Tesla Rilis Cybertruck, Pikap Futuristik Anti Peluru

Tesla Rilis Cybertruck, Pikap Futuristik Anti Peluru

Akhirnya Tesla merilis pikap pertama, Cybertruck. Nama ini sesuai wujudnya sangat futuristik, tak seperti kendaraan konvensional yang beredar. Bahkan dapat dikatakan, ia layaknya angkutan di film-film fiksi-ilmiah Holywood.


electric truck tesla


Tak ada detail desain tradisional diaplikasikan pada tubuhnya. Kebanyakan tarikan garis lurus. Sepintas mirip pesawat luar angkasa, dengan sudut yang tajam di berbagai area. Ia pun tak terlihat seperti pikap yang membawa bak di belakang. Ellon Musk, CEO Tesla mengungkapkan, pihaknya tak memanfaatkan model sasis pada umumnya. Biasanya struktur mobil dibungkus bodi. Tapi Cybertruck bertolak belakang, sasis juga bertindak sebagai bodi.


Baja khusus digunakan untuk membentuk bentuk. Saking kuatnya, Cybertruck kebal terhadap pukulan palu besar dan tembakan pistol 9 mm. Elon pun membuktikannya saat peluncuran di California, Amerika Serikat hari ini (22/11). Seluruh kaca juga dibentuk secara khusus, sehingga tahan tumbukan. Walau memang saat demonstrasi komponen itu retak, tapi objek yang dilempar tak masuk ke dalam kabin.



Menariknya, Cybertruck merupakan kendaraan bertenaga listrik murni. Terdapat tiga varian ditawarkan, masing-masing dibedakan jumlah motor listrik. Paling tinggi dilengkapi tiga motor berpenggerak all-wheel drive, yang membuatnnya melesat dari kecepatan nol ke 100 kpj dalam 2,9 detik. Waktu yang sangat cepat bagi sebuah pikap bongsor. Ini menandakan tenaga yang dihasilkan begitu besar.


Konfigurasi itu diperlukan guna memastikan fungsi sebagai pikap maksimal. Bak di belakang Cybertruck cukup besar, panjang 1,9 meter dan berdaya angkut 1.587 kg. Mobil listrik ini juga punya kemampuan towing hingga 6.350 kg. Dalam video yang ditampilkan saat peluncuran, Cybertruck diajak tarik tambang bersama Ford F-10. Hasilnya, pikap garang Ford dengan mudah ditariknya cukup jauh.



Urusan melewati jalan offroad tak perlu dipertanyakan. Ia memiliki sudut approach 35 derajat dan departure 28 derajat. Itu pun masih ditunjang suspensi udara adaptif yang memungkinkan proses pemuatan barang ke bak lebih mudah. Perangkat suspensi juga membantu pengendalian. Elon bahkan mengklaim handling saat bermanuvernya sangat stabil, bak ban bergulir di atas rel kereta.


Harganya? Varian terbawah yang disenjatai satu motor listrik dengan sistem penggerak roda belakang, dan mampu menjelajah sejauh 400 km dibanderol $ 39.900 atau Rp 562 juta. Pilihan tengah yang dibekali dual-motor berpenggerak all-wheel drive (AWD) dijual seharga $ 49.900 atau Rp 703 jutaan. Opsi ini dapat melaju hingga 482 km. Tertinggi bisa berjalan sejauh 804 km dipatok $ 69.900 atau Rp 985 juta. Cybertruck sudah bisa dipesan, tapi pengiriman unit baru dimulai pada akhir 2021. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Canggihnya Mobil Listrik Tesla Model 3 Yang Ramai Dibeli Seleb

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store