IIMS Hybrid 2021: KTM Bawa Motor Limited, Cuma Satu di Asia

IIMS Hybrid 2021: KTM Bawa Motor Limited, Cuma Satu di Asia

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung 15-25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, digunakan baik-baik oleh para peserta. Seperti Premium Motorindo Abadi (PMA) yang memboyong KTM 790 Adventure R Rally. Model ini istimewa pasalnya berstatus limited edition, hanya diproduksi 500 unit di seluruh dunia. Dan Indonesia hanya kebagian jatah satu unit. Yap, bahkan kabarnya cuma ada satu di Asia.

Sejak tren motor off-road meningkat di Indonesia, Premium Motorindo Abadi makin serius memboyong beberapa varian dirt bike serta street bikes dari KTM. Banyaknya event balap off-road nasional maupun internasional juga membuat pihak PMA menambah lini sepeda motor asal Austria. Hingga saat ini mereka menyediakan motor yang berkapasitas mesin kecil sampai besar.

Memanfaatkan ajang IIMS Hybrid 2021 pihaknya membawa unit-unit andalannya. Dari mulai motor yang digunakan di lintasan balap, hingga berjenis adventure untuk menerjang rute petualangan. Tak cuma itu, mereka juga menghadirkan KTM 790 Adventure R Rally. Model ini sangat menyita perhatian pengunjung karena berstatus limited edition. Dikirim langsung dari negara asalnya.

“Untuk setiap produk pasti punya edisi spesialnya dan kali ini ada KTM 790 Adventure R Rally. Memanfaatkan IIMS Hybrid 2021, kami membawa model yang cuma ada satu di Asia. Unit ini juga diproduksi cuma 500 unit di seluruh dunia,” kata Public Relation KTM Indonesia, Alex Samosir, saat ditemui OTO.com di Kemayoran, Jakarta.

KTM 790 Adventure R Rally

KTM 790 Adventure R Rally limited edition merupakan pengembangan dari KTM 790 Adventure R. DNA-nya bersumber dari produk-produk KTM sebelumnya seperti Super Duke 1290, Super Adventure R 1290 dan Seri Paris Dakkar. Boleh dibilang, ia menjadi salah satu motor impian para pecinta motor sport-adventure yang mampu melibas segala medan.

Dibangun dengan kerangka teralis dari baja. Posisi mesin dibuat kompak dan minimalis, untuk menambah penampilannya menjadi lebih kokoh. Jantung mekanis mengandalkan twin pararel 799 cc LC8c liquid-cooled yang mampu menghasilkan tenaga 96 Hp dan torsi 88 Nm. Performa yang sangat besar sehingga mudah untuk diajak melibas medan apapun.

Gearbox enam kecepatan yang diusung sudah dibenamkan fitur Power Assist Slipper Clutch (PASC). Teknologi yang telah dipatenkan oleh KTM sejak lama. PASC memungkinkan pengendara mengoperasikan kopling hanya dengan satu jari. Selain itu, mampu mencegah roda belakang mengunci, sehingga memberi lebih banyak kepercayaan diri saat berkendara.

Baca juga: IIMS Hybrid 2021: Royal Enfield Himalayan Gemini T14, Terinspirasi dari Mobil Balap Reli

KTM 790 Adventure R Rally

Perbedaannya antara tipe R dan Rally limited edition terletak pada suspensi depannya yang menggunakan WP Xplor Pro 7548. Mengusung cone valve technology yang dapat disetel secara ekstrim sesuai dengan keinginan pengendara. Sedang belakangnya Xplor Pro 6746. Di pasar purnajual, suku cadang itu harganya mencapai $6.000 atau setara Rp 87 jutaan. Kedua komponen peradam kejut itu memiliki spesifikasi serupa dengan KTM yang digunakan untuk rally dakar. Beda dengan versi reguler terdapat pula pada sektor gas buang. Knalpot menggunakan Akrapovič berbahan titanium dengan spesifikasi premium.

Dengan suspensi yang baru membuat KTM 790 Adventure R Rally limited edition dapat dengan mudah melewati rintangan. Ketinggian jok di tipe R adalah 880 mm sedangkan tipe Rally Limited edition ketinggian jok menjadi 990 mm. Kursinya itu bahkan lebih datar dari pada Adventure R, untuk menekankan niat off-road dan memungkinkan kemudahan pergerakan pengendara. Peleknya menggunakan DID Dirt Star, depan 21 inci dan belakang 18 inci.

Fitur standar seperti Ride-by-Wire, Throttle Control Traction (MTC), Cornering ABS, Off-road ABS dan Off-road Ride Mode sudah mutlak ada di seri KTM 790 Adventure.

KTM 790 Adventure R Rally

Dijual Secara Lelang

Tak seperti produk yang dipamerkan, Premium Motorindo Abadi menjual KTM 790 Adventure R Rally limited edition dengan cara dilelang. Prosesnya sudah berlangsung dari pembukaan IIMS Hybrid sampai akhir April 2021.

"Motor ini dijual dengan cara dilelang. Batas akhir lelang sampai dengan akhir April 2021 ini, dan hingga kini sudah ada yang berani menawar Rp 750 juta. Cara untuk ikutan lelang cukup hubungi nomor 0822-8828-8269," ungkap Alex Samosir, Manajer PR PT PMA.

Berhubung unit ini tidak diproduksi massal, maka banyak kolektor yang memburunya. Model ini sebetulnya sama seperti produk-produk limited edition KTM yang lain. Hanya dibuat satu tahun sekali, jadi benar-benar sangat langka. Boleh dibilang KTM 790 Adventure R Rally merupakan masterpiecenya untuk motor adventure KTM. (Bgx/Raju)

Baca juga: IIMS Hybrid 2021: Dihadiri Sandiaga Uno, Benelli Indonesia Luncurkan Skuter Listrik