• Wishlist

Penuntut Jerman Merazia Kantor Pusat Volkswagen Wolfsburg, Demi Mengamankan Bukti

Penuntut Jerman Merazia Kantor Pusat Volkswagen Wolfsburg, Demi Mengamankan Bukti

JAKARTA: Kabar terkini yang tersiar mengenai Volkswagen 'Skandal Diesel Bersih' memang semakin menarik, dan kini penuntut Jerman telah menyerbu kantor pusat Volkswagen yang berbasis di Wolfsburg untuk mengamankan berkas dan data hard disk sebagai tindak lanjut prosedur pemeriksaan. Perusahaan Jerman terkenal tersebut diketahui mengelabui konsumennya dan pemerintah dengan menanamkan ‘perangkat pengecoh’ di dalam kendaraan ‘Diesel Bersih’ yang diproduksi sejak tahun 2009. Perusahaan menanamkan piranti lunak tersebut untuk memanipulasi level emisi selama uji coba pengendalian polusi yang dilakukan oleh Agen Pelindung Lingkungan Amerika. Perusahaan kemudian mengakui kesalahannya dan memastikan akan mengganti perangkat tersebut dan bekerjasama dengan agen yang ditunjuk untuk melakukan penyelidikan.


Baca Juga: Volkswagen Menerima Tenggat Waktu Hingga 7 Oktober, untuk Membuat Situs demi Menyelesaikan ‘Skandal Diesel’


Setelah dirazia, perusahaan juga menyatakan bahwa mereka akan membantu penyelidikan hingga semua permasalahan selesai. Pejabat terkait Volkswagen juga menyebutkan bahwa pihak yang ditunjuk oleh komite penyelidikan telah mengambil beberapa dokumen dan perangkat penyimpanan data untuk diteliti lebih dalam dan mengetahui kapan dan di mana pengecohan tersebut terjadi. Pernyataan yang diberikan oleh Mr. Michael Horn – selaku Presiden dan CEO Volkswagen Group Amerika mungkin akan menempatkan perusahaan ini dalam masalah besar. Mr. Horn, dalam pengakuan tertulisnya juga menyebutkan bahwa, “Pada musim semi 2014 ... Saya diberitahukan bahwa persyaratan emisi dapat ditangani. Saya juga diberitahukan bahwa mekanik perusahaan akan bekerjasama dengan agen untuk memecahkan masalah tersebut.” Keseluruhan skandal memang telah menjadi sorotan sejak 18 September 2015, ketika Penegak Hukum Amerika mengungkapkan kesalahan VW kepada masyarakat.


Untuk menghadapi investigasi dan kemarahan masyarakat, perusahaan juga telah menyikapinya dengan tenang dan memastikan dealer dan konsumennya bahwa segalanya akan menjadi normal, hanya menunggu waktu. VW telah menarik aplikasinya untuk mobil diesel sel untuk model tahun 2016 di Amerika setelah terungkapnya skandal ini. Namun kini pabrikan mobil Jerman ini menyakinkan bahwa perusahaan akan mengembalikan kembali mobil diesel sel untuk model tahun 2016 di showroomnya, dan tentunya ini merupakan kabar gembira bagi dealer. Namun sebelum mewujudkan hal ini, perusahaan masih harus menghadapi serangkaian investigasi dan ‘membersihkan’ reputasinya.


Baca Juga: Volkswagen Memperketat Prosedur Penarikan Mobil yang Terpengaruh ‘Diesel Bersih’

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store