8 Mobil Konsep Porsche yang Akhirnya Dibocorkan ke Publik

8 Mobil Konsep Porsche yang Akhirnya Dibocorkan ke Publik

Pabrikan sering menghadirkan mobil konsep saat mengikuti motorshow kelas dunia. Ada yang kemudian berlanjut diproduksi, ada juga yang sekedar menjadi exhibit car alias pajangan doang. Yap, mobil konsep sedianya memang ada dua jenis. Pertama, purwarupa atau prototipe dari calon kendaraan yang akan dipasarkan dalam waktu dekat. Mobil konsep jenis ini biasanya bentuknya sangat dekat dengan versi produksi masalnya nanti.

Jenis kedua adalah mobil yang dibuat dengan wujud revolusioner hanya sekedar untuk menampilkan potensi sebuah mobil di masa depan. Bahasa lainnya adalah showcase. Biasanya mobil konsep bergaya futuristis seperti ini punya bentuk yang aneh dan sedikit kemungkinan dibawa ke jalur produksi.

Tapi ada juga mobil-mobil yang sudah dibangun namun lantaran pertimbangan tertentu mobil konsep tersebut urung dipamerkan. Tak terkecuali Porsche, produsen mobil sport asal Jerman. Belum lama ini, Porsche merilis gambar beberapa mobil konsep yang sempat mereka buat namun tak jadi dipublikasikan.

Berjudul ‘Porsche Unseen’, Porsche merilis buku berisi mobil-mobil konsep yang tak pernah dijamah mata orang luar Porsche. Dalam buku yang diterbitkan oleh Delius Klassing Publishing House, Porsche pernah membuat 15 visi masa depan mobil dari beragam konsep. Porsche membuka informasi tentang mobil-mobil ini untuk memperlihatkan proses desain mereka mulai dari awal hingga jadi versi produksinya.

Porsche 917 Living Legend 2013

1. Porsche 917 Living Legend (2013)

Porsche 917 adalah legenda dunia balap. Dipimpin langsung oleh Ferdinand Piëch, mobil yang dikemudikan oleh Hans Herrmann dan Richard Attwood itu sukses membawa Porsche memenangi Le Mans pertama kalinya di 1970. Pada 2013, Porsche kembali berpartisipasi dalam balap ketahanan LMP1 tersebut. Untuk memperingatinya, mereka membuat interpretasi modern dari legenda Porsche 917.

Porsche merahasiakan model ini sampai 2019 lalu. Mereka baru mengungkapkannya, lewat foto, saat merayakan 50 tahun ulang tahun 917. Sedangkan konsepnya dipertontonkan pertama kali kepada publik pada eksibisi Colors of Speed di Porsche Museum di tahun yang sama. Galeri foto yang disajikan memperlihatkan bagaimana model yang sedianya jadi penerus Posrche 917.

Porsche 906 Living Legend 2015

2. Porsche 906 Living Legend (2015)

Inilah konsep mobil super dengan ground clearance sangat rendah. Imajinasi Porsche ini seolah menunjukkan bahwa mesinnya diletakkan di bagian belakang kendaraan karena moncongnya yang sangat tipis. Meski berbentuk futuristis, namun lubang air besar memberi tanda kalau ada mesin konvensional berbahan bakar bensin yang sangat bertenaga tersembunyi di belakang kursi pengemudi.

Menariknya, desain mobil ini sudah dibuat oleh tim desain Porsche pada 2005. Sesuai namanya, Posrceh 906 ini diambil dari mobil balap Porsche pada 1966. Menggunakan detail warna merah dengan aksen putih. Inspirasinya datang dari mobil balap Targa Florio 1966 yang dikemudikan Willy Mairesse dan Gerhard Muller. "Visi sesainnya sangat lepas. Tidak harus berkaitan dengan model produksi. Seperti posisi headlights yang sangat futuristik," kata Muchael Meuer, bos desain Porsche seperti dilansir carscoop.

Baca juga: Cerita 2 Mobil Blasteran Inggris Jepang

Porsche 919 Street 2017

3. Porsche 919 Street (2017)

Mengambil basis teknologi yang digunakan oleh Porsche 919 Hybrid, model tanah liat 1:1 Porsche 919 Street ini adalah ide Porsche untukmengubah mobil balap ketahanan LMP1 menjadi versi produksinya yang legal digunakan di jalan raya. Konsep ini mirip dengan Porsche 911 GT1 yang pernah diproduksi sebanyak 25 unit saja untuk kepentingan homologasi.

Di balik bodinya tersembunyi struktur rangka monokok dari material serat karbon dan mesin hybrid bertenaga 900 PS. Formula ini sukses membawa Porsche meraih banyak gelar juara di balap ketahanan Le Mans 24-Hours. Tak Cuma itu, bahkan dimensi dan jarak sumbu roda mobil konsep ini sama persis dengan mobil balapnya.

