Harley-Davidson Jalin Kemitraan dengan Perusahaan India, Antara MotoCorp atau Classic Legends?

Harley-Davidson Jalin Kemitraan dengan Perusahaan India, Antara MotoCorp atau Classic Legends?

Harley-Davidson dilaporkan ingin menjalin kemitraan bersama perusahaan otomotif India. Ada dua pilihan, bekerja sama dengan MotoCorp dan anak perusahaan Mahindra, Classic Legends, yang menghidupkan kembali merek Jawa dan BSA. Tujuannya untuk memperluas pasar segmen kecil-menengah, khususnya di Negeri Bollywood.

Seperti kita tahu, Harley-Davidson ingin membangun pondasi lebih kuat agar bisa kembali ke era keemasannya. Mereka telah melakukan banyak cara dalam beberapa tahun belakangan. Hal yang telah dijalani, meninggalkan Matt Levatich dan memasang Jochen Zeits sebagai Presiden dan CEO baru. Hasilnya cukup terlihat dan perubahan terjadi dengan cepat dan stabil.

Keputusan Jochen Zeits dianggap tepat sasaran. Strateginya terus bergerak maju. Evaluasi yang ia lakukan mulai dari mencabut produksi Bronx hingga menciptakan peran Chief Digital Officer, rezim baru yang menerapkan rencana Rewire dengan cepat. Dirinya telah memperbaiki perusahaan dalam hal prioritas, eksekusi, model operasi, program untuk mendorong laba berkelanjutan, dan pertumbuhan jangka panjang.

Baca Juga: Terungkap, Mesin Harley-Davidson 350 cc Nempel di Motor Qianjiang

Setelah upaya restrukturisasi global untuk menjadikan Thailand sebagai proyeksi utama Asia Pasifik, Harley-Davidson sekarang diketahui menjajaki potensi kolaborasi dengan pembuat roda dua di India. Merek yang berbasis di Milwaukee ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal yang memiliki fasilitas manufaktur besar.

Harley MY 2019

Jika rumor ini benar, hubungannya bisa mirip dengan kemitraan TVS dan BMW Motorrad atau aliansi Bajaj dan KTM. Perusahaan Bar and Shield dapat mencari afiliasi untuk memproduksi sepeda motor kecil-menengah untuk pasar India. Classic Legends dilaporkan menjadi pilihan yang jelas karena punya pengaruh besar di segmen premium, dan memiliki semua kebutuhan yang diinginkan Harley. Apalagi anak perusahaan dari Mahindra & Mahindra (M&M) Group selaras dengan model yang ditawarkan merek Amerika.

Pada dasarnya, Classic Legends didirikan untuk memperkenalkan kembali merek-merek sepeda motor ikonik di pasaran. Saat ini merek seperti Jawa, BSA dan Yezdi sudah berada di bawah naungannya. Meski dimulai dengan angka penjualan yang mengesankan, keterlambatan pengiriman dan masalah kualitas membuat perusahaan sulit memenuhi permintaan yang terus meningkat. Tapi semua itu bukan perkara sulit jika kemitraan antar company telah terjalin.

Baca Juga: Motor Harley-Davidson Bakal Pakai Teknologi Penyeimbang Giroskop

Sementara Hero Motocorp telah menyatakan bahwa terbuka untuk menjalin kerja sama dengan siapa saja. Tapi sayangnya, meski ia memimpin pasar di tingkat pemula/komuter dan segmen 125 cc, mereka tidak memiliki kemampuan membangun sepeda premium. Namun pendekatan terbaru Hero dalam memperkenalkan sepeda motor 200 cc seperti Xpulse telah membuahkan hasil. Pasalnya komunitas motor adventure di sana sedang berkembang pesat. Dengan kehadiran Harley, diharapkan pemosisiannya dirasa cukup untuk saling melengkapi.

Harley-Davidson sebenarnya sudah sejak lama mencari aliansi di India. Mereka menginginkan perusahaan yang memiliki jaringan manufaktur dan distribusi kuat untuk membuat sepeda motor kategori 500 cc ke bawah. Namun sampai sekarang segala perjanjian masih dikerjakan dan juru bicara dari semua merek terlibat, menolak untuk mengomentari potensi kemitraan ini.

Pembicaraan Zeits mengenai pemotongan biaya untuk keperluan perusahaan juga selaras dengan hal ini. Berkongsi dengan perusahaan lokal, Harley tidak hanya dapat menghemat biaya, tetapi juga mempercepat pengadaan dari bantuan mitra di negara tersebut. Selama lima tahun terakhir, perusahaan telah mengeksplorasi sepeda motor ukuran menengah untuk India. Modelnya yang dikembangkan di China juga memiliki potensi untuk memenuhi pasar di sana.

Awal tahun ini, Harley bermitra dengan pembuat sepeda motor Cina, Zhejiang Qianjiang, perusahaan induk dari Benelli, untuk meluncurkan Benelli 350 dan Harley-Davidson 338. Sepeda motor dengan kapasitas lebih kecil seperti itu akan menjadi hal penting bagi merek Milwaukee. Kabarnya diluncurkan akhir tahun ini. Meski tak menyebut besaran pasti, namun Qianjiang memastikan harga motor tersebut bakal terjangkau. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, India Times

Baca Juga: Harley-Davidson Bronx Hilang dari Laman Situs Web, Batal Diproduksi?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store