Hyundai Lempar Teaser i20 N, Meluncur Tak Lama Lagi

Hyundai Lempar Teaser i20 N, Meluncur Tak Lama Lagi

Hyundai rupanya tak menunggu lama untuk memperkenalkan model barunya. Hanya beberapa hari setelah merilis varian baru i20 N Line, Hyundai langsung melempar ke publik teaser varian terkencang i20. Teaser ini menjadi indikasi jika Hyundai i20 N yang akan meramaikan segmen compact hot hatchback siap diluncurkan tidak lama lagi. Kabarnya, peluncuran i20 N akan digelar dalam beberapa pekan ke depan.

Segmen hot hatch memang bukan segmen gemuk. Meski demikian banyak pemain yang berlaga di sini. Hyundai akan membawa i20 N ke dalam persaingan yang telah diisi oleh varian terkencang dari Ford Fiesta, Peugeot 208, Renault Clio dan VW Polo.

Dari beberapa teaser foto dan video yang beredar, i20 N tampak mengadopsi sejumlah identitas khas Hyundai N dari sisi tampilannya. Tentunya, spesifikasi teknis yang diusung akan ikut ditingkatkan dari varian standar pula.

Kelahiran i20 N bahkan sudah dinantikan sejak Hyundai mendirikan divisi N beberapa tahun lalu. Sejauh ini, produk dari divisi performa ini baru diwakili oleh i30 N dan Veloster N, yang juga berbentuk hatchback. Selain i20 N, sub merek ini juga akan diramaikan oleh model sedan sport, yaitu Elantra N.

Hyundai i20 N Teaser

Desain

Potongan bagian body i20 N ditunjukkan pada teaser yang terdiri dari dua buah foto. Pertama adalah bagian samping dari body depan, menunjukkan bagian velg dan spoiler depan. Unit pada teaser menggunakan warna kebanggaan Hyundai N, yaitu biru muda yang disertai aksen merah pada sisi bawah body kit. Tampak body kit memiliki desain agresif di depan, diikuti velg sporty yang menaungi cakram rem berkaliper merah.

Secara umum sebenarnya tak banyak perbedaan dengan varian N Line. Kemudian pada foto lain, tampak sepotong fascia depan dengan intake yang membesar. Dari foto ini, bisa dikenali karakter desain body yang sporty dan agresif pada pahatan sisi samping. Spion luar dilabur oleh warna hitam, bersama atap yang juga hitam memastikan warna two tone. Fascia belakang juga sedikti ditunjukkan, yang  hanya menampakkan tambahan roof spoiler khas hot hatch.

Selama masa pengembangannya, Hyundai melibatkan pasukan dari tim WRC untuk ikut memberi masukan. Salah satunya adalah Thierry Neuville yang sempat mencoba saat di Arjeplog, Swedia. “Mobil yang sangat menarik. Sangat presisi. Sangat mudah dikemudikan. Raungan mesinnya enak dan suaranya juga menarik. Saya sangat menantikan untuk mengemudikan ini di WRC,” kata Neuville memberikan testimoni.

Saat ini, tim Hyundai di WRC menggunakan basis mobil i20 generasi kedua. Kemungkinan besar, tahun depan Hyundai akan menggunakan i20 N terbaru sebagai basis mobil reli mereka. Hal yang sama seperti dilakukan oleh rival utama, Toyota, yang akan menurunkan GR Yaris sebagai pacuan WRC mulai tahun depan.

Hyundai i20 N Line

i20 N Line

Belum ada informasi terungkap soal spesifikasi mesin dan transmisi yang akan dipakai i20 N, beserta angka performanya. Kemungkinan besar akan mengandalkan mesin 1,6 liter turbo yang diyakini bertenaga sekitar 202 hp. Namun yang jelas, bagian chassis akan mendapatkan peningkatan dan penguatan pada bagian suspensi, interior sporty dan mode mengemudi terkonfigurasi.

Sejauh ini tampilan bagian interior belum terungkap. Namun dipastikan akan lebih sporty dibandingkan model trim N Line yang menggunakan bangku sporty khusus yang dijahit dengan aksen benang merah dan logo N.

Pun dengan urusan teknologi, i20 N Line mengadopsi fitur konektivitas mobil serupa model standar. Adalah Hyundai Bluelink, menawarkan layanan Connected Car seperti Hyundai Live Services sampai fitur hubungan nirkabel via aplikasi smartphone. Ambil contoh remote start dan remote lock yang dapat dilaksanakan melalui gawai. Apakah juga akan dibenamkan di i20 N? (Why/Raju)

Sumber: Autocar UK

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store