Volvo Pakai Google Android Di Dalam Mobil

Volvo Pakai Google Android Di Dalam Mobil

Zaman semakin modern, teknologi pun kian canggih. Tak kecuali teknologi di dalam mobil. Untuk terus menjawab kebutuhan konsumen, manufaktur harus mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya, menyediakan infotainment dan sarana konektivitas dalam kabin yang canggih. Hal itulah yang dilakukan Volvo, menjalin kerja sama dengan raksasa teknologi Google.

1383219_208088_Volvo_with_Android_OS_and_Google_services

Kerja sama itu dibangun untuk menyediakan solusi infotainment dan konektivitas di dalam mobil yang revolusioner. Menggunakan sistem operasi Google Android, Volvo ingin menawarkan layanan dan aplikasi sarat fungsi di dalam mobil mereka. Memang saat ini sudah banyak sistem infotainment mobil yang menawarkan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Namun, itu hanya sekadar solusi konektivitas. Ada juga infotainment yang berbasis sistem operasi Android, tapi lebih berupa tablet yang dibenamkan pada head unit.

"Kami membuat langkah strategi yang penting dengan jalinan kerja bersama Google. Layanan dan platform dari Google, meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyajikan kemungkinan personalisasi lebih, sementra Android menawarkan peningkatan fleksibilitas dari sudut pandang para pengembang," papar Senior Vice President & Development Volvo Car Group, Henrik Green dalam siaran persnya.

Jalinan kerja sama Volvo dengan Google, merefleksikan hubungan antara industri otomotif dan teknologi yang memang memiliki keterkaitan. Pihak Volvo meyakini bahwa hubungan yang pintar, merupakan masa depan dari industri mobil itu sendiri. Dengan menggunakan Android OS sebagai sistem operasi dasar, meningkatkan kecepatan dan fleksbilitas dalam pengembangan sekaligus memungkinkan Volvo untuk menawarkan hal berbeda kepada konsumen mereka.

Jutaan apps dari Android dan layanan Google saat ini kerap digunakan orang dalam keseharian mereka melalui smartphone. Bayangkan kemudahan akses, kepraktisan, dan kecepatan yang bisa didapat konsumen, kemudian jika semua itu hadir di dalam mobil. Kemudahan dan kenyamanan di dalam mobil serta konektivitas dengan dunia di luar mobil, menjadi semakin dekat.

1383201_208091_Volvo_Cars_partners_with_Google_to_build_Android_into_next_generation

"Kami bersemangat untuk menjalin partnership dengan Volvo untuk membawa Android ke dalam konektivitas mobil generasi modern mereka," ungkap Patrick Brady selaku Vice President of android Engineering di Google. "Kerja sama ini memberi kami kesempatan untuk mengantarkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna Volvo melalui platform bertabur fitur dan kaya ekogleosistem dari aplikasi Android dan layanan Google," tambahnya.

Menurut Henrik, dengan adanya Android di dalam mobil mereka, bisa meningkatkan ekosistem sambil tetap mempertahankan antarmuka infotainment Volvo yang ikonik.

Buah kerja sama Volvo dan Google, bakal diterapkan pada model-model baru Volvo yang meluncur dalam dua tahun ke depan. Sementara untuk model Volvo yang saat ini beredar, diberikan peningkatan berupa penambahan layanan Google Local Search, yakni aplikasi pencarian berbasis lokasi dari Google. Layanan itu dirilis melalui update kepada konsumen dengan Sensus Navigation.

Informasi lebih lengkap dan pemaparan teknologi kerja sama Volvo dan Google, dipamerkan pada ajang tahunan teknologi Google I/O pada 17 Mei 2017. [Ardiantomi/RS>

Baca juga: Nasib Volvo Di Indonesia Resmi Beralih Ke Tangan Garansindo

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik