• Wishlist

Jaguar I-Pace Dapat Update Software, Daya Jelajah Makin Jauh

Jaguar I-Pace Dapat Update Software, Daya Jelajah Makin Jauh

Jaguar I-Pace kini punya daya jelajah baru. Mobil listrik itu bisa bertualang 19 km lebih jauh dibanding versi sebelumnya. Kemampuan baru ini didapatkan setelah Jaguar merilis pembaruan perangkat lunak.


jaguar electric car


Peremajaan program mempengaruhi optimasi berbagai setelan fungsi. Seperti sistem penggerak AWD (all-wheel drive) yang distribusi torsinya menjadi lebih efisien, antara motor depan dengan belakang saat berkemudi di mode ECO. Kemudian kontrol manajemen panas mengatur sistem active radiator van agar dapat memberikan tingkat aerodinamis lebih baik. Pembaruan juga memungkinkan baterai untuk beroperasi pada tingkat pengisian lebih rendah daripada sebelumnya, tanpa memengaruhi pengalaman mengemudi, daya tahan atau kinerja.


Tak hanya itu, fitur regenerative braking ikutan dioptimalkan, agar dapat memanen energi lebih banyak saat kondisi pengisian daya tinggi. Jumlah pemulihannya juga meningkat ketika kecepatan berkendara rendah. Pengendara pun bisa mendapatkan informasi kalkulasi jangkauan jelajah lebih akurat lewat update software.


Bukan hal mudah bagi Jaguar menyiapkan update teranyar. Pabrikan asal Inggris itu memanfaatkan riset dari event I-Pace eTrophy. Balapan mobil listrik ini mampu memberikan banyak data teknis. Pengembangan, juga pararel dengan penganalisaan pengalamanan konsumen yang mengemudikan I-Pace. Lebih 50 juta km perjalanan nyata didapat dari pelanggan di seluruh dunia. Seluruh elemen dari performa kendaraan, diteliti dengan cermat untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi.



Adapun spesifikasi baterainya berupa lithium ion 90 kWh, yang bisa melesatkan mobil dari posisi nol ke 100 kpj dalam 4,5 detik. Dibutuhkan waktu 40 menit untuk mengisinya mulai nol ke 80 persen memakai fast charging (DC 100 kW). Sementara charging menggunakan 230V AC (7 kW) membutuhkan durasi hingga lebih dari 10 jam.


"Jaguar I-Pace eTrophy menghasilkan sejumlah besar data untuk dianalisis dan keuntungan marjinal, yang berasal dari kompetisi di lintasan. Sekarang diterapkan pada mobil pelanggan untuk lebih meningkatkan pengalaman berkendara mereka," ucap Stephen Boulter, I-Pace Vehicle Engineering Manager.


Model 2020 I-Pace sendiri memiliki EPA-estimated range atau jangkauan berdasarkan EPA sejauh 377 km sebelum di-update software. Jaguar mengungkapkan, tidak ada perubahan dari data itu setelah peningkatan. Namun menurut pengujian internal, ada penambahan hingga delapan persen daya jelajah (tergantung gaya mengemudi dan kondisi).


Ubahan terkini juga mengizinkan mobil untuk melakukan pembaruan software secara online atau over-the-air. Ini memudahkan konsumen untuk mendapatkan update lainnya. Tak seperti sekarang, yang mengharuskan pelanggan mendatangi diler terdekat. Mereka pun tak dikenakan biaya tambahan untuk layanan ini. (Hfd/Odi)


Sumber: Jaguar


Baca Juga: Jaguar F-Type Diremajakan, Punya Settingan Mesin Anyar di Balik Ubahan Paras