Volkswagen Percepat Elektrifikasi

Volkswagen Percepat Elektrifikasi

Berada dalam pusaran skandal Dieselgate, membuat Volkswagen cepat-cepat melupakan masa kelam itu. Mereka seolah ingin segera meninggalkan mesin diesel untuk beralih ke mobil listrik. Persiapan dan perencanaan tengah berjalan, sudah ada beberapa mobil listrik yang diperkenalkan.

Di Los Angeles Auto Show, VW membawa tiga mobil konsep Battery Electric Vehicle (BEV). Yang pertama sebuah hatchback seukuran Golf bernama I.D., kedua I.D. Bruzz dengan desain mengingatkan VW Combi dan I.D. Crozz, sebuah crossover. VW memajang ketiganya dalam satu panggung di LA Show, mengisyaratkan strategi produk BEV yang sebentar lagi berjalan.

Ini sebuah analisa, VW sebentar lagi memasuki era elektrifikasi. Mereka mengkonfirmasi sebelumnya, versi produksi dari I.D. dijual untuk pasar Eropa pada 2019. Sementara I.D. Crozz direncanakan masuk pasar Amerika Serikat mulai 2020. Sedangkan I.D. Buzz mulai dipasarkan 2022. Jika semua sesuai rencana, pada 2025 sudah ada 15 model BEV yang dijual oleh VW.

Dari ke-15 mobil listrik VW yang ditargetkan, belum ada kepastian apakah salah satunya versi listrik dari VW Beetle. Mengingat platform baru MEB yang bakal digunakan, sangat menunjang untuk dibuat versi listrik dari mobil legendaris tersebut. Yang pasti, sasis MEB merupakan pengembangan khusus untuk BEV. Baterai terletak di bawah lantai di tengah dua as roda, dan memungkinkan menaruh motor listrik di depan atau belakang. Format standarnya kelak, motor berada di belakang untuk menggerakkan roda belakang. Seperti konstruksi VW Beetle. Motor listrik di depan hanya untuk tipe kendaraan penggerak roda depan.

Platform MEB juga memberi keuntungan dari sisi kelegaan kabin, walau dimensi keseluruhan tergolong kompak. Contohnya versi produksi I.D. Crozz. Dimensi eksterior setara dengan VW Tiguan namun memiliki ruang kabin sebesar Touareg. Penempatan baterai dan motor listrik yang tepat, sangat berpengaruh terhadap pengukuran dimensi dan luas kabin.

MEB ternyata tidak hanya disiapkan untuk satu tujuan saja, melainkan menjadi transformasi model bisnis VW secara keseluruhan di masa depan. Jurgen Stackmann, Board of Management VW, menegaskan visi VW yang ingin menjadi pemimpin di pasar kendaraan swakemudi (autonomous). Semua mobil terbaru VW yang pakai platform MEB, disiapkan untuk sistem berkendara swakemudi. (Odi/RS)

Baca juga: VW Kodok Bakal Lahir Kembali Jadi Mobil Listrik

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Volkswagen

  • Volkswagen Polo
    Volkswagen Polo
  • Volkswagen Tiguan Allspace
    Volkswagen Tiguan Allspace
  • Volkswagen T-Cross
    Volkswagen T-Cross
Mobil Volkswagen

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Volkswagen Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Volkswagen

Artikel Mobil Volkswagen dari Carvaganza