Bulan Depan, VW Polo GTI Meluncur Lebih Ganas Bawa Teknologi Canggih

Bulan Depan, VW Polo GTI Meluncur Lebih Ganas Bawa Teknologi Canggih

Volkswagen polo GTI facelift, sketsa terbarunya beredar baru-baru ini. Gambar tersebut muncul beberapa minggu setelah Volkswagen meluncurkan Polo Mk6 terbaru pada April 2021 lalu. Sejak generasi terbaru Polo resmi lahir pada tahun 2017, Volkswagen belum juga menghadirkan versi performanya dalam line up mereka. Nah, Polo versi kencang akan segera diperkenalkan dalam waktu dekat, yaitu Polo GTI edisi facelift. Jadwal debutnya sudah diumumkan, yaitu untuk bulan depan.

Versi terbaru dari subkompak hatchback akan menduduki peringkat teratas saat tayang perdana pada akhir Juni. Ini akan mengikuti resep tradisional, dengan " front-wheel drive torsi tinggi, dynamically tuned sports chassis dan expressive design", menurut pembuat mobil, yang akan membantunya "menonjol dari keramaian".

Volkswagen sudah merilis gambar sketsa desain Polo GTI terbaru, yang rencananya diperkenalkan saat acara tahunan GTI di Lake Worthersee, Austria. Gelaran tersebut awalnya dijadwalkan untuk tanggal 12-15 Mei 2021, namun dibatalkan untuk kedua kalinya setelah tahun lalu, terkait situasi pandemi yang belum usai. Akhirnya, debut Polo GTI ditunda ke bulan Juni, dengan tanggal yang belum diumumkan.

Dibandingkan versi standarnya, Polo GTI punya upgrade penampilan yang lebih sporty dan agresif sesuai temanya. Dari sketsa, terlihat ubahan terjadi pada grille depan yang lebih menonjol, yang dihiasi emblem GTI di dekat lampu. Fascia depan juga berubah bertampang lebih tajam, diikuti strip LED yang mendominasi bagian grille. Sementara intake bawah yang lebar dihiasi oleh aksen body menyerupai sirip.

Besar kemungkinan unit Volkswagen GTI facelift mengusung pelek 18 inci, yang jika dilihat dari samping terlihat lebih berisi.

Volkswagen Polo 2022 Volkswagen Polo 2022

Ditargetkan menjadi penantang Ford Fiesta ST, Polo GTI terbaru diklaim akan memberikan “kedinamisan berkendara yang luar biasa pada perpaduan penggunaan sehari-hari yang luar biasa”. Di sisi lain, VW juga menjanjikan “kedinamisan murni dan desain yang ekspresif” dari hatchback sporty tersebut. Sementara lampu utama sudah menggunakan LED sebagai standar, lampu belakang akan didesain ulang dengan diberikan teknologi IQ Light.

Di samping perubahan tampilan dan peningkatan performa, VW akan hadirkan sejumlah opsi fitur driver assistance untuk Polo GTI. Fitur-fitur dimaksud di antaranya termasuk Travel Assist dan sistem semi otonom Level 2. Dari semua varian Polo Mk6 yang ada mulai dari Life, Style, R-Line, sampai GTI, fitur canggih tersebut kemungkinan besar akan tersedia di trim tertinggi.

Upgrade lain untuk Polo GTI versi facelift ini adalah sistem infotainment MIB3 yang diadopsio oleh pabrikan asal Jerman ini dari Golf terbaru. Sistem ini akan menyertai kontrol slider touch-sensitive yang digunakan sebagai pengaturan AC. Untuk bagian interior, belum didapatkan informasi lebih lanjut, tetapi diharapkan: kursi depan dengan tambahan pelapis samping dan pelapis tartan, logo GTI di roda kemudi dan shift knob, dan mungkin grafik yang direvisi untuk layar infotainment dan cluster instrumen digital.

Selain fitur canggih dan tampang modern, Polo GTI 2021 akan tetap mengandalkan mesin empat silinder 2,0 liter turbocharged. Mesin yang juga diadopsi dari Golf itu kabarnya akan menghasilkan tenaga 209 hp, meningkat dari versi pre-facelift yang hanya 202 hp. Polo GTI hanya ditawarkan dengan transmisi otomatis dual-clutch (DSG), yang terhubung dengan roda depan.

Sejauh ini hanya itu informasi yang tersedia soal Polo GTI facelift. Informasi dan spesifikasi selengkapnya akan terungkap saat Polo GTI diungkap ke publik. Selain Fiesta ST, Polo GTI akan ditantang juga oleh Peugeot 208 GTI, Renault Clio RS dan Hyundai i20N.

Bagaimana peluangnya masuk Indonesia? Rasanya cukup terbuka. Pasalnya model berperforma tinggi cukup digemari di Tanah Air. Sayangnya, saat ini VW di Tanah Air kurang agresif memasarkan produknya. Terbukti cuma tersedia dua model: Polo dan Tiguan Allspace.

Polo yang tersedia juga masih model lama yang meluncur pada Januari 2020. VW Polo di Indonesia dibanderol Rp 295 juta untuk versi standar. Tersedia pula varian VRS, dengan paket performance kit yang bisa menghasilkan tenaga mencapai 140 dk. VW Polo VRS dibanderol Rp 335 juta. (Why/Raju)

Sumber: Autocar

Baca juga: Ragam Promo Perawatan Kendaraan APM Jelang Libur Lebaran

Model Mobil Volkswagen

  • Volkswagen Polo
    Volkswagen Polo
  • Volkswagen Tiguan Allspace
    Volkswagen Tiguan Allspace
  • Volkswagen Tiguan
    Volkswagen Tiguan
Mobil Volkswagen

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Volkswagen Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Volkswagen