Peugeot 308 SW Siap Serbu Jajaran Estate Kompak Grup VW dengan Gaya Menawan

Peugeot 308 SW Siap Serbu Jajaran Estate Kompak Grup VW dengan Gaya Menawan

Generasi termutakhir Peugeot 308 kini tidak lagi sendiri. Model station wagon alias 308 SW sudah datang meramaikan evolusi anggota keluarga yang bergaya semakin ciamik. Mewakili Stellantis, ia menggempur jajaran estate kompak Volkswagen Group lewat gaya menawan, kepraktisan kompetitif, dan opsi mesin variatif termasuk Plug-in Hybrid.

Mungkin bisa diakui bahwa famili 308 tampil semakin atraktif kala memasuki generasi ketiga. Membuatnya kian selaras dengan jajaran Singa Prancis termutakhir nan rupawan. Tak terkecuali tipe SW, membawa bahasa desain termutakhir pabrikan dengan segala lekuk tajam dan siluet dinamisnya. Bisa dilihat komposisi wajah bertaring berikut identitas rancangan visual tiga cakaran kuku di lampu belakang.

Tak tertinggal pula nuansa klasik yang kini tertuang di tubuhnya. Pada tatanan wajah – terutama grille serupa jajaran model teranyar – terpasang logo baru. Untuk diketahui, arah logo tersebut cenderung mengambil inspirasi dari ukiran lambang pabrikan di era 1960-an. Belum lagi pemasangan emblem nomenklatur peris di hidungnya. Membawa nilai tradisi lama ke era modern – atau mungkin tidak bisa melupakan masa lalu.

Yang jelas, 308 SW berevolusi sehingga proporsi terlihat semakin ramping dan gahar. Atap melandai nan elegan pun jadi pemanis profil berikut dibarengi penurunan postur sampai 20 mm. Namun, esensi kepraktisan sebuah estate tidak dikompromikan. Ketimbang model lama, tubuhnya lebih panjang 6 cm dengan pencatatan total 4,64 m. Selain itu, ia juga menawarkan wheelbase lebih panjang 5,5 cm disertai ekstra overhang sampai 21 cm dari unit hatchback. Jelas, tujuannya adalah peningkatan volume bagasi.

Baca juga: Peugeot 3008 Bekas 2018 Sekarang Lebih Murah, Simak Pertimbangan Membelinya

Peugeot 308 SW 2021

Selain rancangan tubuh, urusan kelengkapan kurang lebih serupa model bertubuh pendek. Standar penerangan utama mengadopsi headlamp eco LED sebagai perbekalan standar. Diramaikan oleh DRL vertikal pencipta karakteristik taring khas Peugeot modern. Lalu di kasta atas seperti GT dan GT Premium menganut teknologi Peugeot Matrix LED demi meningkatkan efisiensi dan keselamatan berkendara. Seleksi gaya juga disudahi pemilihan pelek 16 inci sampai 18 inci.

Dalam kabin, aransemen dasbor futuristis bak mobil konsep turut diusungnya. Terlihat sibuk dan banyak sudut tajam. Sang pilot disokong penampil instrumen digital serta sarana hiburan berukuran 10 inci. Namun ada peningkatan pula di sisi kepraktisan. Kala hands-free tailgate dibuka, fitur seperti power outlet 12V, dua jaring kompartemen, kail untuk tas, sampai pencahayaan LED siap mendukung perjalanan.

Urusan kehebatan fitur, pabrikan telah membekali sang estate kompak dengan fungsi berkendara semi otonom. Fitur ADAS standar seperti adaptive cruise control, automatic emergency braking, hingga lane keep assist system mungkin terdengar biasa dan hadir sebagai standar di trim tertentu. Namun model 308 SW punya persenjataan lebih dari itu. Ambil contoh semi-automatic lane change yang memungkinkan mobil berpindah jalur mandiri saat diminta pengemudi. Lalu ada anticipated speed recommendation sebagai saran untuk menjaga kecepatan sesuai rambu. Juga fungsi seperti curve speed adaptation untuk menentukan kecepatan adaptif tergantung kurva belokan.

Peugeot 308 SW 2021

Mendukung pergeseran elektrifikasi, 308 SW turut ditawarkan dalam rasa Plug-in Hybrid seperti 308. Di atas platform EMP2 ini tersaji dua pilihan PHEV yang mengusung motor listrik 81 kW dan baterai 12,4 kWh. Jadi pembeda adalah ekstraksi mesin konvensional sebesar 150 hp atau 180 hp. Ditranslasi, sinergi dua pemacu ini menghadirkan output sebesar 180 hp atau 225 hp. Baterainya sendiri dapat mencipta pergerakan niremisi sampai 60 km (37 mil) pada tipe 180 hp atau 58 km (36 mil) di model 225 hp.

Peugeot saat ini masih menawarkan 308 SW dalam spek jantung konvensional. Mengusung enjin tiga silinder 1.200 cc turbo sekuat 110 atau 130 hp. Terhubung ke roda melalui transmisi manual enam percepatan standar atau opsi otomatis delapan kecepatan di unit lebih bertenaga. Di samping itu, tersedia pula unit diesel 1.500 cc berkekuatan 130 hp. Akankah 308 SW ditawarkan dalam format full EV? Itu masih jadi pertanyaan besar. Namun untuk diketahui, mereka telah mengonfirmasi kehadiran 308 lima pintu bertenaga baterai. Jadi kontestan untuk menyergap eksistensi VW ID.3.

Generasi penerus 308 SW akan lahir dari fasilitas Mulhouse di Prancis. Ia baru bisa dipesan mulai akhir tahun dengan pelaksanaan distribusi awal 2022. (Krm/Raju)

Sumber dan Foto: motor1

Baca juga: Peugeot 308 Gunakan i-Cockpit Generasi Terbaru, Sarat Teknologi Terkini

Model Mobil Peugeot

  • Peugeot 5008
    Peugeot 5008
  • Peugeot 3008
    Peugeot 3008
Mobil Peugeot

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Peugeot Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Peugeot