MV Agusta Rilis Brutale 1000 Nurburgring Edition, Pakai Pelek Bermaterial Carbon

MV Agusta Rilis Brutale 1000 Nurburgring Edition, Pakai Pelek Bermaterial Carbon

MV Agusta merilis Brutale 1000 edisi terbatas bernama Nürburgring. Dirancang untuk mengeksplorasi berapa banyak bobot yang dapat dihemat dari superbike jalanan. Hasil akhirnya ia punya berat kering mencapai 390 pon (177 Kg). Komponen pendukung paling mencolok tampak pada bagian rodanya. Peleknya terbuat dari serat karbon.

Seberapa eksotis dan mewahnya sebuah sepeda motor, selalu ada ruang untuk versi edisi terbatas. Itulah yang selalu dilakukan MV Agusta untuk beberapa produknya. Kali ini pihaknya menjalin kemitraan dengan trek balap Jerman paling bersejarah, ikon sejati para pembalap level atas yang diakui di seluruh dunia dunia.

MV Agusta Brutale Nurburgring

Ia merupakan Brutale paling ekstrem yang pernah dirancang. Penyusutan berat badan adalah prioritasnya. Paling menonjol karena kinerjanya yang dinamis, dicapai berkat intervensi signifikan yang berfokus pada sasis dan peralatan teknis. Versi Nürburgring juga mendapat manfaat dari penggunaan serat karbon yang ekstensif dan sejumlah peningkatan yang telah mengalir dari dunia balap.

BST atau Black Stone Tek, perusahaan velg ternama asal Afrika Selatan secara khusus membantu MV Agusta dalam mengembangkan velg serat karbon. Dalam versi ini, roda belakang dipasang dengan menggunakan billet hub yang diklaim lebih ringan dan kaku dari sebelumnya. Sehingga meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Bobot yang dihemat memiliki nilai ganda karena melibatkan massa yang tidak dilepas. Inersia berkurang, dengan efek yang sangat sensitif saat berakselerasi, dan pengereman. Selain itu, mengubah arah menjadi lebih cepat, lebih responsif, dan menyenangkan.

MV Agusta Brutale Nurburgring

Versi Nürburgring punya tampilan serupa dengan Brutale 1000 RR. Memiliki bodi proporsional yang dapat menghasilkan aerodinamis paling konstan. Mempunyai fairing yang kompak, diposisikan di area grup lampu depan. Ini bertujuan untuk meningkatkan muatan di ujung depan pada kecepatan tinggi, berkontribusi bersama dengan elemen aerodinamis premium lainnya. Selain itu buat mengoptimalkan dinamika berkendara.

Meski punya kemiripan dengan tipe 1000 RR, edisi spesial ini punya komponen kit yang semuanya menggunakan bahan serat karbon. Mencakup penutup jok pembonceng dan penutup depan baru di atas lampu depan. Bodywork lainnya, termasuk penutup airbox, panel samping tangki bahan bakar, dan saluran masuk udara juga menggunakan material ringan yang sama.

Cover di atas lampu depan terdiri dari winglet kompleks. MV Agusta mengatakan bahwa part itu bertujuan untuk meningkatkan downforce dan mendapat dukungan dari winglet samping yang sudah ada di kedua sisi motor. Meskipun seolah-olah hanya satu set suku cadang, daya tarik utama Brutale 1000 Nürburgring adalah perlengkapan balap yang menyertainya.

Baca juga: Sah, MotoGP Indonesia Bakal Digelar 20 Maret 2022 di Mandalika Lombok

MV Agusta Brutale Nurburgring

Selain penutup jok pembonceng, ia juga telah dibekali knalpot Arrow titanium lengkap dengan penutup peredam serat karbon dan ECU pengganti dengan peta baru yang sesuai dengan gas buang. Knalpot itu, tanpa catalytic converter, tidak hanya meningkatkan tenaga sebesar 9 hp, tetapi juga memangkas 6kg dari bobot motor, menjadikannya 177kg dalam keadaan.

Di tempat lain, edisi terbatas Nürburgring hadir dengan skema cat khusus yang luar biasa, termasuk grafisnya. Dasar perak metaliknya sangat kontras dengan sapuan kuas merah Nürburgring, dan dikembangkan di atas dasar grafis yang sepenuhnya orisinal.

Tenaganya berasal dari mesin berkapasitas 998 cc dengan konfigurasi inline-four cylinder DOHC. Dengan bore x stroke 79 mm x 50,9 mm, ia mampu menghasilkan 208 Hp pada 13.450 rpm dan torsi 116,5 Nm pada 11.000 rpm. Dengan transmisi 6-percepatan, dirinya diklaim mampu melesat hingga 186 mph atau 300 kpj. Apabila kit balap track-only Nürburgring dipasang, dirinya sanggup menggelontorkan power sebesar 215 hp pada 13.200 rpm dan torsi 115 Nm pada 11.000 rpm. Untungnya motor ini punya fitur launch control.

MV Agusta Brutale Nurburgring

Sistem pembuangan dari Arrow dirancang istimewa buat tipe ini. Secara khusus, skema 4-in-1 standar telah diganti dengan pilihan teknis 4-in-2 (silinder kopling 1-2 dan 3-4), menampilkan manifold utama yang lebih panjang, untuk menetapkan rekor nilai torsi baru. Kemudian knalpot berlanjut dengan manifold tunggal dan peredam tunggal, solusi yang meminimalkan berat keseluruhan dan memastikan tenaga maksimum.

Kaki-kakinya dibekali suspensi upside down lansiran Öhlins tipe Nix EC di bagian depan dan monoshock Öhlins EC TTX yang dapat disetel di belakang. Sistem pengeremannya mengaplikasikan sepasang cakram baja berukuran 320 mm dengan kaliper ganda Brembo Stylema empat piston di depan, dan cakram 220 mm dengan kaliper dua piston Brembo. Masing-masing dipadu dengan fitur ABS Bosch 9 Plus.

 

Versi 1000 Nürburgring dibanderol €39.900 di Italia (Rp 658 jutaan) atau lebih murah €7.600 dari model 1000 RR. Model ini hanya diproduksi sebanyak 150 unit di seluruh dunia. Terdapat nomor individual yang tertera di bodywork. (Bgx/Raju)

Sumber: Bennetts, Motorcycle

Baca juga: CFMoto Bakal Rilis Motor 250 cc di Indonesia Tahun Depan, Jadi Alternatif Baru Selain R25 dan CBR250RR

Model Motor MV Agusta

  • MV Agusta F4
    MV Agusta F4
  • MV Agusta F3
    MV Agusta F3
  • MV Agusta Turismo Veloce
    MV Agusta Turismo Veloce
  • MV Agusta Brutale 1090 RR
    MV Agusta Brutale 1090 RR
  • MV Agusta Brutale 800
    MV Agusta Brutale 800
  • MV Agusta Dragster
    MV Agusta Dragster
  • MV Agusta Stradale 800
    MV Agusta Stradale 800
Motor MV Agusta

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor MV Agusta Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor MV Agusta