Tata Motors Berniat Memajukan Pedesaan

Tata Motors Berniat Memajukan Pedesaan

Jakarta: Tata Motors bakal serius di pasar komersial, sepertinya segera meluas. Seperti diketahui, pabrikan India ini memang dikenal sebagai penyedia kendaraan niaga yang memiliki porto folio produk yang cukup banyak. Mulai pick up kecil, hingga truk pengangkut hasil tambang. Kiprah mereka juga cukup sukses di pasar otomotif lokal.

Menurur Biswadev Sengupta, Presiden Direktur Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI, pemegang merek Tata Motors di Tanah Air), pihaknya sedang mempertimbangkan untuk masuk lebih dalam ke pasar pedesaan, dengan menyediakan solusi mobilitas. Baik untuk personal maupun operasional.

MAgic Iris

Kendaraan yang dimaksud adalah Tata Magic Iris dan Ace Zip. Magic Iris adalah kendaraan berukuran mikro dengan chassis model ladder frame, yang mampu menampung empat penumpang. Sedang Ace Zip adalah versi pick up, yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkut hasil pertanian.

Mobil ini begitu compact sehingga cocok digunakan di jalanan desa yang sempit. Sebagai penggerak, keduanya mengandalkan mesin diesel berkapasitas 611 cc, dengan konfigurasi satu silinder. Mesin ini mampu menghasilkan daya hingga 11,3 hp, dan memiliki kapasitas tangki BBM 10 liter.

Kalau Anda bingung ukurannya sekecil apa, menurut Biswadev, mobil ini akan hadir untuk menyaingi kendaraan angkutan tiga roda yang banyak beredar dimana-mana. Sebesar itulah kira-kira dengan panjang 3.020 mm, lebar 1.480 mm serta tinggi 1.800 mm .

Ace Zip

Namun Biswadev juga mengatakan bahwa ganjalan untuk bisa memasuki pasar pedesaan adalah faktor pembiayaan. “Masyarakat pedesaan lebih sulit mengambil leasing dibanding yang di kota. Ini yang sedang kami pikirkan.”

Ia juga menambahkan, “Ada 60.000 desa di Indonesia. Satu desa satu mobil, per tahun, bayangkan seperti apa potensinya?” Selain itu, mobilitas pedesaan nantinya akan semakin meningkat dan ekonominya bisa lebih leluasa bergerak.

Tentunya, untuk mewujudkan hal itu, bukan semudah membalikkan telapak tangan. Untuk memajukan wilayah pedesaan, semua pihak perlu turun tangan, termasuk pemerintah. Pabrikan mobil lain ada yang tertarik?

Baca Juga: Tata gandeng Pindad buat kendaraan militer

Foto: Tata Motors India

Model Mobil Tata

  • Tata Xenon
    Tata Xenon
  • Tata Super Ace
    Tata Super Ace
Mobil Tata

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Tata Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Tata