• Wishlist

GIICOMVEC 2020: Edukasi Pengunjung Soal Keselamatan Kendaraan Komersial

GIICOMVEC 2020: Edukasi Pengunjung Soal Keselamatan Kendaraan Komersial

GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicles Expo (GIICOMVEC) 2020 mengangkat isu terkait keselamatan dan keamanan kendaraan komersial. Selama empat hari pameran, tersaji pula acara Seminar Keselamatan oleh GAIKINDO bersama beberapa pengusaha kendaraan niaga.

Salah satu latar belakang digelarnya seminar ini adalah penggalakan regulasi anti ODOL (Over Dimension Over Load) dari Kementerian Perhubungan RI terhadap kendaraan berat di jalan. Sejak hari pertama dibuka, sudah ada dua kali seminar dihelat GIICOMVEC.

Termasuk hari ini (7/3). Digelar dengan menggandeng Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), dan Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI). Tentu saja dimeriahkan oleh peserta lain dari pameran kendaraan komersial.

Regulasi ODOL

“Kami meyakini peningkatan kepedulian dan kepatuhan akan keselamatan berkendara akan dapat mengurangi angka tingkat kecelakaan kendaraan komersial di Indonesia,” ujar Yohannes Nangoi Ketua Umum GAIKINDO.

Baca juga: Aturan Larangan Kendaraan Niaga Bermuatan Lebih (ODOL) Berlaku Penuh Awal 2023

Sebagai contoh seminar pertama, Jum'at (6/3), mengangkat tema “Fakta di Balik Rem Blong”. Disambut antusias karena lebih dari 200 peserta dari kalangan pengusaha dan manajer operasional perusahaan truk dan logistik, ikut serta di dalamnya.

Mercedes-Benz (Daimler Commercial Vehicles) sebagai salah satu peserta pameran juga menggelar seminar terkait teknologi keselamatan. Pabrikan Jerman membagi pengetahuan tentang teknologi dan standar keselamatan kendaraan niaga pada produknya.

Bersamaan hari terakhir Trade Days, Sabtu (7/3), digelar pula seminar Safety Driving Truck. Kegiatan ini terbuka, baik untuk pebisnis dari perusahaan truk maupun masyarakat umum yang ingin memperluas wawasan. Tidak hanya sehari, seminar Safety Driving Truck juga masih akan digelar kembali pada hari Minggu (8/3), pada pukul 13.30 – 14.30 WIB.

Debut Teknologi Baru

Selain diramaikan rangkaian seminar, pabrikan juga memanfaatkan GIICOMVEC 2020 sebagai ajang perkenalan teknologi terbaru. Seakan kompak, mereka sekaligus meluncurkan fitur telematik yang berguna dalam tingkatkan efisiensi operasional kendaraan.

Isuzu Link GIICOMVEC 2020

Isuzu contohnya, merilis Isuzu Link sebagai penyempurnaan dari inovasi telematik Isuzu sebelumnya. Berupa aplikasi yang akan diisi oleh operator untuk meningkatkan produktivitas seperti service reminder, up time monitoring, part forecast support dan banyak lainnya.

Tidak hanya pabrikan, Indosat Ooredoo selaku perusahaan telekomunikasi juga ikut memperkenalkan teknologi serupa bernama Nexfleet. Memanfaatkan Internet of Things (IoT) Fleet Management, Nexfleet menjadi sistem telematik buat mengakomodasi kebutuhan spesifik. Sebut saja Cold Chain Management, Logistic & Distribution, sampai Public Transport Management.

Tentu event ini tak sekadar mewadahi kepentingan B2B (bussiness to business) semata. Masyarakat umum juga bisa datang ke GIICOMVEC, besok (8/3). Di sini Anda dapat melihat jajaran produk terbaik dari pemain kendaraan komersial di Tanah Air.

Sekaligus pula mengetahui regulasi terkait seperti ODOL, karena memiliki dampak luas. Tak hanya berisiko terhadap pengemudi truk saja, melainkan juga bagi pengendara lain di jalan raya. Untuk menikmati sajian di hari pamungkas nanti, tidak dipungut biaya alias gratis. (Why/Ano)

Baca juga: Ragam Aksesori Mobil Niaga di GIICOMVEC 2020