Pakai Kosmetik, Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition Dijual Rp 1,02 Miliar

Pakai Kosmetik, Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition Dijual Rp 1,02 Miliar

Menjelang kelahiran generasi terbarunya, Mercedes-Benz Indonesia menggunakan bulan pertama 2021 ini untuk memperkenalkan edisi khusus C-Class. Mercedes-Benz Distribution Indonesia sebagai pemenang merek Jerman itu melepas dua model sekaligus yang mendapat kosmetik AMG dan emblem Final Edition.

Ada dua varian Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition yang ditawarkan. Mercedes-Benz C200 AMG Final Edition dijual Rp 920 dan Mercedes C300 AMG Final Edition dihargai Rp 1,02 miliar. Harga tersebut belum termasuk pajak alias off the road. Kedua Final Edition akan tersedia di diler resmi kami mulai Januari 2021.

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk-jun menerangkan, dua model sedan C-Class itu menghadirkan perpaduan antara karakteristik penampilan yang sportif, fitur keselamatan unggulan, dan tingkat fungsionalitas yang tinggi.

Dirakit di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, C-Class AMG Final Edition disebut telah berevolusi untuk memenuhi kebutuhan sedan luxury pelanggan di Indonesia. "Tampilannya dikombinasikan dengan sporti dan ada banyak fitur keselamatan," kata dia dalam acara virtual, Jumat, 22 Januari 2021.

Mercedes-Benz C 200 Final Edition

C 200 AMG Final Edition

Dari luar, tampilan baru C-Class mendapat kosmetik AMG yang membuatnya tampil sporty ketimbang model standar. Hal ini mewujud lewat karakteristik yang ditonjolkan pada desain lampu depan serta belakang.

Bagian wajah menampilkan diamond radiator grille sebagai standar, tetapi bumper depan telah didesain ulang untuk semua varian. Dengan eksterior AMG, kendaraan ini menggunakan apron depan dengan geometri baru dan desain baru di bagian belakang.

Department Manager Product, Pricing, and Ordering Management MBDI, Radite Erlangga mengatakan C 200 memakai body kit AMG Line yang lebih sporty dengan velg desain AMG-Line palang lima. “Bagasi C 200 AMG Final Edition bisa buka tutup otomatis secara elektronik. Fitur ini tidak ada pada model C200 yang pertama diluncurkan,” kata Radite.

Bicara soal spesifikasi mesin, C 200 AMG Final Edition menggendong mesin berkapasitas 1.991 cc 4 silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 204 hp pada putaran 5.800 – 6.100 rpm dan torsi 300 Nm pada 1.600 – 4.000 rpm.

Baca juga: Mercedes-Benz Sediakan Layanan Uji Emisi di 6 Diler dan Bengkel

Mercedes-Benz C 300 Final Edition

C 300 AMG Final Edition

Sementara itu C 300 AMG Final Edition ditenagai mesin 1.991 cc 4 silinder dengan tenaga maksimal 258 hp dan torsi 370 Nm. Seluruh tenaga dari kedua mobil ini disalurkan melalui pilihan transmisi 9-percepatan Tronic otomatis.

Sama seperti sepupunya, Mercedes-Benz C 300 AMG Final Edition juga menggunakan body kit AMG Line dengan velg Mercedes-AMG C 43. C 300 AMG Final Edition dilengkapi dengan velg light-alloy ukuran 19 inci dengan desain AMG 5-twin-spoke. Pada C 300 AMG Final Edition juga terdapat panoramic sliding sunroof sebagai standar yang membuat kesan visual unik jika dilihat dari luar.

Lampu depan MULTIBEAM LED dengan ULTRA RANGE high beam untuk C 300 AMG Final Edition. Masing-masing lampu depan dilengkapi 84 LED yang dapat dikontrol secara individual. Ini memungkinkan penyesuaian lampu depan yang sangat cepat dan tepat serta dapat dikontrol secara elektronik agar sesuai dengan kondisi lalu lintas.

Untuk model ini, bagian interiornya menggunakan stir dan pedal AMG, dengan trim kayu open pore ash wood, dan ada konsol analog di bagian tengah. "C 300 juga dilengkapi dengan kamera 360 derajat, ada juga sistem suara burmeister dan panoramic sunroof yang memanjang dari depan ke belakang,” tutur Radite.

Baca juga: Debut Perdana SUV Ringkas Mercedes-Benz EQA

Mercedes-Benz C-Class Final Edition

Interior Sama

Di interior belakang, kedua mobil C-Class 2021 itu terlihat sama. Keduanya memiliki AC belakang, tirai kanan-kiri, power outlet 12V dan armrest. Untuk C 300 Final Edition memiliki AC tambahan di belakang dengan pengaturan suhu dan kecepatan kipas. Tirainya juga otomatis di kaca belakang yang tombol buka-tutupnya di konsol tengah.

C-Class AMG Final Edition baru hadir dengan Active Brake Assist yang sudah disempurnakan sebagai standar. Fitur ini dapat membantu mengurangi potensi dan sepenuhnya menghindari tabrakan dari belakang untuk situasi kendaraan dalam kecepatan rendah, akan berhenti atau ketia ada kendaraan berhenti di depan, dan bahkan ketika pejalan kaki dan pengendara sepeda menyeberang.

C-Class AMG Final Edition menampilkan sistem bantuan mengemudi Mercedes-Benz terbaru yang menawarkan dukungan kooperatif pengemudi, oleh karena itu memberikan tingkat keselamatan aktif yang lebih tinggi, termasuk Blind Spot Assist untuk C 200 AMG Final Edition dan C 300 AMG Final Edition. Varian selanjutnya dilengkapi dengan Active Lane Keeping Assist dan sistem PRE-SAFE sebagai standar. (Raju)

Baca juga: Sejarah Mercedes-Benz Sebagai Pionir Mesin Diesel di Mobil Penumpang