. Diharapkan dengan perubahan pajak itu, pasar sedan dalam negeri bergairah dan meningkatkan pasar ekspor.


Namun ternyata hal ini ditanggapi dingin oleh Daihatsu. Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bilang, pihaknya masih mengkaji lebih jauh terkait revisi pajak, sebelum memutuskan untuk meluncurkan produk sedan di Indonesia. Bahkan ia menyatakan, masih belum memiliki rencana untuk menjual mobil sedan dalam waktu dekat.



"Sebagai pemain otomotif kami mengikuti pasar. Walaupun PPnBM turun, kalau demand-nya tidak ada, maka kami tidak bisa masuk ke segmen itu," papar Amelia saat kami temui di Jakarta (12/2).


Tapi bila melihat pasar sedan tumbuh, Daihatsu sebagai pabrikan yang telah puluhan tahun berada di Indonesia, menyatakan siap menjual mobil sedan.


"Kalau demand itu ada tentu kami pertimbangkan untuk meluncurkan sedan. Kami menyiapkan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat indonesia. Tapi yang jelas, hari ini kami tidak bisa berkomentar karena peraturan PPnBM belum ada," tambah Amelia,


Bila dilihat dari hasil penjualan mobil yang dirilis Gaikindo tahun lalu, sebanyak 9.060 unit sedan terjual. Angka ini turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 13.928 unit.


Daihatsu DN F-Sedan


Menariknya, Daihatsu sendiri tahun lalu telah memperkenalkan sedan yang bernama DN F-Sedan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. Waktu itu Daihatsu bilang sengaja menampilkan sedan dalam bentuk konsep itu untuk menarik minat masyarakat Indonesia.


DN F-Sedan berkapasitas 5 orang, memiliki keunikan di bagian pintu. Daihatsu menggunakan konsep Suicide Door Type, atau pintunya dapat terbuka dalam dua sisi yang berbeda dan memberikan ruang yang lapang saat ingin masuk ke bagian dalam. Desain mobil ini terlihat futuristik serta tampilan yang dinamis.


Mobil ini awalnya disebut sebagai indikasi bahwa Daihatsu tengah mempersiapkan sedan untuk pasar Indonesia. Karena biasanya, jika Daihatsu memajang mobil konsep, akhirnya masuk jalur produksi.


Sebelumnya ada A-Concept, yang kini diproduksi dengan nama Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Selanjutnya UFC, yang dipamerkan dalam tiga tahun berturut-turut dan kini diproduksi dengan nama Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Begitupun dengan Daihatsu FT-Concept yang akhirna menjelma menjadi Terios dan Rush terbaru. 


Pendek kata, walau Daihatsu bungkam, tapi tidak menutup kemungkinan Daihatsu DN F-Sedan juga suatu saat nanti menjadi nyata. (Diro/RS)


Baca juga: Soal Xenia Baru, Ini Kata Daihatsu