KTM Kenalkan RC 390 MY2022, Dapat Banyak Ubahan yang Terinspirasi dari MotoGP

KTM Kenalkan RC 390 MY2022, Dapat Banyak Ubahan yang Terinspirasi dari MotoGP

Terakhir kali KTM tidak sengaja membocorkan RC 390 anyar kepada dunia. Dan sekarang merek asal Austria secara perlahan merilis materi teaser untuk unit barunya itu. Di halaman instagram resminya, mereka menunjukkan video on track sekaligus foto yang menampilkan secara penuh motor sport fairing berkapasitas 390 cc.

KTM pertama kali memasarkan RC 390 pada 2013. Sudah delapan tahun unit tersebut tidak mendapat perubahan signifikan. Hanya beberapa penyegaran kecil dan tampilanya tidak berubah sama sekali. Untuk model mendatang, dirinya mendapat paket lengkap. Desainnya diracik ulang dan wujudnya sebagian besar berbeda jauh dari sebelumnya.

Gaya RC 390 model 2022 memang masih menganut dari masa lalu. Tapi pembaruan yang diterimanya tampak terinspirasi dari motor Grand Prix (MotoGP). Hampir setiap panel didesain ulang, dengan garis-garis tegas yang secara jelas mendefinisikan karakter sporty. Itu sengaja dilakukan pabrikan untuk meningkatkan ukuran keseluruhan rentang RC, tidak hanya memberikan tampilan visual yang mencolok tetapi juga buat mengoptimalkan aerodinamika. Sebagian juga dikerjakan berkat proses dinamika fluida komputasi.

KTM-RC-390-MY2022_03

Desain baru ini juga telah mengoptimalkan perlindungan angin dan cuaca. Seperti RC 390 asli, bagian hidung hampir seluruhnya terbuat dari plastik bening. Lampu depan dipasang rata, dan dikombinasikan sepasang lampu sein berbentuk bumerang di siap sisi.

Pabrikan kali ini menggunakan kombinasi panel bodi berlapis ganda, untuk mengarahkan aliran hawa panas menjauh dari pengendara. Dan KTM telah mengambil langkah yang tidak biasa untuk membuat sepeda motor lebih besar dari sebelumnya, mendapatkan manfaat aero dalam prosesnya.

Bodywork belakang telah dikurangi sebanyak mungkin untuk profil yang lebih agresif. Di lain sisi, juga buat memamerkan sebanyak mungkin subframe teralis baja yang didesain ulang. Di atasnya terdapat ekor ramping dengan bantalan kursi pembonceng lebih tebal, menambah kenyamanan sekaligus mengurangi massa. KTM mengatakan bahwa rangkanya baru, 1,4 kg lebih ringan dari pendahulunya.

Panel bodi baru mudah dilepas, dengan pengurangan jumlah sekrup yang digunakan, serta sistem quick release. Hal ini membuatnya jadi lebih praktis. Namun, pembaruan paling menonjol untuknya bukan dari situ. KTM RC 2022 dikembangkan dengan fokus pada pengurangan bobot, dengan penghematan ekstensif yang dilakukan di seluruh sasis.

Baca juga: Baru Dirilis, KTM RC 8C Langsung ‘Sold Out’ Kurang dari 5 Menit

KTM RC 390 MY2022

Sebagai motor sport sejati, perhatian khusus telah diberikan dalam meningkatkan ergonomi secara keseluruhan. Area lutut sekarang dikembangkan secara ergonomis, untuk memungkinkan gerakan pengendara lebih mudah dan lancar. Dibuat menjadi sesempit mungkin dengan area kontak seluas mungkin.

Kokpit dua bagian dengan dasbor TFT warna baru, menggantikan LCD yang tampak kuno dari model sebelumnya. Penahan kaca depan juga dirancang ulang, memanfaatkan area atas dengan aluminium cor dan komposit bagian bawah yang menahan lampu depan. Sementara tangki bahan bakar kini lebih besar. Sekarang dapat menampung 13,6 liter bahan bakar, sebelumnya 12 liter. Volumenya tambah banyak lantaran pihaknya ingin meningkatkan pengendaraan, kenyamanan, dan jangkauan.

Desain roda yang serbabaru menghasilkan penghematan berat 3,4 kg dibandingkan generasi sebelumnya. Sedangkan sistem pengereman ByBre anyar menghemat 960 gram yang mengesankan.

Suspensi juga telah mengalami penyegaran besar, dengan garpu depan upside-down 43mm WP APEX yang dapat disesuaikan. Menampilkan 30 klik penyesuaian kompresi di sebelah kiri, dan 30 klik untuk rebound di kanan. Belakangnya dilengkapi dengan shock absorber WP APEX yang menawarkan penyesuaian preload dan pengaturan rebound 5 klik.

Baca juga: KTM Rilis 500 EXC-F Six Days 2022 Limited Edition, Intip Spesifikasinya

KTM RC 390 MY2022

KTM RC 390 ditenagai oleh mesin satu silinder, 4-tak, DOHC, 373 cc, berpendingin cairan, dan injeksi bahan bakar elektronik. Saat ini dia sudah lolos uiji emisi Euro 5. Untuk MY2022 punya desain kotak udara 40 persen lebih luas yang terletak di bawah tangki. Klaimnya menghasilkan torsi yang lebih tinggi dan respons throttle yang lebih baik. Dirinya juga menerima pemetaan yang lbeih presisi buat meningkatkan akselerasi dan kemampuan berkendara secara keseluruhan.

Di sisi lain, sistem pembuangan baru dengan pipa header stainless dan knalpot aluminium mengurangi berat badan dan mengeluarkan suara rasis.

Dari sudut pandang elektronik, ia sudah dipasangkan Cornering ABS dan Cornering MTC yang sensitif terhadap lean, Quickshifter+ opsional, serta mode Supermoto ABS. Semuanya dipantau melalui layar TFT baru dan tentu saja dapat terhubung ke ponsel melalui aplikasi KTM My Ride. Memungkinkan pengendara untuk mengakses informasi penting secara sekilas, dengan tambahan fleksibilitas untuk menyesuaikan tampilan. Layar juga secara otomatis bisa menyesuaikan kecerahannya dengan cahaya sekitar.

Sebagai satu paket, KTM berjanji kalau jajaran RC model 2022 membawa lebih banyak ‘READY TO RACE’ ke dunia Supersport dengan kemampuan dan teknologi yang nyata. Unit barunya itu mulai tersedia di dealer pada Maret 2022. (Bgx/Raju)

Sumber: Cycleworld, Motorcycle

Baca juga: Replika KTM 450 Rally Terungkap, Hanya Diproduksi 80 Unit

Model Motor KTM

  • KTM Duke 200
    KTM Duke 200
  • KTM RC 250
    KTM RC 250
  • KTM RC 390
    KTM RC 390
  • KTM  Duke 250
    KTM Duke 250
  • KTM Duke 390
    KTM Duke 390
  • KTM 890 Adventure R Rally
    KTM 890 Adventure R Rally
  • KTM 890 Adventure
    KTM 890 Adventure
  • KTM 250 Adventure
    KTM 250 Adventure
  • KTM 450 SX-F Factory Edition
    KTM 450 SX-F Factory Edition
  • KTM 250 SX-F Troy Lee Designs
    KTM 250 SX-F Troy Lee Designs
  • KTM 390 Adventure
    KTM 390 Adventure
  • KTM RC 200
    KTM RC 200
Motor KTM

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor KTM Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor KTM