First Drive Wuling Alvez EX: Habitat Cocok di Perkotaan, Enak Buat Harian

First Drive Wuling Alvez EX: Habitat Cocok di Perkotaan, Enak Buat Harian
Contents

Wuling Alvez meluncur saat IIMS 2023, Februari lalu. Langsung mencuri perhatian, khususnya untuk pemerhati SUV kompak. Meski tidak begitu heboh prosesi peluncurannya, dampak kehadirannya terasa bagi dunia otomotif Indonesia. 

KEY TAKEAWAYS

  • Review Wuling Alvez EX

    Wuling Alvez sudah cocok untuk dipakai di perkotaan, perlu sedikit pembiasaan untuk dipakai perjalanan jauh luar kota
  • Bagaimana tidak? Dengan banderol tertinggi tidak sampai Rp300 juta, Wuling menawarkan model SUV yang sekelas dengan Honda HR-V, Hyundai Creta, Mazda CX-3 dan Kia Seltos. Harga di bawah rata-rata pemain lain di kelasnya sudah menjadi salah satu ciri khas produk Wuling selama eksis di sini. Tapi Alvez tidak sekadar harga murah, melainkan turut menawarkan daftar panjang fitur dan teknologi unggulan.

    OTO Media Group sudah mencicipi First Drive Wuling Alvez secara singkat di sela berlangsungnya IIMS 2023. Lalu pekan lalu, selama dua hari saya berkesempatan coba Alvez menempuh perjalanan antar kota. Atas undangan Wuling Motors, kami mengikuti media test drive Alvez dari Solo menuju Wonogiri, lalu finis di Yogyakarta. Menjadi momentum untuk lebih bisa merasakan impresi menyeluruh dari adik Almaz ini.

    Wuling Alvez

    Selama perjalanan sepanjang sekitar 250 kilometer menyusur pesisir selatan Jawa, saya bersama rekan media lainnya berbagi unit Alvez EX, varian tertinggi. Banderolnya saat ini Rp295 juta (OTR Jakarta), menjadi varian tertinggi compact SUV dengan harga termurah dari yang lain di kelasnya. Tentunya varian ini dibekali fitur paling lengkap, serta drivetrain dengan transmisi CVT. Begini impresi saya selengkapnya.

    Desain

    Secara pribadi saya langsung tertarik dengan Alvez bahkan saat baru melihat tampilannya. Menurut saya desain eksterior Alvez tidak dramatis, tanpa tarikan garis agresif di body, dan membuatnya terkesan dewasa, tidak berteriak seakan haus perhatian semua orang. Proporsi desainnya serba pas.

    Permainan garis sederhana bisa ditemui pada fascia depannya, yang menjadi elemen desain favorit saya. Grille dihiasi ornamen chrome, tapi tidak sampai mendominasi, hanya sejajar garis lampu utama. Wuling juga cerdas mengadopsi LED DRL yang terintegrasi fungsinya dengan sein, sehingga tidak terlalu banyak lampu menghuni wajahnya. Oh ya, lampu utamanya sudah LED projector.

    Wuling Alvez

    Tarikan garis keseluruhan eksterior pada Alvez sedikit memberikan kesan ala premium, karena dari sudut tertentu bentuknya mirip Lexus atau BMW. Tapi sayang desain peleknya kurang menarik. Bukan karena palangnya agak tertutup seperti velg ‘aero’ mobil listrik, tapi visualnya kurang terasa dinamis untuk mengimbangi tampilan body.

    Lalu masuk ke interiornya, saya juga terkesan dengan tata ruang yang diterapkan Alvez. Nuansa minimalis dan fungsional sangat terasa. Layout dashboard dengan kombinasi material hard plastic dan soft touch panel berhasil mengeliminasi kesan murah. Kudos untuk Wuling karena tidak membawa layar sentuh raksasa seperti Almaz ke Alvez. Sehingga kontrol AC masih bisa mudah dijangkau via tombol fisik.

    Layar sentuh 10,25 inci menjadi pusat infotainment di Alvez, dengan interface serupa milik Air ev. Begitu juga dengan panel instrumen digital di balik setirnya. Tapi sayang Wuling tidak sediakan integrasi smartphone Apple CarPlay dan Android Auto pada Alvez. Meski setidaknya kita tetap bisa hubungkan smartphone via Bluetooth.

