Bentley Luncurkan Mobil 4 Penumpang Paling Cepat di Dunia

Bentley Luncurkan Mobil 4 Penumpang Paling Cepat di Dunia

Bentley hari ini (6/1)memperkenalkan New Continental Supersports di Crewe, Inggris. Sedan dua pintu ini diklaim sebagai mobil produksi massal dengan kapasitas angkut 4 penumpang tercepat di dunia. Kecepatan tertingginya mencapai 336 km/jam!

Model ini malah lebih tinggi kecepatannya dibanding kembarannya, Continental Supersports Convertible yang merupakan mobil 4-pintu atap terbuka tercepat di dunia yang mampu melenggang hingga 330 km/jam.

BEntley tercepat

“Nama Supersports sangat melegenda bagi Bentley. Sejak pertama meluncurkannya di tahun 1920an, hingga generasi terakhir di 2009, ini adalah nama yang merepresentasikan adrenalin tinggi, keasyikan dan keseruan saat mengendarainya. Hanya Bentley yang mamppu menciptakan kendaraan dengan kombinasi performa dan kemewahan seperti ini,” ujar Wolfgang Dürheimer, Chairman and Chief Executive of Bentley Motors dalam siaran persnya.

Bagaimana potensi ini tergali? Bentley menyematkan mesin W12 yang buas dengan pengembangan ulang penggunaan turbo performa tinggi. Peningkatan di sektor jeroan mesin itulah, membuatnya menjadi mobil yang tak cuma mewah nan cantik, namun juga lihai melibas kecepatan tinggi.

Mesin ini memiliki tenaga dan torsi lebih tinggi 80 tenaga kuda dan 217 Nm dibanding generasi sebelumnya. Pada komposisi antara mesin dan bodi yang mampu memberinya power to weight rasio lebih baik 10%.

Kecepatan tinggi ini, juga hasil dari transmisi dengan torque converter baru yang mampu mengunci lebih cepat untuk mendapatkan akselerasi dan kecepatan dalam waktu singkat untuk mengalirkan torsi yang mencapai 1.017 Nm.

Supersport baru

Meski mampu berlari cepat, namun Bentley disebut tetap mempertahankan sisi pengalaman berkendara yang elegan dengan kualitas handling yang mumpuni. Mereka menyebutnya fusion of extreme yang membuat Continental Supersports sebagai model grand touring yang teramat andal sebagai mobil yang nyaman dinikmati dalam kecepatan tinggi.

Perangkat pengereman juga ditingkatkan untuk menjamin pengendaraan yang lebih percaya diri. Yakni dengan menggunakan rem karbon keramik performa tinggi dengan pendinginan khusus. Rem cakram ini adalah yang terbesar di kelasnya dengan tingkat bias yang lebih rendah saat digunakan dalam kondisi ekstrem.

Sektor pengendalian dijamin oleh torque vectoring system yang sudah terjamin performanya pada Continental GT3-R. sistem ini mampu menjaga handling dengan membagi torsi pada seluruh roda menggunakan skema gerak all wheel drive. Dalam kondisi standar 60 persen tenaga mengalir ke roda belakang, begitu performa meningkat, penyesuaian akan terus diadaptasikan oleh sistem untuk membagi tenaga antar roda depan-belakang tergantung kebutuhan mobil.

Desain eksterior dan interior yang unik juga merefleksikan peningkatan signifikan pada tampilan Continental Supersports. Desain lekuk bumper depan dan belakang yang didesain ulang membuat tampilan khas mobil sport tercermin dengan baik. Apalagi ditambah splitter berbahan serat karbon mendongkrak kesan agresifnya.

1311556_Supersports static 1

Begitupun dengan desain lampu depan dan belakang yang berwarna gelap, membuat tampilan mobil ini lebih dramatis. Peranti tambahan berupa rear spoiler dan front splitter juga ditawarkan untuk meningkatkan aerodinamika serta membuat eksterior lebih sangar lagi.

Hingga berita ini diturunkan, Bentley belum merilis harga resmi sedan 4-pintu yang disebut memiliki laju tercepat di dunia ini. Namun para penggila kecepatan dan bangsawan pencinta Bentley sudah bisa memesannya sejak sekarang. Tertarik?

Baca Juga: Bentayga jadi armada Kerajaan Inggris