Jaguar E-Type Reborn Pukau Gelaran Techno-Classica Essen Show 2017

Jaguar E-Type Reborn Pukau Gelaran Techno-Classica Essen Show 2017

Jika Anda tak puas hasil restorasi bengkel spesialis non-resmi, Jaguar Classic mampu menciptakan hasil seperti versi originalnya. Divisi ini didirikan Jaguar, khusus untuk merestoriasi mobil-mobil klasik mereka.

mesin jaguar e-type

Setelah sukses dengan E-Type Lightweight dan Jag XKSS, program ini berlanjut dengan Jaguar E-Type yang unit pertamanya tampil perdana di Techno-Classica Essen Show 2017 (5-9/4). Total 10 unit Jaguar E-Type yang direstorasi tangan-tangan ahli di divisi Jaguar Classic. Seluruh unit tadi dijual untuk umum dan tersedia di Jaguar Land Rover Classic Works di Inggris.

Tujuan Jaguar Classic menghidupkan kembali E-Type, untuk menawarkan konsumen prospektif mereka sebuah kesempatan unik memiliki mobil klasik Jaguar dengan kondisi seperti baru. Semakin bernilai, lantaran prosesnya dilakukan sendiri oleh pihak manufaktur yang membuat mobil itu lebih dari 50 tahun lalu.

interior Jaguar e-type

Setiap E-Type yang direstorasi, dikembalikan kondisinya seperti baru sesuai spesifikasi asli saat keluar dari pabrik di 1960an. Originalitas suku cadang dan catatan nomor sasis, dijamin serta disertifikasi oleh Jaguar Heritage Trust, yang tugasnya mengarsipkan sejarah kendaraan Jaguar. Pemakaian cuku cadang asli sangat penting untuk mengembalikan nilai keaslian E-Type. Tugas itu diserahkan kepada Jaguar Classic Parts.

Mobil pertama yang dipilih adalah E-Type Series 1 4.2 Fixed Head Coupe lansiran 1965 berwarna Opalescent Gunmetal Grey. Mobil ini dikirim ke California pada Mei 1965 dan odometernya telah menempuh 124.800 km sebelum disimpan pada 1983. Kondisinya masih asli mulai dari nomor rangka, mesin dan girboks yang sesuai.

Suku cadang maupun panel bodi yang masih dalam kondisi baik, sebisa mungkin diperbaiki lagi atau tetap dipertahankan. Sementara bila kondisinya tergolong cukup parah, Jaguar Classic Parts yang membuatkan suku cadang pengganti. Bodi merupakan bagian paling krusial, terutama dalam menghilangkan korosi dan mengembalikan bentuk seperti sedia kala tanpa cacat. Itulah mengapa dibutuhkan tangan-tangan ahli.

Dikutip dari Newspress, Tim Hannig, Director Jaguar Land Rover Classic berkata, “Peluncuran E-Type Reborn merupakan pengembangan yang menggembirakan bagi Jaguar Classic. E-Type adaah mobil sport Jaguar paling ikonik sepanjang masa, sehingga kami sangat senang jika dapat memberikan kehidupan baru beberapa unit terpilih untuk dimiliki dan dinikmati konsumen kami dari seluruh dunia.”

Mobil yang diluncurkan pertama kali di Geneva Motor Show 1961 ini, memiliki desain anggun terinspirasi pesawat jet. Tak hanya bermodalkan tampang, E-Type juga memegang rekor performa di era 1960an dengan kecepatan puncak mencapai 240 km/jam. Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam 7 detik dengan total tenaga 265 hp yang bersumber dari mesin 6-silinder inline 3.781cc atau 4.235cc.

Tak ayal popularitasnya sangat tinggi pada masa itu. Para bintang seperti Steve McQueen, George Best, Sir Jackie Stewart, Brigitte Bardot, hingga Frank Sinatra memilikinya. Lebih dari 50 tahun berlalu, sensasi mobil ini tak pernah luntur. Anda pun dapat mempunyai dalam kondisi sangat segar. Siapkan saja dana mulai dari £285.000 (Rp. 4,7 miliar).

Baca Juga: Ferrari bekas Donald Trump tidak laku!