Tata Motors Ingin Kembali Ke Mobil Penumpang?

Tata Motors Ingin Kembali Ke Mobil Penumpang?

Tata Motors, distributor kendaraan asal India, menyatakan tengah mempertimbangkan kembali memasarkan mobil penumpang di Indonesia. Seperti diketahui, saat ini merek tersebut sedang fokus menjual beragam produk kendaraan niaga di tanah air.

Padahal, saat pertama kali hadir di pasar otomotif Indonesia 2013, Tata menawarkan beragam kendaraan penumpang. Ada Safari Storme berbentuk SUV, MPV Aria, dan city car Vista. Namun jajaran produk tersebut sudah tidak mereka pasarkan lagi.

tata2

"Memang saat ini kami fokus pada produk-produk komersial. Untuk bermain di mobil penumpang memang ada rencana. Tapi saat ini belum pada tahap pembicaraan serius," papar Brand Manager of Commercial Vehicle  PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Wilda Bachtiar, saat ditemui di Sentul, Jawa Barat, kemarin (14/9). Wilda sebelumnya juga bertanggung jawab atas penjualan mobil penumpang.

Wilda menambahkan, intinya TMDI tidak menutup mata pada pasar mobil penumpang di Indonesia. "Seperti diketahui, di India juga banyak produk passanger kita yang baru. Mungkin juga bisa buat Indonesia, tapi kan diperlukan study seperti apa kalau mobilnya kita bawa ke sini, trial juga, baru diluncurkan," tambahnya.

Namun bisa dipastikan, penetrasi Tata Motors kembali ke pasar kendaraan penumpang di Indonesia tidak dilakukan dalam waktu dekat. Wilda menyatakan tidak ingin produk-produk passanger justru membuat TMDI tidak fokus di pasar Indonesia.

"Pertimbangannya banyak. Kami harus fokus dulu dengan produk yang ada saat ini. Ya, tapi tetap tidak menutup kemungkinan," tambah Wilda.

Sementara dilihat dari situs resminya, Tata Motors berambis masuk dalam 10 besar pabrikan mobil di Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam visi mereka, 10×10 atau masuk rangking 10 di 10 besar pasar otomotif dunia. Selain itu, Indonesia juga ditargetkan menjadi pasar kendaraan Tata terbesar kedua di luar India. Keinginan tersebut tentunya bakal tercapai jika Tata Motors kembali menghadirkan jajaran produk penumpangnya.

Saat ini, produk-produk yang dipasarkan Tata Motors di Indonesia seperti Xenon, Super Ace, Xenon RX Pick up, Ace EX 2, Prima, Ultra, LPT 913 dan LP 713. Semuanya kendaraan komersial.

Sementara di India, mobil-mobil penumpang Tata Motors bisa dikatakan memiliki line-up yang lengkap. Seperti model hatchback ada Tata Tiago, Bolt dan Indica. Di jajaran produk SUV, Tata Motors memiliki Hexa, Safari Storme, Sumo Gold dan Nexon. Ada juga sedan Tata Zest dan Indigo. (Ald/Ddn/Van)

Model Mobil Tata

  • Tata Xenon
    Tata Xenon
  • Tata Super Ace
    Tata Super Ace
Mobil Tata

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Tata Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Tata