Uniknya Motor Listrik Harley-Davidson

Uniknya Motor Listrik Harley-Davidson

Harley-Davidson selalu lekat dengan ciri khas memiliki suara knalpot berisik. Maka ketika pabrikan kuda besi legendaris asal Amerika Serikat itu ingin memproduksi motor listrik, pastinya terdengar aneh. Kenapa? karena kebanyakan motor listrik bersuara senyap. Pernahkah Anda membayangkan Harley-Davidson tanpa suara?

Biarpun ada pro dan kontra, namun kenyataannya Harley-Davidson tetap fokus pada rencananya memproduksi motor listrik dengan nama Project Livewire.

Harley-Davidson Project Livewire 01

"Kami sudah menunjukkan prototype dari electric Livewire (beberapa tahun lalu) dan projek ini masih berlangsung serta berjalan baik. Kami memang belum tahu kapan meluncurkannya, tapi progresnya baik dan kami pasti meluncurkannya," ujar Vice President Harley-Davidson Museum, Bill Davidson saat hadir dalam perayaan 100 tahun keberadaan perusahaannya di Australia, seperti dikutip laman Drive.

Dia menjelaskan, motor listrik itu tidak seperti yang sudah diluncurkan kompetitor. Harley-Davidson membuatnya mampu mengeluarkan suara bising. Meski suara yang keluar, tidak akan sama persis seperti motor konvensional dengan mesin V-twin.

Harley-Davidson Project Livewire 04

"Saya bisa membeberkan bahwa filosofi yang ada di V-twin juga kami aplikasikan pada motor listrik dalam hal suara, performa dan rasa berkendara. Suara khas kami sangat unik berbunyi potato-potato-potato... dan kami tahu karena keunikan itu kami ingin buat sesuatu yang sama pada motor listrik," papar cucu dari founder Harley-Davidson, William A. Davidson.

"Dan kami sedang membuat suara unik melalui beragam teknologi. Kami sudah mempelajari kompetitor dan kami mengerti bahwa apa yang sudah mereka buat dan kami tidak ingin suara normal untuk motor listrik. Saya sering menyamakannya dengan suara mesin pesawat jet," tambahnya.

Harley-Davidson Project Livewire 03

Harley-Davidson Project Livewire, memiliki baterai berkekuatan 7 kWh yang sanggup menggerakkan motor listrik dengan tenaga maksimal 74,77 PS dan torsi puncak 70 Nm. Bila dibandingkan, maka kemampuan itu dapat disetarakan dengan Harley-Davidson varian 883 Sportster. Menariknya lagi, baterai itu diklaim bisa diisi ulang dalam waktu beberapa jam saja. Daya jelajahnya mencapai 85 Kilometer.

Bill juga mengungkapkan keyakinannya atas kesuksesan motor ini di masa depan. Menurutnya, masyarakat di masa mendatang yang bosan dengan mobil autonomous tentu mencari motor listrik sebagai pelarian. "Saya pikir berkendara dengan motor membuat Anda terbebas dan menikmati alam sambil bersenang-senang," paparnya.

Baca Juga: Street Rod 750, Motor Murahnya Harley-Davidson

Sumber: drive.co.au

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store