Hyundai Tatap Masa Depan Otomotif Lewat Hydrogen Vision 2040

Hyundai Tatap Masa Depan Otomotif Lewat Hydrogen Vision 2040

Masa depan pasti akan kita hadapi. Dan kita akan melewati masa depan itu suatu saat kelak. Masa akan terus bergerak dan waktu akan terus bergulir sehingga masa depan adalah sebuah keniscayaan.

Di dalam dunia otomotif, pengembangan teknologi untuk masa depan itu merupakan hal yang lumrah. Industri dan teknologi kendaraan bermotor terus bertumbuh dan otomotif diyakini sebagai salah satu industri yang paling pesat perkembangan teknologinya.

Salah satu pabrikan mobil yang punya visi otomotif dan energi masa depan adalah Hyundai Motor Group (HMG). Pabrikan asal Korea Selatan ini sudah meletakkan dasar visi mereka untuk masa depan melalui Hydrogen Vision 2040. Yakni sebuah visi tentang energi hidrogen dan masyarakat hidrogen global atau global hydrogen society.

Tujuan dari visi itu adalah untuk mempopulerkan energi hidrogen pada tahun 2040 untuk semua orang, dalam segala hal, dan di manapun. Hydrogen Vision 2040 itu disampaikan pabrikan pada forum online global Hydrogen Wave pada 8 September kemarin.

hyundai hydrogen vision 2040

Hyundai Hydrogen Vision 2040

Di dalam visinya itu, HMG berencana mempopulerkan energi hidrogen pada 2040 melalui pengenalan teknologi baru. Selain itu juga melalui solusi mobilitas di sektor transportasi dan industri lainnya. Untuk diketahui, Hydrogen Vision 2040 tersebut merupakan kelanjutan dari visi lain yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa Hyundai berencana menerapkan teknologi elektrifikasi pada semua mobil baru komersialnya pada tahun 2028. Teknologi elektrifikasi yang diterapkan sudah termasuk fuel cell electric atau battery electric powertrain dan penerapan fuel cell system.

Strategi yang berani ini akan menempatkan HMG di garda depan sektor kendaraan komersial, dalam proses membantu perubahan arah industri dan mewujudkan masa depan yang bersih dan berkelanjutan.

Jadi targetnya adalah, pada tahun 2028 nanti semua mobil komersial yang diproduksi Hyundai adalah mobil elektrifikasi. Dan pabrikan Korsel ini ingin mewujudkan ambisi sebagai pabrikan mobil global pertama yang memproduksi mobil komersial seluruhnya bertenaga elektrifikasi serta membantu memfasilitasi proses transisi ke mobilitas ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca juga: Hyundai Gunakan Genesis G80 Sebagai Kendaraan VIP di KTT G20 Bali 2022

Chairman Hyundai Motor Group, Euisun Chung Chairman Hyundai Motor Group, Euisun Chung

Hydrogen society

Dalam forum Hydrogen Wave tersebut, Chairman HMG Euisun Chung menegaskan bahwa visi Hyundai Motor Group adalah menerapkan energi hidrogen di semua aspek kehidupan dan industri seperti rumah, tempat kerja, dan pabrik kami. Tujuannya adalah menjadikan hidrogen siap digunakan untuk semua orang (everyone), untuk apa saja (everything), dan di mana saja (everywhere).

“Kami ingin menawarkan solusi praktis untuk pembangunan umat manusia yang berkelanjutan dan dengan terobosan ini, kami ingin membantu mendorong Hydrogen Society atau Masyarakat Hidrogen di seluruh dunia pada tahun 2040,” ujar Eusiun Chung.

HMG Pertama kali mengembangkan fuel cell electric vehicle (FCEV) tahun 1998. Dan pada tahun itu menjadi titik tolak pabrikan di dalam mempersiapkan masa depan energi hidrogen. Pada tahun 2013, HMG memperkenalkan Tucson FCEV (ix35 Fuel Cell) dan membuka peluang menuju produksi massal FCEV. Kemudian, pada tahun 2018, HMG meluncurkan SUV sel bahan bakar generasi berikutnya, NEXO, serta pada tahun 2020 meluncurkan truk bermuatan besar dengan sel bahan bakar pertama di dunia, yaitu XCIENT Fuel Cell.

Menurut Hyundai, fuel cell pada tahun 2040 mendatang tidak hanya digunakan secara komersial untuk kendaraan seperti SUV NEXO, Electric City Bus dan truk XCIENT Fuel Cell, tetapi juga berpotensi diterapkan untuk kebutuhan lainnya. Misalnya kendaraan berperforma tinggi, mobilitas udara perkotaan, robot , pesawat, dan kapal berukuran besar.

Sebagai hasil dari kemampuan tersebut, HMG akan memperluas cakupan sistem dan teknologi sel bahan bakar ke semua bidang sektor energi, termasuk penyediaan listrik dan pemanas untuk bangunan, sumber energi perkotaan dan pembangkit listrik.

Sedangkan di Indonesia sendiri, Hyundai Motors Indonesia baru saja meluncurkan brand campaign bertajuk Driving Meaningful Innovation. Kampanye ini menjadi bukti komitmen Hyundai untuk terus mendorong mobilitas masa depan di Indonesia dengan menghadirkan berbagai macam produk berteknologi mutakhir dan inovasi penuh makna yang dapat membantu manusia menjalani hidupnya lebih baik. Untuk memahami lebih jauh kampanye ini, tonton videonya di sini.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Hyundai Motors Indonesia, sila kunjungi situs ini. Dapat juga mengikuti akun media sosial resmi Instagram @hyundaimotorindonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, twitter @hyundaimotorid dan Youtube, Hyundai Motors Indonesia. (OTO)

Baca juga: Hyundai Targetkan Produksi 1.000 Unit EV per Tahun di Indonesia

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric
Mobil Hyundai

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Hyundai Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Hyundai