Porsche Vision Renndienst 2018

4. Porsche Vision ‘Renndienst’ (2018)

Kalau mobil ini adalah ide nyeleneh para insinyur Porsche yang sepertinya sudah mulai kebosanan mendesain mobil sport. Lahirlah konsep mobil keluarga 6-penumpang yang lapang dengan desain terinspirasi pesawat antaraiksa. Melalui mobil ini Porsche ingin mencoba ide untuk menterjemahkan DNA desain mobil Porsche yang legendaris ke beragam jenis kendaraan.

Interior mobil ini menawarkan penumpangnya kabin modular yang lapang dan nyaman. Pengemudinya duduk di bagian tengah layaknya McLaren F1. Sementara itu penggeraknya menggunakan motor listrik. Porsche Vision Renndienst ditampilkan bersebelahan dengan Volkswagen T1 yang menjadi leluhurnya. Melihat desain Multi Purpose Vehicle (MPV) ini sebetulnya tidak jelek. Malahan kalau disempurnakan lagi sebetulnya layak juga untuk dipasarkan. Sayang versi produksi dari MPV pertama Porsche ini tak pernah terwujud.

Baca juga: Nostalgia Mobil Ikonik yang Mejeng di Serial TV atau Film 1980-an 

Porsche Vision Spyder 2019

5. Porsche Vision Spyder (2019)

Selanjutnya ada ide Porsche tentang mobil roadster yang sejati. Menurut mereka, insirasi mobil ini mengambil dari Porsche 550-1500 RS Spyder yang dibuat pada 1954. Tujuan dari mobil konsep ini adalah mengeksplorasi ide tentang rollover bar yang cantik namun memenuhi standar keselamatan untuk diproduksi.

Tentu saja mesinnya diletakkan di bagian tengah (mid-engine) menjanjikan pengalaman berkendara penuh emosi. Kokpit yang terbuka, wajah telanjang yang menampilkan radiator dan elemen grafis berwarna merah jelas menggambarkan kesan sporty roadster ini.

Porsche Vision 920 2019

6. Porsche Vision 920 (2019)

Inilah mobil balap masa depan. Konsep desain mobil ini kalau dilihat seksama sebetulya mirip sekali dengan versi produksi dari hypercar Mercedes-AMG One. Model buatan tangan dengan skala 1:1 ini mengedepankan desain aerodinamika. Seperti mobil balap lainnya, mobil konsep masa depan ini memiliki satu kursi pengemudi di bagian tengah kendaraan.

Sangat cocok untuk balapan seperti Le Mans. Model ini boleh dibilang sebagai visi paling ekstrem dari sports car yang dibuat Porsche. Meski kemudian muncul Cayenne dan Macan crossover namun DNA Posrche sebagai pembuat sports car hadir di model konsep ini.

Baca juga: Tujuh Alasan Mengapa MG HS Ignite Layak Dipertimbangkan

Porsche Vision E Concept 2019

7. Porsche Vision E (2019)

Porsche seperti layaknya produsen mobil lainnya tak bisa mengelak dari era elektrifikasi. Mereka sudah punya Taycn dan juga bertarung di Formula E. Desain Porsche Vision E ini seperti layaknya mobil balap Formula berpenggerak listrik. Konsep ini seperti ingin menggairahkan balapan mobil-mobil bermesin listrik. Desainya sangat menarik terutama di bagian depan.

Memang sudah ada Formula E, tapi entah mengapa tak mampu mengalahkan hingar-bingar balapan Formula 1. Nah mobil ini ditujukan untuk menciptakan mobil balap Formula bertenaga listrik yang bisa dijual untuk umum. Sebuah single seater hypercar listrik yang siap melaju di lintasan.

Porsche Vision 918 RS 2019

8. Porsche Vision 918 RS (2019)

Porsche 918 Spyder yang diperkenalkan pada 2013 adalah salah satu mobil terbaik di dunia hingga kini. Bahkan mendapat reputasi yang lebih baik bila dibandingkan rivalnya seperti Ferrari dan McLaren menurut sejumlah penguji. Versi konsep tahun 2019 ini adalah evolusi dari mobil yang sama. Porsche Vision 918 RS memakai penggerak hybrid dan jelas punya tampilan yang mempesona.

Kerinduan publik pada kreasi Porsche memang tinggi. Dua tahun setelah perkenalkan 918 dan pembuatan 918 Spyder berakhir pada 2015, masih ada bagian yang hilang dari line up Porsche. Dibuat dari carbon fiber, aerodinamika menarik, dan dipastikan performa luar biasa. Bayangkan saja jika model 918 lama, bisa menembur Nurburging Nordschleife di bawah 7 menit. (Rzk/Raju)

Sumber: Porsche, Autocar UK

Baca juga: Perjalanan Panjang Slogan Ikonik yang Mendeskripsikan Esensi BMW