Arti di Balik Logo Anyar Peugeot, Sejarah dan Visi Masa Depan

Arti di Balik Logo Anyar Peugeot, Sejarah dan Visi Masa Depan

Peugeot secara resmi memperkenalkan identitas baru mulai tahun ini. Ada latar dan alasan yang kuat kehadiran logo anyar Peugeot ini. Ibarat semangat baru yang siap memberikan suntikan semangat untuk seluruh line up siap dihadirkan. Para desainer Peugeot, termasuk dari Peugeot Design Lab menciptakan identitas baru yang menggambarkan posisi Peugeot sebagai sebuah brand high-end general. Ada tiga kata kunci brand ini : kualitas, abadi, dan percaya diri.

"Selama lebih dari dua abad, Peugeot selalu menjadi brand pionir dalam perkembangan mobil dan sepeda. Emblem baru dan identitas baru ini menjadi sebuah penghubung antara sejarah dan visi masa depan kami," ujar Matthias Hossan, Peugeot Design Director.

Untuk menghasilkan logo baru ini, para desainer Peugeot dari beragam bidang bergabung dengan Peugeot Design Lab. "Peugeot menjadi satu-satunya pabrikan yang membangun identitasnya sendiri secara in-house. Peugeot Design Lab merupakan laboratorium ide bagi Peugeot dan brand-brand non-otomotif lainnya di bawah grup Stellantis," ucap Aranault Gournac, Direktur Peugeot Design Lab Studio.

Logo legendaris ini didekorasi dengan kepala singa khas Peugeot yang menggambarkan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Kebanggaan, kekuatan, dan status terlihat jelas pada kepala singa tersebut. Perisai yang mengelilingi menandakan perlindungan, keabadian, dan juga kesetiaan yang notabene punya sejarah panjang sejak 1810. Penulisan huruf “PEUGEOT“ pada logo tersebut juga menggunakan font terbaru yang tajam dan modern. Langkah ini mengikuti kekuatan brand terhadap perubahan era mobilitas ke masa depan.

Peugeot Logo

Dalam keterangan resminya disebutkan identitas baru ini terinspirasi berbagai produk ikonik yang dibuat oleh Peugeot seperti Peugeot i-Cockpit (compact steering wheel, head-up display, kursi dan instrumen ergonomis, kualitas material). Konsep kabin ini diperkenalkan pada mobil konsep SR1.

Kemudian desain atraktif dan tajam pada mobil kosep QUARTZ dan EXALT. Ini mulai diimplementasikan pada Peugeot 3008 dan 508 generasi kedua. Kemudian patung singa raksasa pada Paris Motorshow 2018 dan visi masa depan Peugeot hadir pada mobil konsep Peugeot e-Legend.

Ini merupakan ubahan logo yang ke-11 kalinya sejak Peugeot didirikan pada 1847. “Logo ini terinspirasi logo Peugeot yang digunakan pada masa 1960 – 1964, diciptakan oleh brand Peugeot secara dinamis mengikuti perkembangan produk inovatif dan eksepsional,” tulis Peugeot dalam rilisnya.

Selama satu dekade terakhir, seluruh jajaran produk Peugeot kian matang. Hal ini terbukti dengan sederet penghargaan internasional bergengsi. Seperti “International Van of The Year” yang diraih Peugeot e-Expert (2021) dan Peugeot Partner (2019). Ada juga raihan tiga penghargaan “Car of the Year” yang diraih Peugeot 308 (2014), Peugeot 3008 SUV (2017), dan Peugeot 208 (2020).

Seluruh showroom Peugeot akan mulai menggunakan logo baru ini di 2021.

Baca juga: Produk Diterima Pasar, Penjualan Peugeot di 2020 Meningkat 64 Persen

Peugeot Logo Evolusi Logo Peugeot

Sejarah 211 Tahun

Peugeot adalah sejarah panjang. Keluarga Peugeot berasal dari Valentigney, Montbeliard, sebuah wilayah administrasi di timur Prancis. Jean-Pierre Peugeot, lahir 1743, merupakan sang perintis usaha keluarga. Selama hidupnya, dia banyak terjun ke industri, seperti bisnis tenun, pewarnaan, pabrik minyak dan pabrik biji-bijian.

Pada 26 September 1810, perusahaan Peugeot Freres Aines didirikan Jean-Frederic dan Jean-Pierre II Peugeot. Perusahaan ini menjalankan berbagai macam bisnis mulai dari dunia perkakas, perangkat jam, rangka payung, dan industri fashion. Mereka terkenal dengan alat penggiling kopi. Selain itu, Peugeot juga berkecimpung pada revolusi mobilitas dari sepeda hingga mobil.

Lambang singa sebagai logo brand Peugeot sudah ada sejak 1847 ketika mereka memproduksi barang-barang dari baja. Gambar ini digunakan untuk menggambarkan kualitas dan kulitas pisau gergaji yang dibuat. Disimbolkan lewat taring singa. Hal ini melambangkan fleksibilitas, kekuatan, dan kecepatan memotong. Sementara simbol panah menjadi arti dari kecepatan.

Pada 20 November 1858, Emile Peugeot mendaftarkan lambang singa ini sebagai merek dagangnya. Hampir 1 abad kemudian, logo ikonik ini muncul di bonet mobil-mobil produksi Peugeot. Pertama kali dipasang di model 203. Kini, kita akan dengan mudah mengenali produk Peugeot lewat Le Lion. (Raju)

Baca juga: Rekam Jejak 210 Tahun Peugeot, dari Gerinda Kopi Hingga Mobil Listrik

Model Mobil Peugeot

  • Peugeot 5008
    Peugeot 5008
  • Peugeot 3008
    Peugeot 3008
Mobil Peugeot

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Peugeot Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Peugeot