    Wuling Alvez

    Yang juga impresif adalah desain setirnya. Selain bentuknya yang punya aksen flat-bottom ala mobil sport, peletakan tombol juga patut diapresiasi. Seluruh tombol di setir, baik untuk akses infotainment, MID, maupun cruise control mudah dihafal.

    Performa dan Kenyamanan

    Melihat tampilannya yang menarik, lalu apakah kemampuannya dikendarai sama menariknya? Hal tersebut coba dibuktikan oleh Wuling melalui menu perjalanan media test drive ini. Dari kota Solo, kami diajak menempuh jalan pegunungan menuju Kawasan Pantai Slili, Gunung Kidul. Jalanan bergelombang dan rusak kerap kami jumpai juga.

    Dapur pacu 1.5 liter berteknologi P-TEC pada Alvez mengadopsi platform seperti milik Confero dan Formo. Menghasilkan output tenaga 105 hp dan torsi 143 Nm, dan pertama kalinya dikawinkan transmisi CVT. Bukan yang paling bertenaga di kelasnya, sepertinya Alvez dikembangkan cenderung untuk berkendara santai.

    Wuling Alvez

    Seperti khas CVT, lajunya di awal terasa linear dan halus. Tidak ada komplain selama saya berkendara di jalan dalam kota Solo, yang saat itu padat dan lumayan macet karena cukup sering temui traffic light di persimpangan. Dalam kondisi ini juga terasa kalau kabin Alvez punya tingkat peredaman atau kedap yang impresif. Terasa lebih baik dari ekspektasi, apalagi kalau ingat harganya.

    Dalam mengarungi lalu lintas perkotaan, saya dan rekan semobil sepakat bahwa sistem ADAS (advance driver assistant system) di mobil ini kurang memuaskan. Karena untuk operasionalnya, AEB (Automatic Emergency Brake) dan FCW (Forward Collision Warning) terasa terlalu sensitif, dan tidak ada pilihan tingkat sensitivitasnya . Bahkan saat sempat lajur kami di depan dipotong oleh motor, pada jarak yang tidak terlalu dekat, sistem bereaksi dengan beri peringatan dan mengerem otomatis. Cukup mengagetkan, dan sempat khawatir kalau pengendara di belakang terlambat bereaksi.

    Akhirnya kami matikan AEB selama perjalanan, hanya sisakan LDW (Lane Departure Warning). Sementara Adaptive Cruise Control nyaris tidak terpakai untuk rute yang kami lalui sepanjang perjalanan, karena akan kurang sesuai.

    Wuling Alvez

    Performa Alvez terasa pas untuk cruising di jalanan dalam kota. Karena dengan delivery outputnya yang halus, bukan hanya nyaman untuk penumpang, juga akan bantu konsumsi bahan bakarnya menjadi irit. Putaran setirnya juga punya akurasi yang baik, sehingga mudah memprediksi pergantian arah mobil.

    Tapi lain cerita begitu perjalanan meninggalkan pusat kota. Saat melalui medan berbukit antar kota, saya merasa harus memaksa Alvez untuk bisa berlari. Paling terasa saat ingin menyalip kendaraan di depan. Akselerasi terasa loyo meski pedal gas sudah diinjak dalam. Putaran mesin naik cepat, tapi tidak diikuti oleh kecepatan roda. Benar saja, karena mengacu pada brosur, tenaga puncak baru diraih pada 5.800 RPM sementara torsi mulai di 4.000 RPM. Alhasil kami harus ambil jarak dulu setiap ingin menyalip.

    Melewati jalanan bergelombang, Alvez juga terasa kurang nyaman, khususnya untuk penumpang. Redaman suspensinya keras, tidak jarang rekan saya mengeluhkan hal ini. Struktur suspensi torsion beam di belakang terasa sangat kaku, lebih menjadi kompromi kenyamanan penumpang jok belakang. Sayang sekali Wuling tidak adopsi suspensi independent di belakang seperti Almaz.

    Wuling Alvez

    Di sisi lain, karakter suspensi ini justru menjadi kompensasi untuk handling bagi pengemudi. Setirnya, meski akurat seperti saya sebut di atas, tapi putarannya sangat ringan. Jadinya saat melewati jalan berkelok, suspensi yang keras membuat body roll minim. Didukung dengan dimensi kompak, handlingnya masih terasa cukup dinamis. Tapi dengan catatan kondisi permukaan jalannya mulus.

