10 Fakta Menarik Rolls Royce Ghost Generasi Terbaru

10 Fakta Menarik Rolls Royce Ghost Generasi Terbaru
Gambar
Review Pengguna

Rolls Royce Ghost baru beregenerasi setelah model perdana meluncur pada 2009. Beragam pembaruan baik rupa maupun teknologi dibenahi signifikan. Membuatnya dibanderol senilai US$ 332.500 atau setara Rp 4,9 miliaran off the road di negara asalnya, Inggris. Ada beberapa poin yang menjadi daya tarik khusus Ghost MY2021. Apa saja?

1. Bodi Alumunium Lebih Besar

Dibanding Ghost terdahulu, versi teranyar lebih melar dan melebar. Panjangnya punya selisih 89 mm atau tepatnya kini menjadi 5.546 mm. Lebarnya bertambah 30 mm menjadi 1.978 mm. Sementara tinggi tetap 1.571 mm dan jarak sumbu roda di setel 3.295 mm. Walau begitu, pabrikan otomotif asal Goodwood, Britania Raya mampu menjaga bobotnya. Berkat penggunaan material aluminium yang mengkover seluruh struktur. Arsitektur yang turut digunakan pada model Phantom dan Cullinan.

2. Desain Lebih Modern

Tampang depan Ghost menganut gaya kekinian, terutama pada bagian bumper. Kisi-kisi honeycomb memenuhi area bawah yang mengalir hingga ke garis intake. Area paling atraktif adalah grille khas Rolls Royce yang mengotak. Bilah vertikal klasik menutupi radiator, diimbuhi 20 LED. Saat pengembangan awal, pabrikan membuatnya terlalu mentereng. Kemudian celah di antaranya digelapkan, sehingga mewujudkan kesan lebih elegan.

Rolls-Royce Ghost

3. Pintu Power Assistance

Pengguna telah menikmati pintu yang dapat membuka-menutup sendiri sejak lini Phantom. Teknologi sama dapat ditemukan pada Ghost dengan sedikit penguatan. Satu tarikan pada gagang, pintu bergerak sambil tetap mendeteksi adanya rintangan. Sehingga aman membuka. Gerbang juga bisa dikontrol secara manual, tapi tetap mendapat sokongan agar ringan dioperasikan. Bahkan saat mobil berada di permukaan landai, baik turunan maupun tanjakan, pintu begitu mudah dibuka-tutup. Berkat sensor longitudinal dan transverse, serta G-Force yang dibenamkan di tiap komponen. Rolls Royce tetap menerapkan gaya suicide door pada Ghost. Ekslusif dan memudahkan akses.

Baca Juga: Rolls-Royce Ghost Terbaru, Mobil Ningrat yang Makin Bersahaja

4. Insulasi Suara

Rolls Royce banyak menaruh perhatian pada kenyamanan pengguna, terutama soal kekedapan. Formula yang terdiri dari banyak elemen diterapkan. Mulai dari struktur alumunium yang dikonstruksi dalam bentuk kompleks. Serta penggunaan lapisan ganda. Memastikan suara dari jalan tereduksi signifikan. Ini masih ditunjang material damping akustik. Kurang lebih 100 kg bahan tersebar di seluruh bagian: pintu, atap, jendela hingga dalam roda. Menariknya, Rolls Royce juga berhati-hati dalam memilih perangkat, berdasarkan pantulan gelombang suara. Saat pengembangan, bila dirasa kurang pas maka didesain ulang atau mengganti material. Bahkan enjin penggerak juga diatur agar tidak menciptakan suara berisik yang tak mengenakkan.

interior ghost

5. Sistem Audio

Komposisi kabin dapat memaksimalkan kualitas suara dari multimedia. Perangkatnya sendiri tak main-main. Control amplifier 18 channels untuk tiap speaker menyediakan output 1.300 W. Telinga pengeras suara dibuat dari kompon magnesium-ceramic yang memberikan sokongan pada variasi frekuensi suara. Makin hebat karena disematkan dua mikrofon aktif berfungsi adaptif. Mendeteksi absen atau penekanan berlebihan dari frekuensi. Kemudian mengatur amplifier untuk menentukan tingkat kekerasan. Sehingga sangat enak dan berkualitas di dengar telinga seluruh penumpang.

