• Wishlist

Mitsubishi Fuso Siapkan Truk Baru dan Elektrik di GIICOMVEC 2020

Mitsubishi Fuso Siapkan Truk Baru dan Elektrik di GIICOMVEC 2020

Palagan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) digelar bulan depan. Pestanya pabrikan kendaraan komersial itu bakal diramaikan banyak peserta, termasuk Mitsubishi Fuso. Ia pun telah menyiapkan lini modelnya untuk dipamerkan. Termasuk ada produk baru serta elektrifikasi untuk disajikan.


Penjualan Mitsubishi Fuso Fighter


Sayangnya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen pemegang merek Mitsubishi Fuso, masih enggan membuka informasi lengkap terkait produk untuk event yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-8 Maret. Namun, menurut Head Of PR & CSR Departement KTB Dony Hermawan, pihaknya akan mulai membeberkan lewat acara khusus sebelum GIICOMVEC resmi dihelat. Ia pun hanya bisa memberi secuil informasi, unitnya berada di segmen Medium Duty Truck (MDT).


"Kami akan bawa satu produk baru. Nanti waktu media gathering kami infokan lagi. Jarak antara media gathering dan GIICOMVEC cuma seminggu. Tunggu saja," ucapnya di Jakarta, Selasa (28/01).


Perkiraan model yang diluncurkan masih masuk dalam lini Fighter. Saat ditanya, Dony tak mengiyakan atau menampik. Ia cuma menjelaskan pihaknya tengah fokus memperkuat keberadaan sang andalan Fighter. MDT yang meluncur pertama kali pada 2018 itu memang terus digenjot KTB. Contoh, pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 kemarin, Fighter diberikan penambahan varian sampai 9 macam.


"Kami kemarin masih lanjut Fighter, dan akan banyak varian-varian yang sesuai kebutuhan. Dan tahun ini akan banyak keluar lagi," jelasnya.


Wajar bila penambahan varian Fighter dilakukan. Lantaran, di tengah lesunya pasar pada 2019, justru segmen MDT dari KTB mengalami kenaikan, dari 19 persen menjadi 23 persen. Dan penyumbang terbesar datang dari Fuso Fighter. Setidaknya 1.600 unit terjual sejak Januari hingga Desember 2019. Dengan penggunaan paling banyak di luar Jawa, tepatnya di Sumatera dan Kalimantan untuk kebutuhan tambang.


truk fuso listrik eCanter


Tak hanya menyajikan produk andalan, produsen truk asal Jepang ini bakal turut memamerkan teknologi. Disebut Fuso eCanter, merupakan transportasi bertenaga listrik bakal mejeng di GIICOMVEC 2020. Ini menjadi jawaban bagi tren kendaraan yang berkembang saat ini. Namun, ia baru sekadar dipamerkan. Bukan untuk dijual. Mengingat masih banyak tugas rumah yang harus dilakukan KTB, khususnya masalah infrastruktur.


"Paling tidak kami akan tampilkan yang sedang tren, misalnya listrik yah. Ini merupakan pembuktian bahwa Fuso sudah siap secara dunia, karena kita sudah punya teknologinya," terang Deputy Group Head of Branding Group PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Toto Sudaryanto.


Merunut pada laman resmi Mitsubishi Fuso, eCanter merupakan truk yang memanfaatkan baterai modular HV dan permanent synchonous e-motor. Ia mempunyai Gross Vehicle Weight Rating (GVWR) mencapai 7.255 kg. Sistem penggeraknya mampu menghasilkan daya sebesar 251 PS. Lebih menarik lagi, berbagai fitur canggih disematkan untuk menunjang kenyamanan berkendara. Mulai dari layar 12 inci, keyless push start hingga button shift. Untuk mengetahui dan melihat wujud lebih detail, tunggu kehadirannya di GIICOMVEC nanti. (Hfd/Tom)


Baca Juga: Truk Fuso Terendam Banjir, KTB Siapkan Layanan Khusus

Jelajahi Mitsubishi Fighter FM 65 FS

Bandingkan & Rekomendasi