Fiat 500X Diduga Mencurangi Uji Emisi

Fiat 500X Diduga Mencurangi Uji Emisi

Mencurangi uji emisi, ternyata tidak hanya dilakukan Volkswagen Group. Kementerian transportasi Jerman, menemukan sebuah alat yang diduga sebagai pengendali emisi di mobil Fiat 500X, dan langsung membuat sibuk pabrikan Italia itu.

crossover fiat

Dilansir media Jerman Der Spiegel, yang dikutip oleh Automotive News Europe, Fiat menyangkal pihaknya memasang alat yang bisa mendeteksi pengujian emisi. Pihak kementerian transportasi Jerman sendiri, tidak menyebutkan secara perinci, tapi menurut mereka ada sistem di pengolahan emisi knalpot yang non aktif 90 menit setelah pengujian dilakukan.

500X bersaing dengan MINI COuntryman

Pihak kementerian juga pernah menemukan alat serupa, yang otomatis mati setelah 22 menit. Sekadar informasi, siklus pengujian emisi yang dilakukan pemerintah Jerman, berlangsung tidak lebih dari 20 menit.

Fiat Chrysler Automobile (FCA) menolak berkomentar. “Kami tidak berada dalam posisi mengomentari pengujian KBA (otoritas transportasi federal Jerman), yang hasilnya merupakan dokumen internal mereka. Kami juga tidak bisa berkomentar karena belum melihat langsung hasil pengujiannya,” ujar salah satu juru bicara FCA.

500X diduga punya alat curang uji emisi

Januari lalu, pemerintah Italia mengeluarkan surat izin edar Fiat 500X, setelah lolos uji emisi. Mereka tidak mendapatkan atau menemukan alat apapun yang bisa mengakali uji emisi ini. Berdasarkan hal itu, FCA kemudian mengkonfrontir pernyataan otoritas Jerman, bahwa mobil mereka ‘bersih’ dari segala kecurangan.

Otoritas transportasi Jerman sendiri menolak menjelaskan lebih dalam dan mengatakan akan membawa kasus ini ke komisi Uni Eropa.

Fiat 500X adalah varian anyar dari keluarga Fiat 500, yang memiliki bentuk corssover. Selain lebih besar dari anggota keluarga yang lain, mobil ini juga lebih panjang dan terlihat gagah. Mobil ini diperkenalkan pertama kali di Paris Motor Show 2014, dan dibekali pilihan penggerak roda depan atau AWD.

Sumber penggeraknya ada beberapa opsi, baik bensin maupun diesel. Tenaga kemudian disalurkan melalui transmisi 6-speed manual atau otomatis 6-speed dengan koplilng ganda. Untuk 500X berpenggerak AWD, Fiat memberikan transmisi 9-speed otomatis terbaru karya Fiat Chrysler.

Di pasaran, mobil ini bersaing dengan beberapa crossover kecil lainnya seperti MINI Countryman, dan sejenisnya.

Baca Juga: Fiat 500 kembali untuk meraih sukses

Model Mobil Fiat

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store