Efek Pandemi, Penjualan Suku Cadang Via Aplikasi My Suzuki Naik Signifikan

Efek Pandemi, Penjualan Suku Cadang Via Aplikasi My Suzuki Naik Signifikan

Pandemi Covid-19 mempengaruhi banyak hal, termasuk dalam hal pola konsumsi masyarakat. Seperti yang dialami Suzuki. Salah satu bentuk layanan yang diberikan pada konsumen terkait penjualan suku cadang. Mereka menggunakan My Suzuki yang merupakan aplikasi mobile pembelian suku cadang resmi. Selama tahun 2020 ternyata mengalami peningkatan yang signifikan hingga mencapai 57 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019.

Peningkatan transaksi ini menunjukkan bahwa aplikasi My Suzuki menjadi pilihan konsumen dalam membeli suku cadang terutama di masa pandemi yang membatasi mobilitas. Hasil survei Suzuki menunjukkan jika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat di saat pandemi.

"Adanya pembatasan aktivitas sebagai dampak dari pandemi memperkuat perubahan pola konsumsi pelanggan dari konvensional ke daring. Maka dari itu, kami mengoptimalkan aplikasi My Suzuki sebagai salah satu alternatif pembelian suku cadang resmi Suzuki yang cepat, mudah, dan aman. Hasilnya, selama periode Januari-Desember 2020, My Suzuki berhasil meningkatkan transaksi penjualan hingga 57% dibandingkan periode yang sama tahun 2019," kata Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM).

Peningkatan transaksi ini, turut didukung akan tampilan MySuzuki yang user-friendly serta beragam fitur menarik untuk memudahkan konsumen. Pengguna motor dan mobil Suzuki bisa membeli semua jenis suku cadang melalui aplikasi, baik untuk mesin, transmisi, suspensi, kelistrikan, sampai bodi. Tak hanya itu, aplikasi tadi juga turut melayani pembelian ECSTAR, Suzuki Genuine Oil, hingga Chemical Oil. Konsumen pun tidak perlu khawatir mengenai ketersedian stok, karena bisa memanfaatkan fitur chat untuk konfirmasi.

Tak hanya kemudahan bertransaksi saja, My Suzuki juga menawarkan pilihan jenis pembayaran serta pengiriman suku cadang yang bisa dikirim ke rumah. Atau bisa juga melakukan pengambilan di diler terdekat yang sudah tersebar di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Konsumen di luar itu tidak perlu khawatir, karena pengiriman meliputi ke seluruh Indonesia dengan jaminan sistem 1 harga. Jadi, tidak akan ada perbedaan harga suku cadang dari Sabang sampai Merauke.

"Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada konsumen sekaligus membantu memutus rantai penyebaran Covid-19, selain melayani pembelian suku cadang sepeda motor, sekarang aplikasi My Suzuki juga menjual suku cadang asli untuk mobil," kata Christiana.

Untuk dapat menggunakan aplikasi My Suzuki, konsumen dapat mengunduh dari Play Store untuk pengguna Android atau Apps Store untuk pengguna iPhone. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.suzuki.co.id atau menghubungi Halo Suzuki di 0800-1100-800 (bebas pulsa 24 jam).

Baca juga: Suzuki Kasih Iming-iming Hadiah Emas dan iPhone bagi Pembelian Mobil Baru

Aplikasi My Suzuki

Fasilitas Uji Emisi

Berbagai layanan lain juga disiapkan Suzuki. Pabrikan mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mulai menerapkan kebijakan terkait gas buang kendaraan bermotor dengan melakukan uji emisi mulai Januari 2021 ini. Kebijakan ini mewajibkan semua kendaraan bermotor yang sudah berumur 3 tahun, baik kendaraan umum maupun pribadi, harus lolos uji emisi. Hal ini merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk menekan tingkat polusi di Jakarta.

Suzuki menyiapkan bengkel untuk melakukan uji emisi. Setidaknya ada 11 bengkel resmi Suzuki yang tersebar di Jakarta. Pemeriksaan dan pelaporan data uji emisi gas buang di bengkel resmi Suzuki ini dikenakan biaya berkisar Rp 110.000 - Rp 165.000.

Namun jika uji emisi dilakukan bersamaan dengan servis berkala atau menggunakan kupon servis gratis, akan diberikan penawaran khusus berupa diskon hingga bebas biaya uji sesuai kebijakan masing-masing bengkel pelaksana. Semua layanan tersebut dipastikan telah memenuhi standar langkah pencegahan Covid-19.

“Sangat penting memperhatikan kondisi kendaraan agar emisi gas buang terjaga dengan baik. Emisi gas buang ini nantinya menjadi tolok ukur kelayakan kendaraan Anda untuk digunakan. Maka dari itu, kami berharap para pemilik kendaraan selalu merawat kendaraan secara berkala agar emisi gas buangnya pun akan terkontrol dan lebih bersih sehingga dapat meningkatkan kualitas udara dan kesehatan masyarakat di Jakarta dan sekitarnya,” kata Hariadi, Asst. to Service Department Head, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). (Raju)

Baca juga: Suzuki Siapkan 11 Bengkel untuk Uji Emisi, Bisa Diskon Sampai Gratis