Penerus Subaru WRX Tampil Misterius dalam Teaser, Diduga Mencampur Gaya Sedan dan Crossover

Penerus Subaru WRX Tampil Misterius dalam Teaser, Diduga Mencampur Gaya Sedan dan Crossover

Penerus keluarga sedan berdarah reli asal Jepang sudah siap berganti generasi dan lakoni debut. Jelas bukan Mitsubishi Evo yang sedang vakum melainkan Subaru WRX. Dikonfirmasi ia bakal mejeng di New York Auto Show pada 19 Agustus mendatang. Seiringan dengan itu, baru-baru ini pabrikan sedikit bocoran wujudnya lewat video dan foto.

Turunan darah leluhur tampaknya benar-benar ingin ditegaskan oleh pabrikan. Sang sedan sport dibuat terlihat menggoda di balik kepulan debu powerslide di danau kering. Kurang identik apa lagi dengan nuansa reli. Kendati begitu, hanya sedikit detail guratan tubuh yang bisa dilihat. Jadi pertanyaan, apakah WRX akan dibuat benar-benar gahar?

Subaru WRX Teaser

Sekilas dilihat, ia justru tampak bakal menganut rancangan profil sedan pada umumnya. Setidaknya dari profil kaca tergambar cukup konvensional tanpa upaya untuk tampil nyentrik. Tapi itu dari jendela, bisa jadi lain cerita ketika sudah mau buka-bukan mempertontonkan otot tubuh.

Arahan desain konsep Viziv Performance STi nan atletis boleh dijadikan acuan imajinasi meski mungkin tidak seflamboyan itu. Minimal, penerus WRX ini diketahui akan melantangkan garis keturunan. Kuat terasa pada pahatan rongga ikonik di kap mesin. Guratan bokong dipertontonkan sedikit lebih jelas. Sporty, memainkan spoiler ekor itik dengan sedikit ceruk di tengah. Dapat diekspektasikan grafis lampu huruf C seperti di Viziv meramaikan.

Baca juga: Subaru Lansir Teaser Solterra, SUV Listrik Kembaran Toyota bZ4X Concept

Subaru VIZIV Performance STI Concept Subaru VIZIV Performance STI Concept

Namun ada sedikit kejanggalan pada WRX ini sebab berpotensi terlihat seperti perkawinan silang antara sedan dan crossover. Well, mungkin saja ia mendapatkan sentuhan cladding sepatbor dalam format bodi sedan sebagaimana ditampilkan Viziv. Hal seperti itu bisa dilihat pada video teaser meski belum diketahui sebanyak apa ramuan crossover yang dituangkan Subaru. Akan dibuat jangkung atau tidak, itu masih jadi tanda tanya.

Urusan pemacu juga saat ini belum bisa diketahui pasti. Konon berbekal unit FA-Series teranyar, flat-four 2.400 cc turbo, yang sudah diusung Ascent, Outback, dan Legacy. Andai tidak ada diferensiasi potensi, WRX siapkan tenaga 260 hp dengan torsi 376 Nm. Namun itu semua belum pasti, mungkin saja WRX menyuguhkan output lebih besar mengingat ia membawa kesan sporty. Kabarnya bisa sampai lebih dari 300 hp.

Sudah sewajarnya penerus menyiapkan penyempurnaan dari leluhur. Lebih masuk akal bila akhirnya sanggup gelontorkan tenaga lebih besar sebab model eksis saja mampu produksi 268 hp. Tapi terlepas dari itu, setelah WRX bisa kita harapkan kedatangan puncak performa STi. Ini lebih fantastis lagi, dirumorkan mengadopsi pemacu sekuat 400 hp. Benarkah demikian? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Subaru. Mungkin ada satu bocoran lain sebelum lakoni debut. (Krm/Raju)

Sumber: subaru, carscoop, motortrend

Baca juga: Merek Subaru Bakal Kembali, Model Apa Saja yang Bakal Tersaji?

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik