Standar Euro 4 Diesel Masih Lama, Isuzu Sudah Antisipasi

Standar Euro 4 Diesel Masih Lama, Isuzu Sudah Antisipasi

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018) menjadi titik acuan penting bagi industri otomotif. Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo bersama pemerintah, menggunakan momen ini untuk mendeklarasikan standar Euro 4 bagi mesin bensin. Namun, Isuzu Indonesia (IAMI) menyatakan siap beralih dari teknologi mesin diesel dari Euro 2 ke Euro 4, meski aturan emisi diesel baru efektif pada 2021. Mengantisipasi hal itu, Isuzu sejak 2011 sudah meluncurkan truk medium duty Isuzu Giga, dengan teknologi common-rail.

Aturan emisi Euro 4 sudah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Mobil bermesin bensin berlaku mulai September 2018, sementara untuk mesin diesel efektif pada 10 Maret 2021. Penerapan Euro 4 bertujuan mengurangi pencemaran udara, yang disebabkan emisi gas buang kendaraan bermotor.

Meski penetapan standar Euro 4 pada mesin diesel masih lama, namun IAMI mengaku siap. "Kami senang mendengar persiapan Euro 4, karena memang kita harus sama- sama mendukung kemajuan negara Indonesia. Bahkan negara- negara lain sudah melakukan itu seperti Singapura, Thailand dan negara lainnya sudah beralih ke Euro 4 dan bahkan lebih. Isuzu sudah sangat siap menghadapi regulasi pemerintah mengenai Euro 4, karena kami sudah memiliki engine yang mendukung Euro 4 sejak 2011, yaitu engine common-rail,” papar Ernando Demily, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Untuk diketahui pula, bahan bakar standar yang mendukung spesifikasi Euro 4 harus sudah mengantongi nilai Research Octane Number yang disepakati, seperti RON 92, RON 95 serta Solar 51. Belum selesai di situ saja. Standar BBM juga tak boleh mengandung kadar sulfur lebih dari 50 part per milion (perbandingan konsentrasi zat terlarut dan pelarutnya).

Nah, dalam kaitanya dengan standar baru itu, selain kesiapan produk, layanan purnajual bagi Isuzu juga menjadi penting. Salah satunya dari sisi kemampuan mekanik dalam menangani teknologi baru. Isuzu mengaku terbiasa menangani teknologi common-rail. Hal ini dikuatkan dengan kemenangan mekanik Isuzu Indonesia dalam Isuzu World Technician Competition CV (Commercial Vehicle) Division atau I-1 Grand Prix yang ke-12 di Jepang.

“Kemenangan tim mekanik ini membuktikan, Isuzu Indonesia terus menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam hal After Sales Service, didukung oleh mekanik-mekanik yang andal. Isuzu Indonesia sangat siap menghadapi tantangan di masa depan, baik dengan produk unggulan Isuzu, servis dan feature-feature yang dikembangkan terus oleh Isuzu Indonesia. Jadi untuk Euro 4 kita siap,” pungkasnya. (Alx/Odi)

Baca Juga: Isuzu Giga FVM 34 U dan Elf NMR 81 Siap Dirilis

Model Mobil Isuzu

  • Isuzu Traga
    Isuzu Traga
  • Isuzu D Max
    Isuzu D Max
  • Isuzu MuX
    Isuzu MuX
Mobil Isuzu

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Isuzu Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Isuzu