Melihat Lebih Dekat Bus Isuzu Erga EV yang Dipamerkan di Japan Mobility Show 2023

Pionir bus listrik yang memiliki lantai seluruhnya datar

Melihat Lebih Dekat Bus Isuzu Erga EV yang Dipamerkan di Japan Mobility Show 2023

Selain Giga Fuel Cell, Isuzu Motors turut membawa bus listrik bernama Erga EV di JMS 2023. OTO Media Group sempat melihat langsung dan masuk ke dalam kendaraan. Secara umum profilnya agak mirip dengan bus elektrik yang digunakan Transjakarta. Sedangkan format kabin atau tatanan tempat duduk bisa diatur sesuai kebutuhan armada. Pastinya, ia sanggup memuat 90 orang penumpang.

KEY TAKEAWAYS

  • Rencana mulai dipasarkan akhir tahun fiskal 2024

    Bus listrik ini sanggup diisi 90 penumpang
  • Menurut Isuzu, Erga EV sengaja dikembangkan memiliki lantai yang sepenuhnya datar dan menjadi pionir di antara pabrikan kendaraan komersial Jepang lain. Mereka memanfaatkan fleksibilitas serta tata letak baterai, sehingga deck bisa dibuat rata. Penumpang dapat menaikinya, jauh lebih mudah ketimbang bus konvensional bermesin diesel dengan lantai bertangga.

    Ada benefit saat Isuzu menghilangkan tangga di bagian depan belakang. Hal ini memberikan pergerakan bebas hambatan saat berada di dalam kabin. Termasuk ramah buat penyitas difabel. Turut diklaim, Erga EV sanggup memberikan akselerasi serta deselerasi yang lebih halus. Kemudian tingkat getaran dan kebisingan sangat rendah. Sehingga turut meningkatkan keselamatan, kenyamanan saat menungganginya.

    Isuzu Erga EV

    Ia digadang sebagai kendaraan yang tidak hanya berkontribusi terhadap lingkungan (karbon netralitas). Tetapi juga merupakan perwujudan transportasi umum masa depan. Isuzu Motor Limited, hendak memproduksi dan memasarkan Erga EV pada akhir tahun fiskal 2024 (berakhir pada 31 March 2025).

    Baca Juga: Permudah Konsumen Pertambangan, Isuzu Sediakan Konsinyasi Suku Cadang

    “Kami mempunyai kiprah panjang dalam membuat dan menjual bus. Kami bangga mengenalkan Erga EV, bus elektrik berbasis baterai. Kendaraan dapat dijadikan transportasi publik yang ramah lingkungan. Juga nyaman dipakai karena memiliki lantai datar. Pengguna dapat bergerak dengan leluasa,” ucap Shinsuke Minami, President and Representative Director, COO, Isuzu Motors Limited.

    Isuzu Erga EV

    Bus Erga EV memiliki daya jangkauan hingga 300 km dalam sekali pengisian penuh. Jantung penggerak menggunakan rear-wheel drive permanent magnet synchronous motor (PMSM). Motor ini diklaim sangat efisien dan punya kepadatan daya sangat tinggi. Bicara fitur, kendaraan dilengkapi dengan serangkaian komponen yang menjamin pengendaraan aman nan nyaman. Termasuk di dalamnya diberikan automatic emergency braking system (AEBS) atau pengereman otomatis. Kemudian ada lagi, lane departure warning, blind spot monitoring systems, hingga adaptive cruise control. Wajar, karena mereka sudah menguasai teknologi ADAS seperti di Elf EV.

    Di lihat dari luar, eksterior Erga EV sangat futuristik. Bagian muka terpasang lampu siang hari (DRL), fog lamp, plus headlamp LED. Bentuknya mirip kepunyaan Elf. Seperti bus listrik BYD, tatanan jendela dibuat besar. Sedangkan kalau melihat kokpit, malah agak kuno. Lingkar kemudi dua palang persis setir Panther lawas, tidak ada tombol pengaturan. Terus panel meter terlihat memakai jarum analog. Mungkin karena masih purwarupa, jadi dibuat seadanya saja. Semoga saat masuk jalur produksi, jauh lebih modern. (ALX/ODI)

     

    Baca Juga: Hasil Kolaborasi Bareng Honda, Isuzu Tampilkan Giga Fuel Cell di JMS 2023

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Truk Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Truk

    Artikel Truk dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Gelaran Kendaraan Komersial GIICOMVEC 2024 Targetkan 12.000 Pengunjung
      Gelaran Kendaraan Komersial GIICOMVEC 2024 Targetkan 12.000 Pengunjung
      Anjar Leksana, 12 Feb, 2024
    • Daimler Truck Jalin Kemitraan dengan Masdar untuk Mengekstraksi Hidrogen Cair
      Daimler Truck Jalin Kemitraan dengan Masdar untuk Mengekstraksi Hidrogen Cair
      Zenuar Istanto, 07 Feb, 2024
    • Indomobil dan Foton Kerja Bareng, Siap Tawarkan Kendaraan Niaga Listrik di Indonesia
      Indomobil dan Foton Kerja Bareng, Siap Tawarkan Kendaraan Niaga Listrik di Indonesia
      Anjar Leksana, 06 Feb, 2024
    • Isuzu Elf dan Traga Sokong Kinerja Penjualan Positif IAMI selama 2023
      Isuzu Elf dan Traga Sokong Kinerja Penjualan Positif IAMI selama 2023
      Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
    • Dijual Rp6 Miliar di Indonesia, Cek Spesifikasi Mining Truck Yutong YTK90E EV
      Dijual Rp6 Miliar di Indonesia, Cek Spesifikasi Mining Truck Yutong YTK90E EV
      Anjar Leksana, 29 Des, 2023