jakarta-selatan

BMW dan Great Wall Jalin Kerjasama

  • Okt 12, 2017
  • 235 Dilihat

Kerjasama dan aliansi biasa terjadi di industri otomotif. Ini dianggap bisa lebih menghemat biaya dalam mengembangkan satu teknologi dan ongkos produksi. BMW juga melakukannya. Pabrikan mobil mewah asal Jerman itu, melakukan penjajakan kerjasama dengan perusahaan asal Cina, Great Wall Motors.


Dilansir dari Reuters, BMW dan Great Wall berencana membentuk perusahaan gabungan untuk memproduksi kendaraan di Cina. Lebih dari itu, kerjasama keduanya bakal fokus terhadap pengembangan serta produksi mobil listrik. Joint venture ini nantinya juga membangun pabrik baru yang ada di kota Changshu.


"Saya tidak tahu seberapa jauh kesepakatannya. Saat ini kami sedang berdiskusi dengan Great Wall tentang pendirian perusahaan patungan untuk memproduksi mobil di Changshu," papar seorang eksekutif BMW, yang menolak namanya dipublikasi.


Cina memang pasar penting saat ini, terutama untuk mobil listrik. Ini seiring dengan kebijakan pemerintahnya, yang membuat peraturan semakin ketat terhadap penjualan mobil berbahan bakar fosil. Malah kabarnya, melarang penjualan mobil bermesin bensin dan diesel pada 2040 nanti.


BMW 1-Series sedan


Sementara untuk penjualan BMW, jumlahnya terus mengalami tren positif di negeri berjuluk Tirai Bambu ini. Dilaporkan, penjualan BMW mengalami peningkatan hingga 11,3 persen tahun lalu. Bahkan, dengan angka penjualan yang terus meningkat, menjadikan BMW sebagai brand premium kedua di Cina setelah Audi.


Sedangkan Great Wall Motor, kini jadi produsen SUV terbesar di Cina. Perusahaan yang didirikan oleh miliarder Wei Jianjun itu, sebelumnya juga dikabarkan ingin membeli saham Jeep. Tapi belum ada kelanjutan soal rencana tersebut.


Sebelum dengan Great Wall, BMW sudah lebih dulu melakukan kerjasama dengan perusahaan asal Cina, Brilliance China Automotive Holdings. Kerjasama ini dilakukan untuk memproduksi serta memasarkan produk-produk yang dibuat khusus untuk pasar mobil terbesar di dunia itu. Sebut saja ada BMW Seri-1 Sedan, X1 long wheelbase serta Seri-5 Li, yang juga bersumbu roda lebih panjang dari Seri-5 biasa. Banyak model-model yang beredar di Cina tidak tersedia di pasar lain. Terutama varian dengan wheelbase lebih panjang.


Baca Juga: Geely Resmi Beli Saham Proton

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer