Fiat-Chrysler Membatalkan Investasinya di Indonesia

Fiat-Chrysler Membatalkan Investasinya di Indonesia

JAKARTA: Akhirnya, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) membatalkan rencananya untuk merakit kendaraannya di Indonesia. Keputusan ini diambil mengikuti prinsipal otomotif Italy dan Amerika karena peraturan pemerintah Indonesia yang terus berubah-ubah. Informasi ini disampaikan oleh president of Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah, dalam keputusan rapat di Jakarta Selatan, hari Senin (27/07/2015). Pada mulanya, FCA menyadari peluang bisnis otomotif Indonesia yang masih terbuka lebar untuk beberapa tahun ke depan, namun investasi awal yang cukup besarlah yang mengakibatkan keputusan ini” demikian pernyataan yang dilansir dari staff perusahaan tersebut. Rencana tersebut telah dilakukan sejak 2013 ketika FCA berhasil meraih angka penjualan yang tinggi dari berbagai model kendaraan seperti Jeep, Dodge dan Fiat, dan berkat penjualan itulah Perusahaan dibawah bendera distributor Garansindo ini menjadi semakin bersinar. Sebelumnya FCA juga telah berinisiatif untuk  menarik Dodge Journey di Amerika.

Garansindo memang sebelumnya telah menginginkan untuk dapat memfasilitasi opsi untuk merakit kendaraannya di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan daya saing dengan lebih kompetitif. Namun apa daya, strategi bisnis prinsipal pun selalu berubah, dan akhirnya membuat skema peraturan yang tidak pasti. Wakil prinsipal FCA awalnya memang telah memutuskan untuk berinvestasi di negara ini dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya juga telah berjalan sesuai rencana, namun, dengan adanya peraturan pemerintah yang baru mengenai kenaikan pajak untuk barang mewah hingga 125 persen, rencana tersebut akhirnya harus digagalkan.

"Kadang-kadang memang memalukan ketika kami menyaksikan pergerakan pemerintah Indonesia ini. Kami sudah mendatangkan pemodal, tapi alih-alih membantu malah membingungkan kami. Awalnya kami sudah menyiapkan investasi untuk pelaksanaan proyek ini, tapi akhirnya kami harus menyerah dan membatalkan investasi kami,” demikian sekilas kekecewaan yang diungkapkan oleh perwakilan merek mobil ini. Kini FCA telah memutuskan untuk menginvestasikan perakitan Fiat di India, dan mereka juga telah memutuskan untuk meningkatkan investasinya di Cina. Mereka akan terus meningkatkan penjualan di Indonesia walaupun tidak memiliki pabrik perakitan lokal di Indonesia, dan upaya tersebut akan dilakukan dengan melalui kerjasama ekonomi, seperti ASIAN-China Free Trade Area (ACFTA) dan ASIAN-India Free Trade Area (AIFTA).

Model Mobil Fiat

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store