Dodge Challenger SRT Demon: Mobil Masal Dengan Akselerasi Tercepat Saat Ini

Dodge Challenger SRT Demon: Mobil Masal Dengan Akselerasi Tercepat Saat Ini

Dodge Challenger SRT Demon, merupakan mobil produksi dengan akselerasi tercepat. Mobil yang baru saja melakukan debutnya dengan megah di New York Auto Show itu, memang sudah dinantikan banyak orang yang mendambakan sebuah Dodge Challenger dengan performa lebih dahsyat.

Challenger ini hanya dibuat 3.300 unit
Challenger ini hanya dibuat 3.300 unit

Challenger SRT Demon sejatinya menggunakan basis dari Challenger SRT Hellcat, hanya saja Demon berbobot lebih ringan sekitar 90 kg dari Hellcat. Hemat bobot itu berhasil didapat dari absennya bangku penumpang depan, bangku belakang, 16 speaker serta penggunaan hollow sway bars, dan kaliper rem ringan dari aluminium. Bagi yang menginginkan bangku lengkapnya, bisa menambahkan opsional seharga sedolar untuk masing-masing bangku.

Bayangkan, Hellcat yang memiliki performa buas itu, kemudian ditingkatkan lagi performanya hingga melahirkan 'Demon'. Pihak Dodge mengklaim, Demon merupakan mobil produksi dengan akselerasi paling kencang saat ini yang ada di pasaran.

MObil tercepat dari Dodge
Akselerasi 0-100 kpj kurang dari 3 detik

Jantung mekanis Demon menggunakan mesin V8 6.2 liter supercharged yang sama dengan Hellcat, hanya saja tenaganya meningkat dari 707 hp menjadi 840 hp. Peningkatan daya itu didapat berkat supercharger yang lebih besar, 2.7 liter, tekanan boost yang meningkat dari 14,5 menjadi 11,6 psi, piston baru dan implementasi 2 dual-stage fuel pump.

Pendukung performa lainnya, peningkatan batas putaran mesin dari 6.200 rpm menjadi 6.500 rpm dan memadukan tiga sumber dari intake udara yang terletak di kap mesin, dekat lampu depan sisi pengemudi dan inlet udara di dekat liner roda.

Mesin Challenger Demon
Menghasilkan hingga 840 hp

Untuk transmisinya, Demon dibekali transmisi otomatis 8-speed TorqueFlite 8HP90. Torque converternya juga sudah ditingkatkan sehingga menyemburkan 18 persen peningkatan pada penggandaan torsi yang berkesinambungan dengan TransBrake. Sistem itu akan mengunci output shaft transmisi untuk menjaga Demon pada posisinya saat berakselerasi dan memungkinkan putaran mesin meningkat hingga 2.350 rpm untuk start yang sempurna.

Bekal mesin dan dukungan performa itu kemudian menghasilkan performa luar biasa di jalan lurus. Akselerasi 0 sampai 100 km/jam nya (tepatnya 96 km/jam) hanya butuh waktu 2,3 detik saja. Dan akselerasi jarak 0 - 400 meter hanya memerlukan waktu 9,65 detik dan dalam kecepatan 225 km/jam. Tak cukup sampai di situ, Demon kemudian mendapat rekor dunia dari Guinness World Record sebagai mobil produksi yang roda depannya terangkat saat mulai berakselerasi keras. Wajar karena gayanya saat berakselerasi merupakan yang paling tinggi, yakni 1,8 g untuk sebuah mobil jalanan.

Interior Challenger Demon
Interior retro klasik khas Dodge

Titel lainnya, Demon merupakan mobil pertama selain mobil balap yang boleh menenggak bahan bakar oktan tinggi melebihi 100 untuk performa maksimal. Namun dalam kondisi standar, hanya butuh oktan 91. Untuk itu, pihak Dodge memberikan kotak khusus berisi control module yang bisa memaksimalkan tenaga 840 hp dari Demon.

Sesi produksi Dodge Challenger SRT Demon dimulai musim panas tahun ini dengan 3.000 unit khusus untuk pasar Amerika Serikat, dan 300 unit dilempar ke Kanada. Untuk harganya sendiri masih dirahasiakan oleh pihak Dodge.

Baca Juga: Dodge juga kena imbas Takata

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store