Fiat Siap Luncurkan Kembaran Mazda MX-5 Miata

Fiat Siap Luncurkan Kembaran Mazda MX-5 Miata

JAKARTA: Saudara kembar roadster MX-5 bukanlah bermerek Alfa Romeo Spider atau salah satu model Abarth, melainkan dari Fiat. Kerjasama Fiat dan Mazda telah terjalin sejak 2012 dan akhir tahun ini, merek mobil premium terkemuka tersebut, siap meluncurkan roadster kembaran itu, yang dinamakan Fiat 124 Spider. Mobil yang berbagi platform dengan Mazda MX-5 Miata tersebut akan memulai debut perdananya pada dua ajang otomotif internasional paling bergengsi, yaitu Frankfurt Motor Show 2015 pada bulan September dan Los Angeles Auto Show pada bulan Desember mendatang. Selain platform, convertible terbaru ini juga akan berbagi penggerak roda belakang dengan Mazda.

Walaupun mobil ini didasarkan pada Mazda MX-5 terbaru, mobil Fiat haruslah tetap memiliki nafas khas Fiat. “Tentu tidak akan menjadi Miata yang diberi merek berbeda. Kami akan terapkan gaya kami di mobil itu. Ada banyak warisan dibaliknya. Saya berpikir seperti menaruh mangkuk di showroom untuk kemudian diisi penuh,” tambah Sergio Marchionne, CEO Fiat-Chrysler. Fiat tetap memiliki gaya unik tersendiri yang memiliki nilai historis, terutama pada bagian body work. jelas Perbedaan tersebut terlihat jelas dengan body work ala Fiat yang mengadopsi varian versi klasik tahun 1960-an. Dengan demikian, nama 124 Spider walaupun sudah familiar, tetap sengaja dipilih untuk membangun kesan nostalgia dari masyarakat dari nuansa klasik tersebut.

2015_mazda_mx_5_official_01a-0904-mc-819x819

Belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi jantung pacu Fiat 124 Spider. Namun, dengan bobotnya yang diprediksi akan di bawah 1000 kg, mobil ini diprediksikan cenderung mendatangkan daya dari mesin kecil yang terjangkau. Laporan terbaru menunjukkan bahwa model ini kemungkinan akan menggunakan mesin empat silinder kapasitas 1.4 liter Multi Air Turbo milik Fiat. Dilansir, mesin ini dapat menyemburkan tenaga keluaran hingga 140 ps. Walaupun detail mesin masih misteri, tapi tentunya, produk derivatif yang lebih tinggi ini akan mendapat rem yang lebih besar dan suspensi lebih kaku, serta dibekali berbagai fitur futuristik.

Berdasarkan informasi yang beredar, untuk detail harga roadster yang akan dipasarkan masih dirahasiakan, namun harganya diprediksi kurang lebih sama dengan MX-5 Miata. Fiat 124 Spider terbaru ini akan diprojeksikan pada tahun 2016 telah distribusikan ke dealer-dealer mobil premium. Roadster Fiat 124 Spider tersebut akan dirakit bersamaan dengan saudara kembarnya, MX-5 Miata di pabrik Mazda di Hiroshima, Jepang. Belum ada rincian lebih lanjut mengenai sasaran pasaran mobil ini. Namun, kalau melihat kebijakan pihak perusahaan yang lebih ingin menyebarkan lini produk-produknya di seluruh dunia, kemungkinan besar pasar Eropa dan Amerika Utara akan menjadi target pertama dari Fiat 124 Spider, yang kemudian akan disusul oleh pasar potensial lainnya.

Kehadiran roadster yang berbasis Fiat 500 itu akan melengkapi varian yang telah ada, yakni versi hatchback, Fiat 500 versi tenaga listrik 500e, hingga Fiat 500X crossover. Sebagai catatan, roadster 124 Spider sebenarnya pernah dibuat dalam rentang tahun 1966 hingga 1982. Model tersebut dibangun di atas platform populer 124 sedan. Bagian bodinya dirancang dan dikerjakan oleh rumah modifikasi kondang Italia, Pininfarina. Kali ini, berkolaborasi dengan Mazda, Fiat 124 Spider edisi 2016 ini sepertinya siap mengulang kejayaan masa lalu tersebut.

Model Mobil Fiat

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store