Ducati Luncurkan Tim Pabrikan MotoGP 2023, Bagnaia Pakai Nomor 1

Ducati Luncurkan Tim Pabrikan MotoGP 2023, Bagnaia Pakai Nomor 1


Ducati Lenovo menjadi tim selanjutnya yang melakukan peluncuran untuk MotoGP 2023. Sebelumnya Monster Energy Yamaha dan Gresini Racing. Tim pabrikan asal Italia sekaligus memperkenalkan motor Desmosedici GP anyar serta Enea Bastianini sebagai rekan setim baru Francesco Bagnaia. Usai meraih gelar juara dunia musim lalu, Bagnaia mengganti nomor 63 menjadi nomor 1.

KEY TAKEAWAYS

  • Pecco bakal mengenakan nomor motor 1

    Enea Bastianini diyakini menjadi partner sekaligus pesaing berat Pecco
  • MotoGP 2023 sudah semakin dekat dan pengujian dimulai bulan depan. Sejauh ini sudah ada tiga tim yang diluncurkan. Pertama pabrikan Yamaha pada 17 Januari, diikuti 21 Januari oleh Gresini Racing, dan dilanjutkan skuad Ducati Lenovo, (23/1).

    Acara peresmian bertajuk 'Campioni in Pista' alias 'Juara di Lintasan' berlangsung spesial. Sebab digelar di daerah pegunungan bersalju Madonna di Campiglio, Italia bagian utara. Peluncuran ini digabung dengan acara launching tim Aruba.it Racing - Ducati kejuaraan WSBK.

    Ducati Desmosedici GP23

    Sang juara MotoGP 2022, Francesco Bagnaia tampil dalam balutan warna merah menyala pada wearpack barunya. Dia ditemani oleh duet barunya yang baru bergabung dari Ducati Gresini, Enea Bastianini.

    Tim pabrikan Borgo Panigale juga turut memamerkan Desmosedici GP23 untuk pembalap andalannya. Warna merah menyala dengan kombinasi hitam masih mendominasi livery tunggangan Bagnaia dan Bastianini. Tak ada ubahan mencolok dibanding model sebelumnya. Hanya ada sedikit tambahan untuk sponsor, yaitu Monster Energy.

    Baca Juga: Monster Energy Yamaha MotoGP Rilis YZR-M1 2023 dan Livery Baru di Indonesia

     

    Sebagai tim juara di MotoGP 2022, sangat wajar jika semakin banyak brand yang ingin menjadi sponsor tim Borgo Panigale. Hal itu bisa terlihat dengan masuknya beberapa brand baru pada livery motor dan apparel pembalap. Salah satunya Monster Energy yang hinggap ke pangkuan Ducati setelah tahun lalu sempat menjadi sponsor tim Suzuki Ecstar.

    Tak kalah menarik perhatian, nomor balap Pecco –julukan Bagnaia berubah. Meski sempat bingung dalam beberapa bulan terakhir, murid Valentino Rossi akhirnya memutuskan untuk memakai nomor 1. Angka itu ia kenakan buat menyambut musim 2023. Hal itu juga sebagai pertanda bahwa dirinya merupakan seorang juara bertahan. Sementara, Enea Bastianini masih menggunakan nomor 23. Sebagai informasi, nomor 1 terakhir dipakai oleh Casey Stoner pada musim 2012.

    Ducati Desmosedici GP23

    “Sudah terlalu lama sejak terakhir kali melihat nomor satu di MotoGP. Saya selalu mengagumi pembalap yang menggunakan nomor satu. Untuk menghadapi musim baru tentu tidak mudah. Begitu banyak rival yang siap bertarung untuk merebut gelar Juara Dunia. Namun, saya tahu bahwa saya memiliki paket motor terbaik dan tim ini ingin meraih hasil yang baik lagi di musim 2023,” ungkap Francesco Bagnaia.

    Para petinggi tim pabrikan asal Italia itu pun turut hadir dalam acara peresmian. Seperti Paolo Ciabatti selaku Direktur Olahraga Ducati dan Gigi Dall’Igna sebagai General Manager Ducati. Ciabatii pun mengungkapkan target timnya untuk MotoGP 2023.

    “Target kami adalah mengulangi kesuksesan 2022 pada 2023, yakni dalam hal jumlah kemenangan dan gear juara. Walaupun kami sadar itu tidak akan mudah,” ujar Ciabatti.

    Sementara menurut Gigi Dall’Igna musim ini menjadi lebih berat dan memiliki beban sendiri untuk menghadapi musim baru. “Ini adalah tantangan yang sangat berat. Sedikit pembalap yang mampu mengulangi kesuksesannya pada musim berikutnya. Jadi, ini menjadi tantangan yang sangat rumit. Tapi, kami menyukai rintangan dan kami senang untuk meraihnya,” ungkap Gigi Dall’Igna. (BGX/ODI)

     

    Baca Juga: Kolaborasi Federal Oil dan Gresini Racing Berlanjut, Optimis Raih Prestasi Musim 2023

    Model Motor Ducati

    • Ducati Panigale V4
      Ducati Panigale V4
    • Ducati Multistrada 1260
      Ducati Multistrada 1260
    • Ducati MultiStrada
      Ducati MultiStrada
    • Ducati Hypermotard 950
      Ducati Hypermotard 950
    • Ducati Scrambler Cafe Racer
      Ducati Scrambler Cafe Racer
    • Ducati Scrambler Sixty2
      Ducati Scrambler Sixty2
    • Ducati XDiavel
      Ducati XDiavel
    • Ducati Diavel
      Ducati Diavel
    • Ducati Monster
      Ducati Monster
    • Ducati Scrambler Icon
      Ducati Scrambler Icon
    • Ducati Panigale
      Ducati Panigale
    • Ducati Scrambler Classic
      Ducati Scrambler Classic
    Motor Ducati

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Motor Ducati Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor Ducati