jakarta-selatan

Kia Stinger: Fenomena Baru Dari Kia

  • Jan 11, 2017
  • 1377 Dilihat

Kia akhirnya mengungkap selubung sedan sport terbarunya di ajang North American International Auto Show (NAIAS) 2017 atau juga dikenal Detroit Auto Show. Kehadiran mobil yang diberi nama Stinger ini digadang-gadang jadi pesaing BMW Seri 3 dan Audi A4.


Stinger, merupakan kelanjutan Kia model konsep GT yang diperkenalkan di Frankfrut, Jerman pada 2011 lalu. Dalam keterangan persnya, Kia mengungkapkan Stinger GT didesain secara sempurna dengan memiliki dimensi panjang 4,8 meter, lebar 1,87 meter dan wheelbase hingga 2,9 meter.


Stinger on the move


Dengan dimensi yang dipaparkan tadi, Kia mengungkapkan mobil ini dapat memberikan ruang yang cukup luas di bagian kabin. Sementara Orth Hedrick Vice President of Product Planning at Kia Motors America (KMA) bilang, Stinger bisa dikatakan sebagai mobil impian karena didesain secara serius oleh Kia.


"Mobil ini tidak seperti model Kia lainnya, Stinger merupakan mobil impian bagi kita. Dari Detroit, mimpi itu sekarang menjadi kenyataan setelah bertahun-tahun para desainer kami di seluruh dunia bekerja keras menciptakan mobil ini," papar Hedrick.


Kia-Stinger-2018-800-0e


Ya, hal itu wajar diungkapkan Hedrick. Pasalnya, Kia Stinger berbeda dengan mobil Kia lainnya. Ia mengadopsi dua sistem penggerak, roda belakang dan empat roda, juga disematkan teknologi canggih layaknya mechanical limited slip differential dan Dynamic Torque Vectoring Control system.


Kia membuat mobil ini menggunakan aerodinamika yang terbilang sempurna. Hal itu berkat penggunaan unsur rear diffuser serta front air curtains, wheel arch gills, smooth underbody yang ada pada mobil ini. Pada desain grill KIA Stringer tetap mengadopsi khas Kia, 'tiger noise' serta dipadukan dengan lampu LED.


Bagian dapur pacunya, mobil ini tersedia dalam dua varian. Untuk varian terendah pabrikan asal Korea Selatan ini menghadirkan mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter yang mampu menghasilkan daya hingga 255 tenaga kuda dengan torsi mencapai 352 Nm. Sementara untuk varian tertinggi, Stinger GT menggendong mesin V6 berkapasitas 3,3 liter yang mampu menghasilkan daya mencapai 365 tenaga kuda pada torsi 510 Nm.


Kia-Stinger-2018-800-02


Mesin yang dibenamkan pada Stinger GT, diklaim mampu membuat sedan sport ini melaju hingga kecepatan 100 km/jam dari diam hanya dengan waktu 5,1 detik. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 269 km/jam. Meski sudah diperkenalkan, namun Kia belum membeberkan harga mobil ini, sementara untuk penjualannya akan dilakukan Kia mulai akhir 2017 mendatang.


Baca Juga: Ini dia Kia yang siap tantang Audi

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer