Volkswagen Up Resmi Mewarisi Gelar GTI

Volkswagen Up Resmi Mewarisi Gelar GTI

Di era 1970-an, Volkswagen Golf GTI 'mengubrak-abrik' dunia otomotif, khususnya di negara asalnya. Saat jalanan diramaikan oleh saloon besar, kencang dan mahal, Golf GTI datang dengan bodi kompak namun berperforma bak sportscar. Mesinnya memang hanya 1.6 liter, tapi bobotnya tak sampai satu ton. Hasilnya Golf GTI mempunyai bekal rasio tenaga berbanding bobot yang yang besar.

Selang 41 tahun sejak kelahiran GTI, Volkswagen coba menghidupkan kembali legenda jalanan itu. Alih-alih menggunakan model Golf, manufaktur Jerman itu malah menggunakan model yang lebih kompak, yakni Volkswagen Up untuk menghidupkan kembali nama GTI. Bukan tanpa alasan, pasalnya legenda Golf GTI memang berbodi kecil dan ringan. Nah VW Up GTI juga dikabarkan memiliki bobot kisaran sama dengan Golf GTI lansiran 1976.

VW Up GTI VW memberikan kesenangan baru untuk Up

Pengembangan Volkswagen Up GTI, dilakukan bersama divisi performa R. Diklaim VW Up GTI mewarisi semangat dan karakter yang paling mendekati dari GTI orisinil. Mulai dari bobot ringan yang didukung mesin kecil berperforma tinggi, suspensi khusus, hingga downforce. Semuanya disajikan untuk sebuah sensasi berkendara menyenangkan super-mini.

Pertama dari mesinnya. Kalau Golf GTI Mk1 dulu pakai mesin naturally aspirated 4-silinder 1.6 liter dengan 110 PS, Up GTI dibekali jantung produksi 3-silinder 1.0 liter TSi turbocharged bertenaga 115 PS dan torsi 230 Nm. Kunci performanya ada pada bobotnya yang kurang dari 1 ton atau sekitar 997 kg. Hasilnya, rasio tenaga banding bobotnya juga besar. Klaim akselerasi 0 - 100 km/jam ditempuh dalam 8,8 detik saja, dan top speed 182 km/jam.

UP GTI lebih sporty Selain eksterior lebih sporty, mesin juga lebih kuat

Sebagai distributor tenaganya, disiapkan transmisi manual 6-speed. Output kemudian dikirimkan ke penggerak roda depan. Meskipun mesinnya kecil, diklaim VW Up GTI menghasilkan suara khas sportscar dari corong knalpotnya. Hal itu dimungkinkan berkat peningkatan sintetis melalui aktuator suara.

Rasa berkendara juga dipastikan terasa sporty. Penggunaan suspensi MacPherson strut di depan dan torsion beam di belakang dengan kualitas peredam dan per yang unik, menjanjikan pengalaman berkendara lebih sporty. Apalagi tingginya diturunkan sebanyak 15 mm dari model Up standar non-GTI.

Interior VW Up GTI Interior khas VW GTI

Dari penampilannya, Up GTI didesain semaksimal mungkin agar layak menyandang gelar GTI. Bagian wajahnya ada bumper baru dengan ventilasi pendingin, splitter, lampu kabut dengan fungsi belok dan grille honeycomb. Tak ketinggalan emblem GTI dan garis perpaduan hitam-merah di sekitar logo VW. Emblem GTI dan garis yang merupakan ikon GTI itu, juga muncul pada sisi samping dan tailgate.

Fitur penampilan eksterior lainnya ada spoiler di atas tailgate, bumper belakang baru, rumah spion berwarna hitam mengilap, velg alloy 17 inci dan kaliper rem depan berwarna merah. Selain itu, ada lima warna cat pilihan Tornado Red, Pure White, Dark Silver, Black Pearl dan Costa Azul. Semua warna kecuali hitam, mendapat opsi atap berwarna hitam kontras.

Volkswagen Up GTI dikabarkan mulai dipasarkan pada 2018. Sementara ajang tahunan temu pengguna GTI atau GTI Meet di danau Wörthersee (24 - 27 Mei 2017) menjadi debut penampilan publik Volkswagen Up GTI.

Baca Juga: VW Polo generasi baru siap diproduksi

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Volkswagen

  • Volkswagen Polo
    Volkswagen Polo
  • Volkswagen Tiguan Allspace
    Volkswagen Tiguan Allspace
  • Volkswagen T-Cross
    Volkswagen T-Cross
Mobil Volkswagen

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Volkswagen Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Volkswagen

Artikel Mobil Volkswagen dari Carvaganza