    Kembali ke performa mesin. Karakternya yang terasa sangat halus memang mengurangi kemampuannya untuk bermanuver cepat. Tapi ternyata walau sering dipaksa kerja keras, melalui jalanan pegunungan dan pantai, konsumsi bahan bakarnya cukup irit. MID di akhir perjalanan menunjukkan konsumsi rata-rata 11-12 km/liter. Sepertinya pengembangan karakter mesin dan transmisinya lebih prioritaskan efisiensi daripada performa.

    Kesimpulan

    Jalanan perkotaan menjadi habitat yang ideal untuk Wuling Alvez sebagai penantang baru di segmen compact SUV. Karakternya lebih mendukung untuk berkendara santai di lalu lintas kota, dengan halusnya performa mesin dan transmisi. Nilai efisiensi konsumsi BBM juga berbicara dalam hal ini.

    Wuling Alvez

    Untuk menjadi kendaraan andalan menempuh perjalanan jauh antar kota, sepertinya perlu penyesuaian dulu. Baik itu untuk gaya mengemudi atau bahkan dari Wuling sendiri seandainya ada rencana untuk pengembangan lebih lanjut di versi pembaruan.

    Desainnya yang menarik bisa membuat pemiliknya cukup pede dalam mobilitasnya di aktivitas harian. Apalagi ada nuansa mewah dan dewasa yang diperlihatkan dari desain luar dan dalam. Kemudian rangkaian fitur keselamatan yang cukup akomodatif juga patut dipertimbangkan dari sebuah mobil yang cocok untuk karakter urban.

    Harga yang paling terjangkau di kelasnya, yaitu Rp209 juta sampai Rp295 juta, akan menjadi faktor menarik bagi konsumen. Khususnya mereka yang ingin upgrade atau naik kelas dari yang sebelumnya pengguna mobil kelas entry level.

    (WHY/TOM)

    Baca juga: First Drive Citroen C3: Small SUV Baru Bercita Rasa Croissant

    Wahyu Hariantono

    Wahyu Hariantono

    Wahyu Hariantono mungkin masih terbilang muda secara usia. Tapi passionnya terhadap dunia otomotif, terutama mobil tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia kerap tampil di stasiun televisi sebagai komentator balapan kelas dunia seperti Formula E. Sehari-hari ia memilih menggunakan Honda Supra Fit. Alasannya sederhana. Bensinnya gak abis-abis!

    Baca Bio Penuh

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Wuling

    • Wuling Binguo EV
      Wuling Binguo EV
    • Wuling Air EV
      Wuling Air EV
    • Wuling Alvez
      Wuling Alvez
    • Wuling Formo
      Wuling Formo
    • Wuling Confero
      Wuling Confero
    • Wuling Cortez
      Wuling Cortez
    • Wuling Cloud EV
      Wuling Cloud EV
    • Wuling Formo Max
      Wuling Formo Max
    • Wuling Almaz Hybrid
      Wuling Almaz Hybrid
    • Wuling Almaz RS
      Wuling Almaz RS
    Harga Mobil Wuling

    Jangan lewatkan

    Promo Wuling Alvez, DP & Cicilan

    • Alvez SE DP Rp 32,4 Juta Angsuran Rp 6,09 Juta x 35 Bulan Rp 214 Juta OTR Lihat Promo
    • Alvez CE DP Rp 41,95 Juta Angsuran Rp 4,8 Juta x 60 Bulan Rp 260 Juta OTR Lihat Promo
    • Alvez EX DP Rp 48,47 Juta Angsuran Rp 8,54 Juta x 35 Bulan Rp 300 Juta OTR Lihat Promo

    GIIAS 2024

    • Yang Akan Datang
    • Wuling E100
      Wuling E100
      Rp 345,6 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Wuling E200
      Wuling E200
      Rp 480 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Des, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

    Video Mobil Wuling Alvez Terbaru di Oto

    Oto
    • Booth Wuling IIMS 2023, Line Up Mobil Terbaru dan Banyak Tawaran Menarik
      Booth Wuling IIMS 2023, Line Up Mobil Terbaru dan Banyak Tawaran Menarik
      09 Mar, 2023 .
    • Wuling Alvez, Kita Rasakan Impresi Berkendaranya | First Drive
      Wuling Alvez, Kita Rasakan Impresi Berkendaranya | First Drive
      20 Feb, 2023 .
    Tonton Video Mobil Wuling Alvez

