Springfield Indian 2016 Memulai Debut Perdananya

Springfield Indian 2016 Memulai Debut Perdananya

JAKARTA: Dunia Motor India kini telah menambahkan satu lagi armada koleksinya dengan sebuah motor petarung jalanan-Amerika. Pada hari Kamis, merek Amerika-tulen ini meluncurkan Springfield 2016, sebuah motor bergaya cruiser penjelajah gempal yang diubah menjadi motor petualang berkelas. Cruiser India terbaru ini mendapatkan namanya dari nama ibukota asalnya – Springfield, tempat di mana motor India ini pertama kali diproduksi di tahun 1991.


Springfield India 2016 membekali dirinya dengan mesin raksasa 1811cc, Thunder stroke 111, yang telah membuktikan metalnya pada model Chieftain, Chief Classic, Chief Vintage dan Roadmaster. Gardu penggeraknya juga dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan. Motor India memang tidak mengungkapkan besaran tenaga yang dikeluarkan motor baru India tersebut namun telah mengkonfirmasikan bahwa Springfield baru bakal mampu menggebrak torsi puncak sebesar 161,1Nm, atau lebih gahar dibandingkan kekuatan armada yang kini telah beredar. Bila membahas mengenai desain Springfield 2016, motor ini mengusung tampilan kontemporer yang lebih gempal, menyerupai gaya motor jalanan Amerika pada era tahun 50-an. Motor baru India ini menampilkan pelindung angin yang mudah dilepas, kotak samping yang keras, serta kursi penumpang, yang semuanya dapat dilepas dalam hitungan menit.


2016 Springfield gambar depan


Bersama dengan ini semua, motor cruiser India terbaru ini juga menampilkan atribut motor penjelajah tradisional, seperti injakan penumpang yang dapat disesuaikan, bar bebas hambatan depan dan belakang, stang tanduk nyaman, pengukur tangki-bahan bakar, sassis bagasi-kompatibel serta kendali perjalanan elektronik canggih, yang masing-masing mampu membantu pengendara selama menempuh perjalanan berjarak jauh. Di sisi lain, India juga memiliki Springfield baru yang dapat dipreteli, sehingga bobotnya menjadi 371 kg dan dapat membawa beban hingga 241 kg. Mirip dengan mesin India lainnya, motor liar terbaru ini juga menggunakan jok rendah setinggi 660 mm, dan jarak ketinggian tanah yang sama yaitu 142 mm, agar mampu menyodorkan kemampuan jelajah yang luar biasa dahsyat. Harga Springfield 2016 dibandrol mulai dari USD 33.995 atau sekitar Rp 445 juta, namun bila motor ini hadir dengan unit CBU untuk masyarakat Indonesia, maka pengemudi memang harus menambah lagi biayanya sekitar 10 juta.


2016 Springfield  gambar sisi


Springfield 2016 merupakan senjata pamungkas India untuk bersaing mengalahkan si Raja Jalanan Harley Davidson. Kami pun berharap motor ini akan memulai debutnya di Indonesia, namun kapan tepatnya dan berapa harganya memang masih merupakan tanda tanya. Generasi Springfield baru di Indonesia mungkin juga akan menambah barisan motor India, yang terdiri dari Classic, Vintage dan Chieftain. Motor baru India memang dapat menawarkan penggemar motor petualang sebuah alternatif hebat karena memadukan warisan Amerika-tulen bermerek India dengan teknologi mutakhir yang menguasai jalanan kota serta merajai jalan bebas hambatan. Springfield India dan si Raja Jalanan Harley Davidson, keduanya memang dibandrol dengan harga mahal, sehingga mereka yang menginginkan alternatif bagi motor penjelajah ekonomis mungkin bisa berpaling ke Yamaha V-Max, yang sebentar lagi akan masuk lini produksi.


Baca Juga: Royal Enfield Rumbler 500 Dirilis di Indonesia

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store