Standardisasi Euro 4 Bukan Masalah Buat UD Trucks, Terapkan Teknologi Canggih SCR

Standardisasi Euro 4 Bukan Masalah Buat UD Trucks, Terapkan Teknologi Canggih SCR

UD Trucks sebagai salah satu merek kendaraan komersial, turut mendukung peraturan pemerintah terkait standar Euro 4 diesel di Indonesia. Mereka menyampaikan sudah menyiapkan produk dengan teknologi yang sesuai untuk kebijakan tersebut. Memanfaatkan teknologi yang sudah lama dipakai manufaktur untuk mengurangi gas buang yang berbahaya.

Teknologi yang dipilih UD Trucks disebut selective catalytic reduction (SCR). Sistem yang pertama kali digunakan oleh Quon pada 2004, saat masih mengemban nama Nissan Diesel. Disebut, teknologi ini sesuai dengan produk yang ditawarkan UD Trucks untuk pasar Indonesia.

"Bahwa UD Trucks sangat siap, sistem selective catalytic reduction (SCR) memakai urea. Itu pertama kali di dunia yang memakai adalah Nissan Diesel, yang sekarang menjadi UD Trucks. Sehingga buat UD Trucks, Euro 4, 5 maupun 6 itu bukan sesuatu yang baru. Sudah punya, cuma belum dipasarkan di Indonesia. Nah sekarang momen yang paling bagus untuk memperkenalkan SCR. Berkaitan dengan standar Euro 4 diesel di Indonesia," ujar Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia saat jumpa media di kawasan Jakarta Selatan (13/1).

UD Trucks Indonesia sambut Euro 4

Baca juga: Sambut Euro 4, Astra UD Trucks Siapkan Layanan Paripurna

Ia menambahkan SCR lebih cocok diterapkan pada model dengan kapasitas mesin besar atau truk heavy duty yang merupakan fokus UD Trucks Indonesia. Diklaim kelebihan lainnya termasuk pembakaran yang lebih sempurna, berpengaruh pada kinerja mesin lebih awet dan irit konsumsi bahan bakar. Kemudian, penggunaan SCR juga diklaim tidak sensitif terhadap kualitas bahan bakar. Dalam hal ini, ragam BBM solar yang sudah dan akan diedarkan oleh pemerintah.

Penggunaan SCR dibarengi dengan pemakaian cairan yang disebut Adblue. Cairan yang aman tidak berbahaya. Turut diklaim teknologi SCR dapat mengurasi gas NOx hingga 90% sekaligus mengurangi gas HC dan CO hingga 50-90%.

"Jadi teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue, di mana sistem SCR menyuntikan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. AdBlue sendiri merupakan cairan yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun," lanjut Chrisnoadhi.

Quester

Nantinya semua unit baru Quester yang dipasarkan sudah terpasang sistem SCR, lengkap beserta tangki untuk cairan Adblue. Per Maret 2022 unit anyar dengan SCR mulai dipasarkan. Kemudian, UD Trucks Indonesia juga menyiapkan berbagai sarana pendukung lainnya dalam menyambut kebijakan Euro 4.

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun menggunakan SCR, UD Trucks Indonesia mendukung penerapan standar emisi Euro 4. Yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4. Rencananya, standar emisi Euro 4 mulai diimplementasikan pada 7 April 2022.

"Kami harapkan standardisasi ini secepat mungkin dapat diterapkan. Pada dasarnya UD Trucks mempunyai moto better life, di mana salah satu pembuatan produk sebisa mungkin sebanyak mungkin berguna untuk kita semua, terutama pengguna dan seluruh masyarakat. Dengan adanya produk yang lebih ramah lingkungan, sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan oleh UD Trucks. Dengan demikian UD Trucks memulai untuk merancang milestone ke depan 10 - 20 tahun ke depan, bagimana UD Trucks berkiprah," tutup Chrisnoadhi. (Tom)

Baca juga: Hino Hadirkan Teknologi untuk Sambut Regulasi Euro4 Tahun Depan

Jelajahi UD Quester GWE

Model Truk UD

  • UD Quester CWE
    UD Quester CWE
  • UD Quester CGE
    UD Quester CGE
  • UD Quester GKE
    UD Quester GKE
  • UD Quester GDE
    UD Quester GDE
  • UD Quester CDE
    UD Quester CDE
  • UD Quester CKE
    UD Quester CKE
  • UD Quester GWE
    UD Quester GWE
  • UD Kuzer RKE
    UD Kuzer RKE
Truk UD

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Tractor Head Trailer