Mini John Cooper Works GP Inspired Edition, Alternatif Bagi yang Tidak Kebagian JCW GP

Mini John Cooper Works GP Inspired Edition, Alternatif Bagi yang Tidak Kebagian JCW GP

Mini Indonesia hadirkan edisi spesial Cooper tiga pintu di gelaran IIMS 2021. Namun bukan sebatas Cooper biasa, mengusung basis kencang John Cooper Works (JCW). Dialah Mini John Cooper Works GP Inspired Edition. Hadir sebagai obat penenang bagi Anda yang tidak kebagian si buas JCW GP.

“Kami menerima respons yang luar biasa untuk MINI John Cooper Works GP saat kami memperkenalkan sportscar tersebut di Indonesia pada bulan Juli tahun lalu. Karena itu, kami secara khusus mengembangkan MINI John Cooper Works GP Inspired Edition untuk memuaskan para penggemar yang tidak bisa mendapatkan MINI John Cooper Works GP yang diproduksi dalam jumlah sangat terbatas, tetapi tetap ingin memiliki peninggalan sejarah dunia motorsport dari MINI yang ikonik,” ujar Head of MINI Asia, Kidd Yam.

Ibarat pereda nyeri, tidak benar-benar menyembuhkan. Setidaknya GP Inspired Edition membawa nuansa keturunan Mini paling buas. Dikelir Racing Grey Metallic keunguan sebagai dasar bodi yang khas. Baru dari situ diramaikan panel kontras Melting Silver Metallic seperti pada atap, spoiler belakang JCW, dan batok spion. Belum selesai sampai di situ, ditemukan detail aksen hitam pada hood scoop, gagang pintu, dan penutup tangki BBM. Terakhir, striping merah menegaskan kesan sporty sang hatchback.

MINI JCW GP

Ditilik lebih dekat, banyak penegasan detail menarik pada Mini John Cooper Works GP Inspired Edition. Kakinya mengusung sepatu lightweight forged wheels 18 inci bergaya John Cooper Works Cup Spoke dengan ban runflat. Seakan terinspirasi dari sang alter ego nan buas, lubang hub-nya ditempel dop berlogo GP. Teks “GP Inspired” lantas menghiasi beberapa bagian tubuh sebagai diferensiasi dari edisi khusus lain. Nampang di pintu samping, airscoop, dan pilar C. Selain itu, lampunya dibikin bergaya smoked lewat housing hitam di depan dan belakang serta disudahi bingkai piano black.

Gaya spesifik GP Inspired turut diterjemahkan ke dalam kabin. Emblem dan lettering GP menginformasikan penumpang bahwa ia merupakan edisi spesial bernuansa sporty. Lambang khasnya bisa ditemukan di bawah sandaran kepala sport seat JCW berbahan Dinamica/leather. Sementara itu, teks “GP Inspired” tampil di dasbor serta karpet velour depan belakang dengan jahitan merah.

Aura berkelas dan sporty lanjut dipancarkan oleh pelapis Walknappa Leather dan jahitan merah setir JCW. Masih bisa ditemukan sebaran serba-GP lainnya seperti paddle-shift berbahan besi yang dicetak dengan teknik 3D Printing. Lainnya adalah penambahan key-cap bertuliskan “GP” di tengahnya.

Baca juga: BMW Group: Rencana Ambisius 2021, Rilis i4 Hingga Ubah MINI Jadi Merek Serbalistrik

MINI JCW GP

Urusan kecanggihan tak perlu ditanya. Setidaknya mudah terlihat oleh pemanfaatan panel instrumen digital dan sarana hiburan touchscreen. Tak ketinggalan MINI Head-Up Display, menambahkan sumber informasi bagi pengemudi tanpa mengganggu konsentrasi. Dipastikan langsung terasa nikmat adalah pemanja sound system Harman Kardon 12 Speaker.

Lebih dari sekadar penunjang kenyamanan, terpasang paket Driving Assistant sebagai standar. Mencakup sistem berbasis kamera untuk hadirkan asisten berkendara aktif. Termasuk di dalamnya asisten digital high-beam dengan Adaptive LED Matrix Headlight agar tidak menyilaukan pengemudi di arah berlawanan. Ada pula bantuan seperti Parking Assistant demi memudahkan parkir.

Inovasi lainnya adalah kontrol kecepatan dan jarak berbasis kamera (Person & Approach Control Warning). Bantu pengemudi menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan lewat grafis peringatan dan pengereman otomatis.

MINI JCW GP

Mini JCW GP Inspired Edition mungkin tidak akan memuaskan hasrat sebagai kontestan Mini terkencang. Kendati begitu, bukan berarti boyo. Basis JCW jelas tetap menawarkan esensi performa tinggi berkat mesin empat silinder 2.000 cc TwinPower Turbo. Hadirkan tenaga 231 hp dan torsi puncak 320 Nm untuk mencipta velositas pada tubuh mungilnya. Semua tersalur ke roda depan via transmisi otomatis Steptronic 8 percepatan.

“MINI memiliki sejarah panjang dalam dunia motorsport, dan jajaran model John Cooper Works mengacu pada keahlian untuk menggunakan pengetahuan tersebut dari sirkuit balap ke jalanan. MINI John Cooper Works GP Inspired Edition merangkum nilai inti John Cooper Works, dan akan tersedia secara eksklusif dalam jumlah terbatas,” pungkas Kidd Yam.

Kalau sebelumnya kalah cepat saat Mini JCW GP hadir terbatas, jangan sampai kali ini gagal meminang sang turunan. Juga dijual dalam unit terbatas, hanya tersedia tujuh unit dengan harga Rp 955 juta (OFR). (Krm/Raju)

Baca juga: Cuma Satu Unit, BMW 840i Gran Coupe Golden Thunder Edition Dikenalkan