6. Taburan Bintang dalam Kabin

Interior Ghost bertebaran aksen bintang, mewujudkan nuansa mewah penuh kedamaian. Penyematannya mencakup di dua area. Bagian pertama terletak pada dasbor yang bergaya minimalis dan klasik. Tepatnya di sisi penumpang, ada 850 titik berkilau membentuk konstelasi bintang menjadi background tulisan Ghost. Dapat terlihat ketika lampu baca tak dinyalakan. Detail sama juga tampak pada langit-langit. Light guide setebal 2 mm ditemani 90 ribu laser-etched dots berasal dari 152 LED. Tak hanya menyajikan pencahayaan untuk kabin, tapi juga menghadirkan efek kelip ketika dilihat.

ghost kabin

7. Sistem Micro-Environment Purification

Kesehatan penumpang mendapat perhatian ekstra. Apalagi saat kondisi belakangan yang kurang kondusif akibat pandemi. Ghost pun dijejali Micro-Environment Purification System (MEPS) terbaru. Teknologi penyaring udara yang lebih sempurna, baik hardware maupun software-nya. Highly sensitive Impurity Detection Sensors di dalamnya mampu mendeteksi kualitas udara dalam kabin. Bila tertangkap adanya kejanggalan, sistem langsung mengubah ke mode recirculation. Seluruh udara dialirkan melalui nanofleece filter, dapat menyaring partikel sangat kecil. Membuat udara dalam kabin menjadi bersih dalam waktu kurang dari 2 menit.

8. Jantung Mekanis Bertorsi Instan dan Transmisi Pintar

Jantung mekanis diseting Rolls Royce sesuai keinginan konsumen. Banyak input agar unit menghasilkan torsi instan. Permintaan pun diwujudkan lewat enjin V12 turbocharger ganda berkubikasi 6,75 liter. Keluaran tenaga tertingginya 571 PS pda 5.000 rpm. Momen puntir masif, 850 Nm pun sudah muncrat sejak 1.600 rpm. Mengizinkan sedan berbobot lebih dari 2,5 ton itu melesat dari posisi nol ke 100 kpj dalam 4,8 detik. Sayangnya kecepatan puncak dibatasi, sampai 250 kpj saja. Seluruh tenaga disalurkan ke roda lewat transmisi otomatis 8-speed pintar. Didukung Satellite Aided Transmission. Ghost memanfaatkan data GPS untuk menentukan gear paling optimal untuk menghadapi tikungan di depan. Memberikan perjalanan mulus dan mantap.

RR-Ghost-Illuminated-Fascia-cover-photo

9. Sistem Suspensi Planar

Tim ahli Rolls Royce mendesain ulang suspensi. Disebut Planar Suspension System, merupakan hasil koleksi dari pengembangan dan pengetesan selama sepuluh tahun. Meliputi Upper Wishbone Damper pertama yang dipasangkan pada suspensi depan. Ini dihubungkan dengan sistem pendeteksi jalanan. Secara otomatis membaca kondisi jalan, kemudian mengirimkan ke otak komputer untuk menyiapkan performa suspensi. Di belakang tertanam model five-link yang dapat diatur ketinggiannya.

10. Fitur Canggih

Fitur canggih diselipkan. Sebagian besar terfokus pada pengemudi. Lantaran semakin banyak pemilik Ghost terdahulu yang gemar mengemudikan, ketimbang duduk di kursi belakang. Sektor pencahayaan misalnya menganut LED berteknologi laser. Dapat mengeliminasi hingga 600 meter ke depan. Keselamatan pengguna dan lingkungan dipastikan lewat fungsi Vision Assist, mendeteksi keberadaan objek di depan (hewan dan pejalan kaki) baik siang maupun malam hari.

Soal parkir atau melewati jalan sempit tak jadi masalah. Kamera panoramic view menangkap imaji dari keempat sisi. Atau memanfaatkan self-park. Begitu pula perjalanan jauh dibikin praktis dengan Active Cruise Control. Bahkan terselip head-up display agar pengalaman mengemudi terasa lebih sporty. Fitur keselamatan diperkuat Collision Warning, Cross Traffic Warning, Lane Departure dan Lane Change Warning. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Rolls Royce Silver Spectre, Interpretasi Wraith Shooting Brake dari Belanda

Jelajahi Rolls Royce Ghost

Rolls Royce Ghost Rp 18 - Rp 25 Milyar Cicilan : Rp 410,7 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store