MPV Terbaru VW Siap Meluncur April Dengan Platform Serupa Golf

MPV Terbaru VW Siap Meluncur April Dengan Platform Serupa Golf

Meski di Indonesia tak banyak terdengar namun Volkswagen terus mengembangkan mobil bergenre Multi Purpose Vehicle (MPV). Pekan lalu mereka melansir satu foto yang disebut sebagai generasi terbaru Transporter. Tapi kini, mobil ini tertangkap sedang uji jalan, bahkan sempat terlihat varian PHEV dites di sirkuit Nurburgring, akhirnya 26 Maret lalu. Itulah yang mendasari VW meluncurkan gambar teaser untuk MPV terbaru mereka, T7. Tampak modern dengan grille berhias lampu LED, yang tampak menyatukan kedua lampu utama. Hari ini, spyshot T7 dengan kamuflase minimalis menyebar di dunia maya. Dan kalau melihat kandungan kamuflase tersebut, plus foto teaser, kemungkinan besar mobil ini akan hadir bulan depan.

Yang Anda lihat di sini adalah spyshot Transporter T7 Multivan, versi penumpang dengan tiga baris kursi dari MPV andalan pabrikan Wolfsburg, Jerman itu. Lebih jelas dari foto teaser, T7 terlihat memiliki paras dengan desain VW terkini.

Media luar mengatakan ada beberapa elemen desain yang diambil dari MPV konsep VW Budd-E. Namun kami tidak dapat melihatnya. Yang pasti bentuk boxy khas VW Transporter masih dipertahankan. Meski bisa terlihat juga sudut-sudutnya memiliki lekukan yang lebih halus. Tambahan kaca segitiga antara pillar A dan jendela di pintu akan membuat visibilitas bertambah. Hal yang wajar dengan kaca depan yang lebih rebah dari sebelumnya.

Buritannya tampak rapi dan pintu bagasi yang sedikit berlekuk, tidak lagi tegak lurus macam pintu garasi. Desain lampu belakang terlihat agak tanggung dengan garnish yang terpasang di penutup bagasi. Dan entah kenapa bagian ini mengingatkan kami pada Hyundai H-1 yang lumayan laris di Tanah Air. Spoiler terlihat bertengger di atas penutup bagasi untuk meningkatkan aerodinamika.

Pintu geser di belakang tetap dipertahankan untuk akses keluar masuk yang mudah. Lagi-lagi khas van bertubuh besar. Secara keseluruhan, T7 tampak lebih modern dan berkelas dibanding generasi sebelumnya.

Baca juga: SUV Volkswagen Terlaris Kini Punya Varian Plug-in Hybrid, Bisa Meluncur 50 Km

VW T7 minivan spyshot

Sharing Platform dengan Golf

Informasi yang beredar menyebutkan platform MQB dikatakan jadi basis, sama seperti yang digunakan oleh Golf dan beberapa produk VW terkini. Sama seperti pabrikan besar lainnya menggunakan basis yang sama untuk beberapa model. Karena itu, tidak heran kalau ada beberapa teknologi dan spesifikasi yang dibagi antara keduanya. Contoh, layar monitor ganda yang mendominasi dashboard.

Sayangnya tak semua informasi dibuka VW. Misalnya saja, penggerak yang digunakan masih misteri. Yang pasti varian PHEV hanya tersedia untuk Multivan. Dengan mengandalkan platform serupa, diperkirakan sumber tenaganya sama dengan Golf GTE. Empat silinder 1,4 liter turbo (bensin) dengan motor elektrik yang menghasilkan 245 PS plus torsi sebesar 400 Nm. Untuk varian Transporter, spesialis angkut barang yang laris di Eropa, mesin turbo diesel 2,0 liter akan tersedia.

Di luar itu, kemungkinan Transporter bermesin konvensional penenggak bensin masih akan tersedia. Juga, tidak perlu heran kalau nanti ada versi elektrik sepenuhnya mengingat VW sedang getol memproduksi mobil listrik. Versi penggerak roda depan dan AWD (All Wheel Drive) bisa dipilih untuk semua jenis, dengan transmisi otomatis atau manual.

Lalu pertanyaannya adalah akan seberapa menarik mobil ini? Mengingat keluarga VW T6 juga masih enak dipandang. Jawabannya mungkin beragam dan harus menunggu hingga VW memperlihatkan detailnya. Yang pasti, informasi lengkap soal kandungan teknologi dan detail penggunaan platform MQB pada mobil angkutan bongsor seperti ini bikin kami penasaran. (Ddn/Raju)

Sumber & Foto: Motor1

Baca juga: Volkswagen Rilis Teaser Golf R, Digadang Sebagai Versi Paling Bertenaga dalam Sejarah

Model Mobil Volkswagen

  • Volkswagen Polo
    Volkswagen Polo
  • Volkswagen Tiguan Allspace
    Volkswagen Tiguan Allspace
Mobil Volkswagen

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Volkswagen Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Volkswagen