    Bandingkan & Rekomendasi

    Wuling Alvez
    Wuling Alvez
    Rp 214 - 300 Juta
    Harga Alvez
    Kia Sonet
    Kia Sonet
    Rp 227,6 - 346 Juta
    Harga Sonet
    Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
    Rp 207,45 - 272,35 Juta
    Harga Rocky
    Toyota Raize
    Toyota Raize
    Rp 305,1 Juta
    Harga Raize
    Chery Tiggo 5x
    Chery Tiggo 5x
    Rp 239 - 269 Juta
    Tulis Review Harga Tiggo 5x
    Panjang 4350 mm
    4120 mm
    4030 mm
    4030 mm
    4338 mm
    Lebar 1750 mm
    1790 mm
    1710 mm
    1710 mm
    1830 mm
    Tinggi 1610 mm
    1615 mm
    1635 mm
    1635 mm
    1645 mm
    Tempat Duduk 5
    5
    5
    5
    5
    Jenis Transmisi Manual
    Manual
    Manual
    Manual
    CVT
    Jenis penggerak FWD
    -
    -
    -
    -
    Mesin 1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve
    1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
    1.2L Petrol Engine, 3 Cylinder 12 Valve DOHC
    1.2L Petrol Engine, In-line 3 Cylinder 12 Valve DOHC
    1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve
    Anti Lock Braking System Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Radio AM/FM Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ground Clearance -
    205 mm
    200 mm
    200 mm
    -
    Bandingkan Sekarang

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang
    • VinFast VF 6
      VinFast VF 6
      Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • VinFast VF 7
      VinFast VF 7
      Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • MG 3
      MG 3
      Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Neta U
      Neta U
      Rp 463,76 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Mazda MX-30
      Mazda MX-30
      Rp 595,44 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Nissan Ariya
      Nissan Ariya
      Rp 754,32 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Mobil SUV Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Wuling Alvez dari Carvaganza

    • Menu Menarik Wuling Alvez Menang Best Value Car Award di Carvaganza Editors' Choice 2023
      Menu Menarik Wuling Alvez Menang Best Value Car Award di Carvaganza Editors' Choice 2023
      Zenuar Yoga, 13 Okt, 2023
    • All New Wuling Star Debut di Cina, Penerus Alvez Bermesin Hybrid
      All New Wuling Star Debut di Cina, Penerus Alvez Bermesin Hybrid
      Anjar Leksana, 27 Sep, 2023
    • Video Terbaru Isyana Sarasvati, Nyanyi Sambil Review Wuling Alvez
      Video Terbaru Isyana Sarasvati, Nyanyi Sambil Review Wuling Alvez
      Anjar Leksana, 15 Jun, 2023
    • TEST DRIVE: Membuktikan Ekspektasi Wuling Alvez, Soal Performa Sampai Konsumsi BBM
      TEST DRIVE: Membuktikan Ekspektasi Wuling Alvez, Soal Performa Sampai Konsumsi BBM
      Wahyu Hariantono, 29 Mei, 2023
    • Wuling Alvez Tidak Rebut Pembeli Air ev Meski Sama-Sama di Bawah Rp300 Juta
      Wuling Alvez Tidak Rebut Pembeli Air ev Meski Sama-Sama di Bawah Rp300 Juta
      Wahyu Hariantono, 26 Mei, 2023

    Artikel Mobil Wuling Alvez dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Lebih Canggih dari Alvez, Harga Wuling All New Star Hybrid Mulai Rp189 Juta
      Lebih Canggih dari Alvez, Harga Wuling All New Star Hybrid Mulai Rp189 Juta
      Anjar Leksana, 27 Sep, 2023
    • Wuling Gandeng Isyana Sarasvati untuk Promosikan Alvez Kepada Masyarakat
      Wuling Gandeng Isyana Sarasvati untuk Promosikan Alvez Kepada Masyarakat
      Anjar Leksana, 13 Jun, 2023
    • Wuling Alvez CE CVT Seharga Toyota Agya GR Sport, Cek Kelengkapannya
      Wuling Alvez CE CVT Seharga Toyota Agya GR Sport, Cek Kelengkapannya
      Anjar Leksana, 27 Mar, 2023
    • Menakar Kemampuan Wuling Alvez Lawan Honda HR-V, Beli yang Mana?
      Menakar Kemampuan Wuling Alvez Lawan Honda HR-V, Beli yang Mana?
      Anjar Leksana, 01 Mar, 2023
    • Wuling Alvez SE Cuma Rp209 Juta, Begini Kelengkapan Tipe Termurah
      Wuling Alvez SE Cuma Rp209 Juta, Begini Kelengkapan Tipe Termurah
      Anjar Leksana, 27 Feb, 2023

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*